6 Keuntungan Jika Anda Memiliki Web Toko Online Sendiri РSupaya dapat berjualan online, Anda memang tidak harus membuat website sendiri.

Dengan menggunakan media sosial dan situs marketplace, Anda sudah bisa langsung berbisnis. Cara yang sangat gampang untuk memasarkan produk-produk Anda di internet.

Baca Juga: 3 Website E-commerce Terbaik di Dunia dan Apa yang Dapat Anda Pelajari

Namun, jika Anda ingin membangun website toko online untuk bisnis Anda, sebenarnya itu adalah ide yang bagus. Sekarang juga banyak jasa pembuatan website yang murah, sehingga biaya yang akan dikeluarkan masih terjangkau.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya Anda membuat website toko online sendiri, apalagi Anda pun akan merasakan sejumlah keuntungan, sebagai berikut:


6 Keuntungan Memiliki Web Toko Online Sendiri

1Bisa Punya Nama Domain Sendiri

keuntungan jika bisnis sudah go online

Jika Anda berjualan di marketplace, alamat etalase toko online Anda akan selalu diikuti dengan nama situs marketplace. Sedangkan jika Anda membuat website sendiri, Anda bisa menentukan nama domain yang Anda mau.

Misalnya, toko online Anda di marketplace akan beralamat www.marketplace.com/tokosaya. Namun, jika Anda punya web sendiri, alamatnya cuma www.tokosaya.com, sehingga konsumen akan lebih mudah mengingatnya.

Baca Juga: Manfaat-Manfaat yang Diperoleh Jika UKM Melek Digital

2Terlihat Lebih Profesional

keuntungan jualan online bisnis

Punya toko online dengan alamat sendiri, akan menciptakan kesan bahwa bisnis online Anda itu profesional. Hal ini akan membangun kepercayaan pelanggan, meskipun mereka mungkin baru pertama mendengar tentang brand Anda.

Terlebih lagi jika desain website Anda sangat menarik, maka pengunjung situs Anda akan terkesima. Mereka pun akan lebih nyaman melihat-lihat isi web Anda dan tertarik untuk melakukan pembelian secara online.

Baca Juga: 8 Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online

3Keamanan Lebih Terjamin

mengelola toko online - website bisnis online

Menumpang berjualan di situs marketplace tidak sepenuhnya aman. Suatu waktu mungkin situsnya akan mengalami masalah dan tidak bisa diakses. Bahkan jika marketplace-nya tutup, etalase online yang sudah Anda kelola juga hilang.

Namun, jika Anda punya website sendiri, Andalah yang bertanggung jawab penuh. Anda yang menentukan sendiri nasib bisnis Anda ke depannya, sehingga keamanan bisa lebih terjamin di tangan Anda.

Baca Juga: 10 Cara Memasarkan Produk Paling Efektif Hingga Sold-Out

4Leluasa Mengontrol Bisnis

tampilan website toko online

Saat Anda sudah memiliki web toko online sendiri, maka tidak ada campur tangan dari pihak ketiga. Segala hal Anda yang atur sendiri, sehingga Anda bisa bebas melakukan apa saja dalam situs Anda.

Anda bisa mengganti tampilan website sesuai keinginan. Terserah Anda mau mempublikasikan konten apa saja di dalam web Anda. Anda pun bisa leluasa mempromosikan produk-produk yang Anda jual.

Baca Juga: Begini Cara Melakukan Promosi Tanpa Keluar Modal

5Teroptimasi di Mesin Pencari

jualan di toko online

Website Anda akan teroptimasi di search engine atau mesin pencari seperti Google. Alamat situs Anda berkesempatan untuk muncul di halaman pertama Google, sehingga memungkinkan banyak orang akan berkunjung ke website Anda.

Keuntungannya, Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Yang terpenting, Anda benar-benar memperhatikan SEO agar toko online Anda bisa terus muncul di peringkat teratas mesin pencarian.

Baca Juga: Ikuti 5 Tips Ini untuk Meningkatkan Penjualan Online

6Menyimpan Database Pengunjung

Anda bisa tahu jumlah pengunjung harian. Asal negara pengunjung, IP address, jenis browser, pages-url yan paling sering di-klik, dan sebagainya. Anda juga bisa menyimpan alamat email pelanggan, saat mereka mendaftar dan melakukan check-out.

Data-data tersebut berguna untuk melakukan analisa dan kontrol. Anda akan lebih mengenal siapa pengunjung Anda, sehingga Anda bisa menyiapkan strategi penjualan yang tepat.

Baca Juga: 7 Kesalahan Online Shop dalam Menggunakan Instagram


Nah, itulah beberapa keuntungan jika Anda memiliki web toko online sendiri. Jadi, bagi Anda yang mau membangun bisnis online yang lebih profesional dan leluasa, tak ada salahnya Anda membuat website sendiri. Segeralah cari jasa pembuatan website yang kredibel untuk membantu Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.