6 Cara Memaksimalkan Waktu Kerja di Kantor – Rahasia supaya tetap produktif adalah dengan mengoptimalkan waktu kerja Anda.

Jika ada pekerjaan yang belum kelar, padahal seharusnya bisa diselesaikan dalam sehari, berarti Anda belum menggunakan waktu secara efektif dan efisien.

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Waktu Luang untuk Menghasilkan Uang

Untuk itu, coba selidiki cara Anda dalam bekerja. Apakah selama ini Anda merasa kurang produktif dan kerap kewalahan dalam menyelesaikan pekerjaan Anda?

Bagi Anda yang mengalaminya, berikut tips yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan waktu kerja Anda.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasi Rasa Jenuh di Tempat Kerja


6 Cara Memaksimalkan Waktu Kerja di Kantor

1Meja Kerja Harus Rapi

Jangan malas untuk merapikan dan membersihkan meja kerja Anda. Sebab meja kerja yang berantakan dapat mengganggu konsentrasi Anda.

Sebaliknya, meja kerja yang rapi akan membuat Anda lebih nyaman saat bekerja. Ini juga akan memudahkan Anda dalam mencari dokumen dan barang lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Anda Tak Kehabisan Ide untuk Kembangkan Bisnis

2Kerjakan Dulu Hal yang Sulit

Anda pasti punya sejumlah hal yang harus dikerjakan setiap hari. Sebaiknya, Anda mengerjakan terlebih dahulu hal yang sulit di pagi hingga siang hari.

Sebab saat pagi-siang hari, semangat kerja Anda masih penuh dan belum terkuras. Sehingga pekerjaan yang sulit akan lebih mudah untuk diselesaikan.

Baca Juga: 5 Keahlian Agar Bisa Sukses Berwirausaha

3Hindari Distraksi

Supaya Anda bisa memaksimalkan waktu kerja, Anda harus fokus dengan apa yang dikerjakan. Hindari segala distraksi yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan.

Contohnya, jika Anda sering tergoda untuk bermain media sosial, maka sebaiknya Anda melakukan log out dari akun Anda. Kecuali jika pekerjaan Anda memang berhubungan dengan media sosial.

Baca Juga: 4 Tanda Anda Sudah Kehilangan Passion dalam Berbisnis

4Ambil Waktu Istirahat

Manfaatkan waktu istirahat di kantor dengan baik. Sebab pikiran Anda perlu disegarkan dan energi Anda perlu diisi kembali.

Setidaknya, saat jam makan siang, Anda bisa bersantai, menikmati minuman dan makanan kesukaan Anda. Lalu setelah waktu istirahat berakhir, kembalilah fokus dengan pekerjaan Anda.

Baca Juga: 5 Hal Tak Biasa yang Dapat Memotivasi Karyawan untuk Bekerja

5Komitmen Terhadap Deadline

Anda harus memperhatikan setiap deadline. Jika harus diselesaikan hari ini, maka selesaikanlah hari ini.

Jangan mengulur-ngulur waktu. Namun, Anda harus berkomitmen terhadap deadline agar tidak ada pekerjaan yang menumpuk dan akhirnya membuat Anda jadi terpaksa lembur.

Baca Juga: Karyawan Anda Malas Bekerja? Ini 7 Cara Menghadapinya

6Membuat Rencana Kerja

Sebelum Anda pulang ke rumah, cek kembali jadwal kerja Anda. Tandai pekerjaan yang sudah selesai dan tulis pekerjaan baru yang harus dikerjakan.

Lalu perhatikan rencana kerja untuk hari berikutnya. Sehingga besok saat Anda tiba di kantor, Anda sudah tahu prioritas kerja Anda dan langsung mengerjakannya.

Baca Juga: Sudah Kerja Keras Tapi Belum Ada Hasil? Inilah Penyebabnya!


Nah, itulah cara memaksimalkan waktu kerja di kantor. Terapkan tips tersebut untuk mempertahankan produktivitas Anda, sehingga semua pekerjaan Anda selalu dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.