6 Cara Ampuh Membangun Kepercayaan dalam Bisnis – Kepercayaan adalah hal yang sangat mahal harganya. Tanpa kepercayaan, bisnis Anda akan sulit untuk berjalan dengan baik.

Makanya, Anda mesti membangun kepercayaan dalam lingkungan bisnis. Buat karyawan, pelanggan, dan juga klien Anda percaya pada Anda dan mau mendukung bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat untuk Memulai Usaha

Nah, berikut tips menumbuhkan kepercayaan dalam bisnis.


6 Cara Membangun Kepercayaan dalam Bisnis

1Percaya pada Orang Lain Lebih Dulu

tips menjaga hubungan baik dengan klien

Memang tidak mudah menaruh kepercayaan pada orang lain, tetapi Anda harus belajar untuk mempercayai orang lain sebagai tanda bahwa Anda yakin untuk memulai hubungan bisnis dengannya.

Contohnya, Anda tidak mewajibkan klien untuk lebih dulu membayar lunas jasa Anda. Klien bisa melakukan DP dan boleh membayarkan sisanya setelah pekerjaan selesai. Hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa Anda percaya pada klien.

Dengan cara begitu, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan klien, terutama bagi pebisnis pemula. Sebab klien butuh alasan untuk percaya pada Anda sehingga tak ada salahnya Anda lebih dulu percaya pada klien saat memulai suatu kerja sama.

Baca Juga: 6 Hal yang Pantang Dilakukan Jika Anda Ingin Sukses

2Hubungan Harus Saling Menguntungkan

tips meeting dengan klien - tim baru di kantor

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan Anda, orang-orang pasti akan mencari tahu apa keuntungan yang bisa didapatkan dari Anda. Maka dari itu, penting sekali menciptakan hubungan yang saling menguntungkan.

Pada karyawan, tawarkan gaji yang layak. Pada klien, selesaikan pekerjaan dengan baik. Pada pelanggan, berikan produk yang berkualitas.

Dengan demikian, orang akan percaya bahwa Anda tidak hanya ingin untung sendiri. Namun, Anda juga peduli pada mereka sehingga mereka pun mau membangun hubungan bisnis dengan Anda.

Baca Juga: Klien Suka Minta Revisi? Begini Cara Menghadapinya!

3Selalu Bertanggung Jawab

cara menghadapi revisi dari klien yang aneh

Tunaikan setiap tanggung jawab Anda. Sekalipun ada sesuatu yang terjadi di luar rencana, tetapi Anda jangan lari dari masalah yang terjadi.

Dalam berbisnis, Anda mesti profesional dalam segala kondisi. Tunjukkan kepada orang-orang di lingkungan bisnis Anda bahwa Anda mau bertanggung jawab.

Pastikan Anda menyelesaikan semua hal yang Anda mulai. Jangan sampai Anda membuat kecewa orang-orang yang sudah percaya pada Anda.

Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian Membuka Bisnis di Rumah

4Hargai Waktu Orang Lain

tips agar anda selalu datang tepat waktu

Menghargai waktu orang lain adalah hal sederhana yang sering kali diabaikan. Contohnya, tidak datang tepat waktu saat meeting dengan klien.

Padahal, waktu lebih berharga dari uang karena waktu yang terbuang tidak bisa kembali, tetapi uang yang habis masih bisa dicari lagi. Jadi, Anda harus lebih menghargai waktu Anda dan juga waktu orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Banyak Usaha Kecil yang Gagal

5Jangan Pernah Berbohong

merekrut karwayan - pilih yang terbaik

Kebohongan yang kecil mungkin tidak terlalu kelihatan dan bisa Anda sembunyikan dengan mudah. Namun, jika sampai ketahuan, reputasi Anda akan langsung memburuk dan rasa percaya orang terhadap Anda pun memudar.

Maka dari itu, jangan sekali-kali tergoda untuk berbohong karena membangun kepercayaan yang berkelanjutan diperlukan kejujuran. Jadi, bersikaplah yang sebenarnya dan jangan berpura-pura di hadapan orang lain.

Baca Juga: Sikap-Sikap Baik yang Perlu Dimiliki oleh Pemimpin Bisnis

6Jalin Komunikasi yang Baik

keterampilan komunikasi yang harus dikuasai pebisnis

Komunikasi sangat berperan penting untuk memulai suatu kerja sama. Hubungan profesional yang langgeng dipengaruhi oleh bagaimana cara Anda dalam menjalin komunikasi.

Oleh sebab itu, teruslah jaga komunikasi yang baik. Permudah orang untuk menghubungi Anda agar proses komunikasi dapat berjalan lancar sehingga kesalahpahaman pun dapat dihindari.

Baca Juga: 5 Ilmu Komunikasi yang Wajib Dikuasai Seorang Pemimpin


Nah, itulah cara-cara membangun kepercayaan dalam bisnis. Semoga tips di atas dapat berguna bagi para pebisnis yang membacanya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.