Cara Meminta Maaf kepada Konsumen atas Kesalahan yang Dibuat – Pada saat Anda menjalankan bisnis dan berhubungan langsung dengan konsumen, pastinya Anda akan menerima feedback atau umpan balik dari mereka.

Anda akan mendapatkan masukan yang positif maupun kritik yang tidak menyenangkan. Anda akan mendapatkan berbagai saran dan keluhan dari para pengguna produk dan layanan Anda.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen

Khususnya saat ada komplain dari konsumen, Anda harus segera menanganinya karena itu sudah menjadi bagian dari risiko dan tanggung jawab Anda sebagai pelaku usaha. Anda tidak bisa menutup mata dan telinga atas kesalahan atau kekurangan dalam bisnis Anda.

Salah satu langkah yang harus diambil adalah menyampaikan permohonan maaf kepada konsumen Anda. Namun, bukan hanya sekadar ucapan, melainkan juga dengan tindakan.

Baca Juga: 4 Metode untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan

Nah, berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan saat minta maaf pada konsumen.


5 Langkah untuk Meminta Maaf kepada Konsumen

1Akui Kekurangan

Ini adalah langkah awal untuk membuat kesan yang baik. Sebuah pengakuan dapat menimbulkan persepsi di benak konsumen bahwa Anda telah menyadari kesalahan atau kekurangan dalam bisnis Anda.

Dengan mengakuinya, konsumen jadi tahu bahwa Anda mendengarkan keluhan mereka. Ini berarti Anda tidak membela diri, tetapi mau berusaha memahami mereka.

Baca Juga: Mau Memiliki Pelanggan yang Setia untuk Bisnis Anda? Baca Tips Berikut!

2Bertangung Jawab

gambar: ipleaders.in

Tidak cukup hanya sebatas mengakui kekurangan saat meminta maaf kepada konsumen. Anda juga harus berjanji untuk mengambil tanggung jawab secara penuh, terlebih jika konsumen merasa dirugikan oleh produk, layanan, atau kebijakan bisnis Anda.

Sekalipun Anda bisa mencari-cari alasan agar konsumen memaklumi kesalahan Anda, janganlah dilakukan. Sebab konsumen butuh tindakan, bukan sekadar permintaan maaf melalui kata-kata.

Baca Juga: Jika Usaha Sedang Sepi, Lakukan 5 Hal Ini Sekarang Juga

3Berikan Kompensasi

Tidak semua konsumen akan berdiam diri. Ada yang akan melakukan apapun agar keluhannya didengarkan dan mendapatkan ganti rugi. Jika perlu, mereka akan membuat masalahnya menjadi viral dan diketahui banyak orang.

Maka dari itu, berbesar hatilah untuk memberikan kompensasi yang selayaknya untuk konsumen yang dirugikan. Anda wajib menanggung risiko tersebut untuk menghentikan kekecewaan dan kemarahan konsumen.

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Berhasil

4Tunjukkan Penyesalan

gambar: melmagazine.com

Konsumen butuh alasan yang kuat kenapa mereka harus tetap percaya pada Anda, setelah Anda membuat mereka kecewa. Meski Anda sudah bertanggung jawab dan memberikan kompensasi, konsumen belum tentu bisa langsung melupakannya.

Untuk itu, tunjukkanlah penyesalan kepada konsumen untuk membangun kembali kepercayaan. Sampaikan pada mereka bahwa Anda akan memperbaiki kekurangan dan tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi.

Baca Juga: Stop Mengulangi Kesalahan yang Sama! 6 Kesalahan Ini Jangan Dilakukan Lagi

5Buktikan Komitmen Anda

gambar: techzulu.com

Anda telah berjanji untuk memperbaiki produk, layanan atau kebijakan bisnis Anda. Namun, konsumen akan memperhatikan realisasinya, apakah Anda berhasil membuktikannya.

Jika komitmen Anda terbukti, maka pandangan negatif konsumen akan berubah. Mereka akan kembali mempercayai bisnis Anda, dan bahkan akan melakukan pembelian kembali di kesempatan berikutnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Minta Maaf pada Karyawan


Nah, itulah beberapa langkah yang sebaiknya Anda ambil saat meminta maaf kepada konsumen. Apapun kesalahan yang terjadi, permintaan maaf harus diikuti dengan pemberian solusi.

Jadi, bereskan semua keluhan yang ada dan cobalah terapkan cara-cara di atas agar permasalahan konsumen dapat teratasi dengan baik, dan akhirnya Anda memenangkan hati mereka kembali.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.