Agar Tak Salah Melangkah, Ini 8 Tips Penting Saat Membuka Usaha Pertama – Memulai sebuah bisnis untuk pertama kali adalah keputusan yang berani. Butuh keberanian untuk terjun ke dunia bisnis yang semakin kompetitif sekarang ini.

Lantas, apa yang mendorong Anda untuk berbisnis sendiri? Anda tentu punya alasan kenapa Anda akhirnya menjadi pebisnis.

Baca Juga: 7 Alasan Berbisnis yang Kurang Tepat dan Tidak Sesuai Realita

Anda mungkin diberhentikan dari pekerjaan Anda dan sempat menganggur, lalu tak ada pilihan lain selain mencoba berbisnis. Atau, berbisnis memang sudah menjadi tujuan Anda sejak lama dan Anda memiliki suatu ide bisnis maupun passion yang besar.

Apapun alasan Anda, bukan itu yang menentukan bisnis akan sukses atau gagal. Ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar Anda tidak salah melangkah saat menjalankan bisnis perdana Anda.

Baca Juga: Anda Tidak Akan Sukses Jika Masih Melakukan 11 Hal Ini

8 Tips Membuka Usaha Pertama yang Harus Diperhatikan

1Buka Usaha yang Legal

gambar: dissertationsage.co.uk

Sejumlah bisnis ilegal menjanjikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan bisnis yang sifatnya legal. Misalnya, perdagangan di luar jalur resmi seperti black market atau pasar gelap.

Anda memang menghasilkan banyak uang dari bisnis illegal tersebut, tapi hidup Anda tidak tenang. Anda tidak bisa bebas memasarkan barang atau produk Anda. Suatu hari Anda bisa terkena masalah hukum.

Maka lebih baik, carilah peluang usaha yang legal. Perhatikan legalitas untuk jenis usaha yang Anda akan jalankan agar bisnis Anda lebih terjamin.

Baca Juga: 8 Tips Memperkecil Resiko Usaha Bagi Anda yang Baru Memulai

2Hindari Menjual Produk Berharga Sangat Mahal

Anda adalah seorang pebisnis pemula. Anda belum memahami realita dunia bisnis yang sebenarnya. Apakah Anda yakin jika produk yang harganya sangat tinggi akan berhasil di pasaran?

Menjual produk mahal lebih susah bagi pemula yang baru membuka usaha pertama. Konsumen kelas menengah ke atas juga tak lantas percaya dengan bisnis yang belum lama berdiri.

Jika Anda ingin lebih mudah memasarkan bisnis Anda, maka sebaiknya Anda jual produk yang dapat dibeli oleh banyak orang. Produk berharga terjangkau atau murah bisa jadi pilihan agar target pasar Anda lebih luas.

Baca Juga: 5 Strategi Customer Retention Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

3Jangan Langsung Menjual Banyak Produk

gambar: bisnisbajumu.com

Butuh waktu untuk mengembangkan usaha pertama. Saat bisnis baru dimulai, jangan terlalu ambisius tanpa perhitungan dengan menjual banyak produk sekaligus.

Misalnya, Anda mau membuka bisnis online di bidang fashion. Anda bisa mulai dengan menjual kaos dan kemeja dulu. Fokus pada satu atau dua macam produk akan lebih baik agar Anda tidak kelimpungan saat mengelolanya.

Baru setelah bisnisnya mulai berkembang, Anda bisa menambah produk yang dijual. Entah itu jaket, celana, topi, dan sebagainya. Kembangkanlah bisnis Anda perlahan dan jangan terburu-buru.

Baca Juga: Penting! 10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha yang Harus Anda Perhatikan

4Harus Ada Rencana Bisnis yang Matang

gambar: legalservicesincorporated.com

Jika Anda sudah tahu apa yang akan dijual, maka buatlah business plan atau rencana bisnisnya. Perencanaan bisnis itu perlu, karena Anda sedang merencanakan masa depan Anda.

Lakukan riset agar rencana bisnis yang dibuat bisa lebih matang. Karena Anda butuh data dan informasi tertentu dalam membuat model bisnis, stratagi pemasaran dan promosi yang tepat, menentukan target pasar yang sesuai, dan sebagainya.

Baca Juga: Wajib Dihindari! 3 Kesalahan yang Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan

5Pisahkan Uang Pribadi dan Bisnis

Lakukan pembagian mana uang yang akan digunakan untuk bisnis dan tetap disimpan untuk kebutuhan personal. Uang untuk bisnis sebagai modal usaha, sedangkan sisanya untuk membiayai hidup Anda sehari-hari.

Anda harus mengatur keuangan dengan baik. Jangan mencampuradukkan uang pribadi dan bisnis. Untuk itu, Anda bisa membuat rekening baru khusus untuk bisnis agar Anda lebih mudah melacak uang masuk dan keluar.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengatur Keuangan Bisnis Online

6Dengarkan Orang-orang Terdekat Anda

Orang-orang terdekat seperti keluarga, pasangan, dan sahabat, akan sangat peduli dengan Anda. Mereka paling mengamati Anda, sehingga mereka pasti akan sering memberikan kritik dan saran bagi bisnis Anda.

Namun, jika Anda tidak setuju dan menyukai pendapat mereka, itu tidak masalah. Setidaknya, Anda mendengarkan masukan dari mereka. Jangan langsung abaikan, karena bisa jadi pandangan mereka itu benar dan membuat bisnis Anda terhindar dari suatu masalah.

Baca Juga: Sebelum Resign dan Buka Usaha Sendiri, Pikirkan Dulu 8 Hal Ini Baik-baik

7Jangan Asal Memilih Pekerja

gambar: tlnt.com

Saat Anda mulai mencari pekerja, Anda mungkin mendapatkan rekomendasi dari teman baik Anda tentang seseorang. Orang tersebut katanya tertarik dengan lowongan pekerjaan di bisnis Anda.

Namun, Anda jangan langsung menerimanya. Orang itu mungkin mau bekerja hanya karena faktor uang dan tidak mencintai maupun menguasai pekerjaannya. Anda harus selektif. Carilah yang kompeten, punya passion, dan mau berkomitmen.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan

8Terus Belajar dan Belajar

Pebisnis yang sukses tidak pernah berhenti belajar. Jika Anda mau sukses, maka terus penuhi pikiran Anda dengan wawasan baru. Anda harus punya pengetahuan yang luas agar Anda bisa menjadi pebisnis yang cerdas.

Belajarlah dari hal apapun yang menginspirasi. Anda bisa membaca buku, mengikuti berbagai kegiatan bisnis, mendengar cerita pengalaman hidup orang lain, dan sebagainya. Teruslah belajar dan belajar.

Baca Juga: 7 Cara Mengembangkan Usaha Agar Bisa Sukses di Tengah Persaingan


Nah, itulah sejumlah tips penting yang perlu diperhatikan agar Anda tak salah melangkah saat membuka usaha pertama. Semoga nantinya bisnis Anda bisa berjalan sesuai rencana dan meraih kesuksesan yang diharapkan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here