6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Coworking Space –┬áBiaya sewa gedung perkantoran yang mahal, menjadi beban bagi Anda yang baru merintis bisnis dengan modal yang terbatas.

Namun, kini masalah tersebut sudah bisa diatasi. Di kota-kota besar, sudah banyak co-working space atau ruang kerja bersama yang disewakan harian, bulanan, dan tahunan dengan harga terjangkau.

Bagi Anda yang sedang memulai usaha, Anda bisa lebih berhemat dengan menyewa co-working space untuk tempat kerja Anda bersama tim Anda. Fasilitas yang disediakan juga banyak dan akan membuat Anda merasa seperti memiliki kantor sendiri.

Baca Juga: 5 Trik Merancang Kantor di Rumah Tempat Tinggal

Akan tetapi, sebelum Anda memilih co-working space, pastikan Anda memperhatikan hal-hal penting berikut ini agar Anda tidak rugi.


6 Tips Memilih Coworking Space yang Tepat

1Lokasi Co-working Space

bisnis hotel di jakarta indonesia
gambar: hotels.com

Pilih co-working space yang dapat mendukung produktivitas kerja. Lokasi sebaiknya dekat dengan tempat tinggal Anda, strategis, dan mudah dijangkau.

Perhatikan juga kondisi lokasi di sekitarnya. Apakah banyak rumah makan, sehingga Anda tidak perlu berjalan jauh untuk mencari makanan saat jam istirahat.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Lokasi Meeting di Luar Kantor

2Fasilitas Penunjang

trik merancang kantor di rumah agar privasi keluarga tetap terjaga

Co-working space biasanya menyediakan sejumlah fasilitas untuk mendukung pekerjaan. Mulai dari AC, meja, kursi, mesin printer, koneksi internet, loker pribadi, ruang rapat, pantry, minuman gratis, dan sebagainya.

Pilihlah yang memberikan semua fasilitas yang Anda butuhkan. Karena fasilitas yang lengkap akan sangat menunjang produktivitas kerja dan membuat Anda merasa betah.

Baca Juga: 7 Tips Membeli Peralatan Kantor Supaya Tetap Hemat

3Suasana Lingkungan

bosan jadi pegawai kantor? resign saja dan jalankan bisnis ini

Suasana tempat Anda bekerja sangat mempengaruhi kenyamanan. Coba rasakan suasana di lingkungan co-working space yang ingin Anda pilih.

Anda bisa menilai suasananya berdasarkan desain ruangan yang menarik, penerangan yang baik, dan bagaimana kebiasaan orang-orang yang bekerja di sana. Jika Anda menyukainya, bisa dipastikan Anda akan merasa nyaman berada di sana.

Baca Juga: 8 Tempat yang Tepat untuk Mencari dan Menemukan Ide Bisnis

4Komunitas Pengguna

cara menghargai karyawan di kantor

Orang-orang yang bekerja di co-working space itu mulai dari freelancer sampai penggiat startup. Mereka akan menjadi jaringan bisnis Anda, karena Anda akan bertemu dan berinteraksi dengan mereka setiap hari.

Maka dari itu, saat memilih coworking space, perhatikan jaringan bisnis yang ada di sana. Anda perlu tahu komunitas seperti apa yang Anda masuki, sebab komunitasnya dapat mendukung perkembangan bisnis Anda ke depannya.

Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor

5Biaya Sewa

Pada tahap awal membangun startup, pasti modal Anda terbatas. Untuk itu, carilah co-working space yang paling bagus dan menawarkan berbagai benefit yang Anda butuhkan, tapi juga sesuai dengan keadaan finansial Anda.

Maka dari itu, kunjungilah sejumlah co-working space di kota Anda untuk melakukan perbandingan. Setelah itu, Anda bisa memutuskan mana yang lebih baik untuk kebutuhan Anda.

Baca Juga: 12 Hobi yang Menghasilkan Uang dan Cocok untuk Anak Muda

6Pelayanan Manajemen

tips meeting dengan klien - tim baru di kantor

Anda bisa mencari tahu bagaimana kualitas pelayanan manajemen di suatu co-working space dengan membaca ulasan di internet dan dengan datang langsung ke sana. Perhatikan keramahan staf pengelola, kebersihan ruangan, dan lain-lain.

Lalu, pertimbangkan isi kontrak kerja sama yang ditawarkan. Pastikan layanan yang diberikan bisa sesuai dengan harapan Anda.

Baca Juga: 4 Sifat Manusia yang Harus Diperhatikan dalam Bisnis Apapun


Nah, itulah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih coworking space. Semoga tipsnya dapat bermanfaat untuk Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.