8 Cara Membangun Pikiran Positif Agar Bisa Jadi Orang Sukses – Berpikir positif merupakan upaya untuk mengisi pikiran dengan hal-hal yang dapat membangun mental menjadi lebih baik dan benar. Orang yang berpikir positif akan lebih fokus memandang dirinya sendiri, orang lain, maupun keadaan lingkungannya dari segi positifnya saja.

Memang tidak selamanya manusia dapat berpikir positif. Ada kalanya kita melihat dari sisi negatif. Hal yang manusiawi jika kita terkadang sulit mengontrol pikiran untuk berpikiran baik. Itulah sebabnya, pikiran positif harus terus-menerus dibangun agar kita terhindar dari cara berpikir yang buruk.

Baca Juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin Bisnis yang Sukses

Dengan selalu berpikir positif, kita bisa lebih siap untuk menghadapi masalah. Ini sangat berguna dalam hal apapun, termasuk dalam berbisnis. Sebab menjadi pebisnis yang sukses, butuh mindset atau pola pikir yang membangun. Untuk itu, guna membantu Anda dalam membangun pikiran yang positif, coba Anda terapkan delapan hal berikut ini di kehidupan Anda.

8 Cara Membangun Pikiran Positif Agar Hidup Anda Sukses

1Miliki Tujuan Hidup

Kesuksesan dimulai dari angan-angan belaka. Orang yang sukses pasti memiliki tujuan yang jelas dalam hidupnya maupun dalam bisnisnya. Pikirannya pasti selalu tertuju pada kesuksesan, karena tujuan membuatnya termotivasi dan hidupnya jadi terarah. Untuk itu, tetapkan visi yang ingin dicapai. Kemudian kerja keras dan cerdas untuk mencapai visi tersebut.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Pemimpin yang Terampil dalam Bisnis

2Carilah Inspirasi

Memiliki tujuan hidup tentu tidak cukup. Anda harus terus mencari inspirasi yang dapat memotivasi diri Anda agar tidak pernah menyerah. Sekalipun Anda gagal, Anda bisa terus berusaha bangkit dan mencoba kembali. Untuk itu, carilah inspirasi dengan cara-cara yang positif. Seperti dengan membaca buku, mengikuti seminar, menonton film yang inspiratif, dan lain-lain.

3Yakin Pada Diri Sendiri

Jangan minder atau rendah diri agar Anda tidak menilai negatif diri Anda sendiri. Anda tidak bisa menjadi orang yang optimis jika Anda tidak yakin pada diri Anda sendiri. Keraguan-raguan tidak akan membuat Anda melakukan sesuatu dengan optimal. Jadi, percayalah dengan kemampuan yang dimiliki agar Anda berani menghadapi tantangan apapun saat berbisnis. Tanpa keyakinan diri, orang lain juga sulit untuk yakin dengan Anda.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

4Bergaul dengan Orang Baik

Pergaulan yang buruk akan merusak kebiasaan yang baik. Hindari orang-orang yang membawa pengaruh buruk dalam hidup Anda. Lebih baik Anda membangun koneksi dengan orang-orang yang baik dan positif. Karena mereka adalah orang-orang yang dapat mendukung Anda dalam segala kondisi, memberikan inspirasi dan motivasi untuk Anda agar lebih maju.

5Jangan Iri dan Dengki

Perasaan iri dan dengki saat melihat kebaikan yang diterima oleh orang lain, dapat menciptakan energi yang negatif dalam diri Anda. Jangan merasa iri dan dengki dengan kesuksesan siapa pun. Namun, tunjukkan sikap yang ramah dan berikan pujian atas pencapaian orang lain. Jadikan keberhasilan mereka sebagai motivasi untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri.

Baca Juga: 8 Cara Bijak Menerima Kritik dari Orang Lain

6Hindari Prasangka Buruk

Prasangka buruk membuat Anda selalu curiga pada orang lain. Membuat Anda merasa tidak suka dengan orang lain tanpa alasan yang logis. Sikap Anda berlandaskan emosi dan asumsi yang tidak berdasar. Ini dapat membuat Anda sulit percaya pada karyawan, rekan bisnis, pelanggan, dan siapa pun. Hubungan Anda dengan orang lain menjadi buruk. Untuk itu, jangan mudah berburuk sangka agar Anda tidak cepat menilai negatif orang lain tanpa bukti yang jelas.

7Tidak Membicarakan Orang Lain

Daripada sibuk membicarakan kekurangan orang lain, lebih baik Anda sibuk memperbaiki kekurangan pribadi. Hindari gosip dan membicarakan kesalahan orang di belakang, karena orang lain tidak akan menganggap Anda keren. Namun, gunakan waktu Anda dengan pembicaraan yang positif saja. Ingatlah ungkapan terkenal dari Eleanor Roosevelt, istri presiden Amerika Franklin D. Roosevelt, yang mengatakan,” Great minds discuss ideas; average minds discuss events; small minds discuss people.”

Baca Juga: 5 Contoh Keberanian yang Harus Dimiliki Pengusaha dalam Berbisnis

8Dekatkan Diri Pada Tuhan

Hubungan pribadi dengan Tuhan adalah penting bagi banyak orang beragama. Apapun agama Anda, mendekatkan diri pada Tuhan dapat memberikan Anda ketenangan pikiran dan hati. Sikap Anda sehari-hari pun jadi lebih positif karena percaya bahwa Tuhan akan selalu menyertai dan memberkati usaha Anda.

Baca Juga: 5 Keterampilan Sederhana yang Harus Dikuasai Demi Meraih Kesuksesan

Nah, semoga hal-hal di atas bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda setiap hari. Lakukan semuanya agar pikiran Anda bisa selalu positif, meski banyak hal negatif yang terjadi di sekitar Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.