Tips Memilih Usaha Franchise yang Tepat dan Menguntungkan untuk Jangka Panjang – Saat ini semakin banyak orang yang membuat bisnis franchise atau waralaba. Walau baru berjalan, bisnis sudah diwaralabakan demi mendulang keuntungan.

Hal ini menyebabkan banyak usaha franchise yang masih belum siap dikembangkan, tapi sudah memiliki cabang di mana-mana. Namun sayangnya, biasanya franchisee pemula kurang jeli dalam memilih franchise dan akhirnya mengalami kegagalan.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mewaralabakan Bisnis

Jika Anda ingin membeli franchise atau menjadi franchisee, Anda mesti lebih cermat dalam menentukan pilihan. Jangan hanya karena murah atau ikut-ikutan tren, sehingga membuat Anda kurang berhati-hati.

Maka dari itu, perhatikan hal-hal berikut ini agar Anda bisa menentukan franchise yang tepat dan menguntungkan untuk jangka panjang.


7 Tips Jitu Memilih Usaha Franchise

1Legalitas Franchise

legalitas hukum pendirian izin usaha
gambar: dissertationsage.co.uk

Apakah franchise yang ingin Anda buka sudah legal? Anda tentu tidak mau menghadapi masalah hukum di kemudian hari.

Maka dari itu, pastikan legalitas franchise. Pilih yang sudah memiliki izin usaha dan tidak pernah bermasalah dengan hukum.

Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian Menjalankan Bisnis Waralaba

2Pengalaman Franchise

keuntungan dan kerugian menjalankan bisnis waralaba
gambar: thesmallbusinesssite.co.za

Cari tahu latar belakang franchise untuk mengetahui pengalaman bisnisnya. Siapa pendirinya, kapan berdirinya, sudah berapa banyak cabang, dan sebagainya.

Dengan melihat pengalaman franchise, Anda bisa menilai reputasinya. Jika franchise sudah bertahun-tahun berdiri dan sudah banyak cabangnya, maka bisnis ini sudah teruji, sehingga Anda boleh yakin untuk membelinya.

Baca Juga: Mana yang Lebih Penting, Beli Mobil atau Buka Usaha Dulu?

3Biaya Franchise

Saat Anda memilih usaha franchise, sesuaikanlah dengan modal usaha yang Anda punya. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk membeli waralaba yang mahal karena akan memberatkan Anda.

Sebab banyak sekali peluang usaha franchise bermodal terjangkau, tapi juga bisa berkembang dan menguntungkan. Jadi, tidak perlu memilih franchise yang mahal biayanya jika keuangan Anda terbatas.

Baca Juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha Sukses yang Wajib Dimiliki

4Sistem Kerja Sama

tips agar hubungan dengan anda dengan partner bisnis tetap terjaga

Bagaimana sistem kerja sama antara pemilik franchise atau franchisor dengan pembeli franchise atau franchises? Anda bisa menilai profesionalitas dari sistem dan manajemen bisnis yang ditawarkan oleh perusahaan atau individu pemilik waralaba.

Dalam surat perjanjian biasanya akan tercantum persyaratan kerja sama, peraturan yang berlaku, kewajiban masing-masing pihak, dan lain-lain. Pastikan Anda setuju dengan semua poin kerja sama sebelum menandatanganinya.

Baca Juga: 6 Manfaat yang Diperoleh Jika UKM Melek Digital

5Training atau Pelatihan

kiat sukses menjalankan bisnis bersama keluarga

Pada umumnya, franchisor akan memberikan training atau pelatihan khusus kepada franchisee sebelum memulai bisnis. Anda akan diajarkan semua hal dari awal agar Anda bisa mengelola bisnis dengan baik.

Untuk itu, pastikan pelatihan itu ada agar Anda bisa menjaga kualitas produk dan juga pelayanan. Hal ini penting agar usaha nantinya bisa berjalan lancar sesuai SOP.

Baca Juga: 5 Bisnis Minuman Terlaris dan Paling Menjanjikan Saat Ini

6Supplier Bahan Baku

untung rugi menjalankan bisnis waralaba

Biasanya, franchise sudah memiliki standar produksi agar kualitas produk bisa terjaga dan sama di semua cabangnya. Franchisee pun wajib membeli bahan baku dari supplier yang sudah ditentukan.

Maka dari itu, pastikan siapa dan di mana pemasok bahan bakunya, serta bagaimana proses kerja sama yang dilakukan. Sehingga Anda bisa langsung fokus menjalankan bisnis, tanpa harus dipusingkan lagi untuk mencari supplier.

Baca Juga: Ide-Ide Bisnis Makanan untuk Anda yang Mau Berbisnis Kuliner

7Cocok dengan Lokasi Usaha

bisnis musiman
gambar: spazee.id

Anda mungkin sudah punya lokasi usaha, misalnya ruko Anda sendiri yang sedang kosong. Namun, apakah lokasinya cocok menjadi tempat usaha franchise yang Anda mau?

Misalnya, jika lokasi usaha lebih cocok untuk membuka franchise kuliner, maka coba cari peluang usaha waralaba makanan atau minuman yang menjanjikan. Sesuaikan bisnis dengan kondisi pasar agar nantinya usaha Anda bisa berhasil.

Baca Juga: Mitos-Mitos Tentang Bisnis yang Tidak Sepenuhnya Benar


Nah, itulah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih usaha franchise. Semoga tipsnya bisa bermanfaat untuk Anda dalam menentukan franchise yang tepat dan menjanjikan untuk jangka panjang.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.