Perhatikan 5 Hal Ini Saat Membentuk Tim Impian untuk Startup Anda – Selain menyiapkan produk dan strategi bisnis, salah satu komponen terpenting dalam sebuah startup adalah sumber daya manusia atau SDM.

Bagi Anda yang akan mendirikan startup, mulailah bekerja dengan orang-orang yang tepat. Perhatikan tim yang akan Anda rekrut agar terbentuk tim kerja yang solid dan efektif.

Baca Juga: Rintis Bisnis Bikin Pusing? Ini Caranya Agar Tetap Bahagia

Walaupun tim Anda kecil, jika Anda merekrut orang-orang yang bisa diandalkan, mereka akan menjadi alat bantu kesuksesan. Sebab tim yang andal akan bergerak bersama-sama untuk memperoleh pencapaian terbaik.

Itulah kenapa penting sekali memperhatikan pembentukan dream team atau tim impian, yakni tim yang diisi oleh orang-orang yang bisa saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga: Ternyata 6 Hal Ini yang Paling Ditakutkan Para Founder Startup

Nah, berikut tips yang bisa membantu Anda dalam membentuk tim impian Anda.


5 Kiat Membentuk Tim Impian untuk Startup Anda

1Tentukan Posisi Apa Saja yang Dibutuhkan

Buatlah struktur organisasi startup Anda. Dari situ Anda bisa merencanakan tim dan menentukan posisi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai bisnis rintisan yang baru dimulai, Anda tak perlu membuat struktur yang rumit layaknya yang dimiliki sebuah perusahaan besar. Namun buatlah struktur yang ramping dan proporsional.

Sehingga nantinya Anda akan lebih mudah memimpin dan melakukan koordinasi. Kerja sama tim pun dapat terjalin dengan lebih efektif.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Anda Mampu Bekerja Secara Multitasking

2Ajak Orang yang Anda Percaya

Membangun tim yang kuat membutuhkan rasa saling percaya. Kepercayaan sangat penting demi kelancaran setiap pihak dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Anda bisa mulai dengan mengajak orang-orang yang Anda kenal, misalnya teman Anda. Orang yang dikenal cenderung lebih mudah dipercaya karena kedua belah pihak sudah mempunyai hubungan.

Namun, jika tidak ada orang di sekitar yang cocok dan mau bergabung dengan startup Anda, maka cobalah mencari di LinkedIn atau platform online lainnya untuk menemukan kandidat yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Jangan Menjadi Rata-rata, Ini 3 Langkah Mengasah Keterampilan Diri

3Cari Orang yang Punya Keahlian

Selain mencari orang yang dapat dipercaya, Anda juga harus memperhatikan keahlian yang dimilikinya. Sebab bisnis adalah bisnis. Tidak cukup hanya mengandalkan kepercayaan, tapi juga kemampuan kerja.

Apalagi membangun startup bukan perkara yang mudah di tengah kompetisi yang keras. Seinovatif apapun produk Anda, belum tentu startup akan berhasil jika tim Anda tidak bisa bekerja.

Maka dari itu, penting sekali untuk merekrut orang yang memahami dunia startup dan punya keahlian di bidangnya sesuai dengan posisi yang Anda butuhkan.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Jika Anda Berbisnis Sesuai Minat dan Bakat Anda

4Lakukan Tes untuk Menyeleksi

Anda perlu menguji calon karyawan yang masuk ke dalam tim Anda. Lakukan wawancara atau tes lain yang dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana ketertarikan kandidat Anda dan kemampuan kerjanya.

Tentu saja pada saat pertemuan, Anda juga perlu juga meyakinkan kandidat Anda. Sehingga mereka juga merasa terpanggil untuk bergabung ke dalam startup Anda. Karena hal ini akan mendorong setiap orang dalam memaksimalkan potensinya.

Anda bisa menceritakan visi dan misi startup Anda. Jangan lupa membicarakan masalah gaji yang sebanding sebagai bentuk penawaran dan penghargaan Anda kepada mereka.

Baca Juga: Anda Bisa Sukses Jika Mau Belajar Menghargai 9 Hal Ini

5Bangun Budaya Kerja yang Kondusif

Setelah Anda membentuk tim impian Anda, Anda harus meningkatkan kinerja tim Anda dari waktu ke waktu. Supaya hal itu tercapai, salah satu hal yang harus dilakukan ialah membangun budaya kerja yang kondusif.

Budaya kerja yang kondusif akan menciptakan sinergi yang saling mendukung di antara karyawan. Semua orang akan saling memberikan kontribusi dan mendorong satu sama lain untuk melakukan yang terbaik.

Dengan begitu, seluruh tim akan merasakan kenyamanan dalam bekerja. Pekerjaan pun dapat dijalankan dengan efektif dan produktif karena motivasi kerja yang terjaga.

Baca Juga: Walau Anda Sibuk Kerja, 4 Hal Ini Jangan Dilupakan


Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membentuk tim impian untuk startup Anda. Semoga Anda dapat menemukan orang-orang yang tepat untuk membantu Anda dalam membangun bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.