4 Alasan Jangan Membawa Pulang Pekerjaan Kantor ke Rumah – Pekerjaan kantor semestinya diselesaikan di kantor, tetapi terkadang terpaksa dibawa pulang ke rumah karena belum selesai.

Padahal, kantor sudah dilengkapi dengan fasilitas kerja dan memiliki lingkungan yang mendukung untuk bekerja. Namun, demi pekerjaan beres sesuai target, apapun akan diupayakan.

Baca Juga: Setelah Pulang Kerja, Lakukan 7 Kegiatan Ini di Rumah

Tidak masalah jika itu terjadi sekali-sekali. Hanya saja, jika Anda sering melanjutkan pekerjaan kantor di rumah, tentu saja ada konsekuensi yang akan dirasakan.

Berikut dampak-dampak negatif jika Anda membawa pekerjaaan kantor ke rumah.

Baca Juga: 5 Manfaat Ngekos Jika Rumah Jauh dari Kantor


4 Konsekuensi Membawa Pulang Pekerjaan Kantor

1Mengganggu Waktu Bersama Keluarga

keluarga family

Keluarga adalah segalanya. Namun, terkadang kesibukan kerja membuat Anda tidak bisa menyediakan banyak waktu berkualitas untuk orang-orang terkasih di rumah.

Padahal, setelah pulang kerja, keluarga di rumah menunggu Anda untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Sayangnya, kebersamaan jadi terganggu karena Anda malah masih sibuk sendiri dengan pekerjaan.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Banyak Anak Muda Gagal Menjalankan Bisnis

2Konsentrasi Kerja Terganggu

aktivitas di akhir pekan yang dilakukan orang sukses

Anda bisa lebih berkonsentrasi bekerja saat di kantor. Semua orang bekerja, sehingga dapat terhindar dari gangguan pihak luar yang tidak berhubungan dengan urusan kantor.

Namun, saat bekerja di rumah, Anda akan lebih sulit menghindari distraksi. Misalnya, tiba-tiba ada tamu yang datang, sehingga Anda mau tak mau harus menyambutnya dan meninggalkan pekerjaan Anda.

Baca Juga: 9 Keterampilan Komunikasi yang Harus Dikuasai Setiap Pebisnis

3Komunikasi Kerja Kurang Efektif

kebiasaan di malam hari yang dilakukan pebisnis sukses

Saat Anda bekerja di rumah, Anda tidak bisa berkomunikasi langsung dengan rekan kerja atau bawahan Anda. Jika ada keperluan, Anda mesti menghubungi mereka via telepon atau bertukar pesan via WhatsApp.

Namun, komunikasi yang terjalin cenderung kurang efektif karena bisa saja orang yang Anda hubungi sedang ada urusan lain. Berbeda jika sedang di kantor, proses komunikasi bisa lebih lancar karena dapat berdiskusi langsung pada waktu yang tepat.

Baca Juga: Mau Sukses Berbisnis? Berhentilah Melakukan 5 Kesalahan Ini!

4Waktu Istirahat Berkurang

bosan di kantor, ini cara mengatasi kejenuhan dalam bekerja - kurang tidur
gambar: hrdailyadvisor.blr.com

Rumah adalah tempat terbaik untuk beristirahat setelah seharian bekerja. Namun, jika Anda membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah, maka waktu istirahat Anda akan berkurang.

Saat Anda fokus dengan pekerjaan di rumah, Anda tidak bisa rileks dan melepaskan kepenatan. Hal ini bisa meningkatkan gangguan tidur. Akibatnya, tingkat stres bisa bertambah dan Anda berisiko jatuh sakit karena beban kerja yang semakin berlebihan.

Baca Juga: 6 Tips Penting Menjalankan Usaha Sambilan Bagi Karyawan


Nah, itulah alasan kenapa jangan membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah. Namun, kalau ada kepentingan mendesak, ya apa boleh buat. Sesekali tidak apa-apa, asalkan jangan sampai terlalu sering.

Lebih baik, cobalah memanfaatkan waktu kerja di kantor semaksimal mungkin, sehingga Anda tidak perlu sering bekerja lembur sampai tengah malam, atau melanjutkan pekerjaan di rumah. Dengan begitu, Anda bisa punya cukup waktu untuk melakukan aktivitas pribadi.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.