Membuat Resolusi Tahun Baru? Perhatikan 6 Hal Ini – New year, new me. Begitu kata orang-orang ketika tahun baru tiba.

Ya, tahun baru memang membawa semangat perubahan. Hal ini membuat orang-orang menulis resolusi untuk tahun baru dan mengharapkan suatu kemajuan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: 8 Bisnis di Akhir Tahun yang Meningkat Pesat Selama Masa Libur

Namun, terkadang pembuatan resolusi hanya sekadarnya saja; tidak dibuat dengan baik atau pun dengan bersungguh-sungguh, sehingga semangat untuk mewujudkan resolusi hanya mampu bertahan sebentar.

Padahal, Anda perlu bersikap konsisten dalam mewujudkan resolusi apabila Anda ingin berhasil. Anda tidak boleh setengah-setengah, tapi harus serius dengan resolusi hidup Anda.

Baca Juga: 5 Tips untuk Anda yang Punya Resolusi Memulai Bisnis

Nah, bagi Anda yang sedang menulis resolusi, perhatikan hal-hal berikut ini sebagai panduan agar resolusi Anda nantinya bisa tetap terjaga di tahun yang baru dan akhirnya berhasil diwujudkan.


6 Tips Sukses Membuat Resolusi Tahun Baru

1Evaluasi Resolusi Tahun Sebelumnya

Sebelum membahas mengenai harapan baru di tahun baru, coba evaluasi hidup Anda selama setahun belakangan ini. Coba periksa resolusi tahun sebelumnya, adakah yang Anda capai?

Misalnya, resolusi tahun 2018 adalah ingin memulai bisnis? Apakah Anda sudah memulainya? Atau, bagi yang sudah berbisnis dan punya resolusi untuk meningkatkan penjualan, apakah itu telah tercapai?

Jika resolusi belum tercapai, coba pelajari apa kesalahannya supaya Anda tidak mengulanginya lagi. Jika sudah tercapai, jangan berpuas diri. Kembangkan resolusi tersebut di tahun yang baru 2019 nanti.

Baca Juga: Refleksi Diri Perlu Dilakukan untuk Jadi Pebisnis yang Lebih Baik

2Jangan Terlalu Banyak Resolusi

gambar: rocksdigital.com

Anda pasti memiliki banyak keinginan. Namun, jangan terlalu muluk-muluk dalam menetapkan target tahun baru agar Anda tidak dibuat bingung.

Lebih baik tulis beberapa resolusi saja. Sehingga resolusinya lebih realistis untuk tercapai dan Anda pun bisa lebih fokus dalam mewujudkannya satu per satu.

Baca Juga: 5 Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Bersama Keluarga

3Buat Tahapan untuk Mewujudkan Resolusi

gambar: shutter-franchise.co.uk

Setelah Anda membuat resolusi tahun baru, Anda perlu membuat tahap-tahap untuk memulai mewujudkan setiap resolusi yang ada. Rencanakan langkah-langkah Anda ke depannya.

Misalnya, target Anda ingin merambah bisnis online. Maka yang perlu dilakukan adalah membuat website untuk bisnis Anda, aktif berpromosi di media sosial, dan sebagainya. Rencanakan semuanya agar Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Baca Juga: 5 Tahapan Jika Ingin Jadi Seorang Ahli dalam Sebuah Bidang

4Ceritakan Resolusi Anda pada Orang Lain

Sebaiknya, jangan simpan resolusi Anda untuk diri Anda sendiri. Namun, coba bagikan impian Anda pada orang lain, terutama orang-orang yang Anda percaya agar Anda menjadi lebih bersemangat.

Sebab Anda butuh dukungan dari lingkungan Anda. Anda perlu mereka untuk mengingatkan Anda, memberikan masukan, dan bahkan untuk memuji Anda jika nanti resolusi Anda tercapai.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Ditunjukkan Saat Menghadapi Masalah Bisnis

5Catat Proses Resolusi Anda

Tentu saja resolusi Anda tidak akan mudah dan langsung tercapai. Supaya Anda tidak cepat putus asa, sebaiknya Anda mencatat setiap proses dan hasil resolusi Anda.

Sehingga Anda sadar sudah sejauh mana Anda berusaha. Ini akan menjadi pengingat agar Anda tidak berhenti di tengah jalan dan tetap berjuang mewujudkan mimpi Anda.

Baca Juga: 8 Cara Membangun Pikiran Positif Agar Bisa Jadi Orang Sukses

6Apresiasi Diri Anda Sendiri

Pastinya, Anda harus belajar mensyukuri hidup Anda. Jika nanti ada resolusi yang tidak tercapai, jangan lantas membuat Anda menyerah.

Namun, jika ada yang berhasil, Anda perlu memberikan hadiah bagi diri Anda sendiri. Mengapresiasi diri sendiri akan membuat Anda semakin bersemangat untuk melakukan hal-hal selanjutnya dalam hidup Anda.

Baca Juga: Anak Muda yang Ingin Sukses Harus Memahami 7 Hal Ini


Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat resolusi tahun baru. Semoga di tahun yang baru, apapun yang Anda kerjakan bisa berhasil dan memberikan kebahagiaan dalam hidup Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.