Cara Jitu Mempelajari Kompetitor untuk Memenangkan Persaingan Bisnis – Mengamati pergerakan kompetitor atau pesaing Anda sangat berguna untuk memperkuat bisnis Anda.

Dengan mempelajari seluk beluk kompetitor, Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing. Hal ini merupakan strategi penting untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas bisnis Anda.

Sehingga nantinya bisnis Anda dapat bersaing maksimal dan berkesempatan untuk memenangkan persaingan. Itu sebab Anda telah mengetahui celah kompetitor dan membuat bisnis Anda lebih unggul darinya.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar

Nah, berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk belajar dari kompetitor Anda.


6 Cara Mempelajari Kompetitor Bisnis Anda

1Ikuti Media Sosial Kompetitor

Cara mudah untuk mengetahui informasi terkini dari kompetitor Anda adalah dengan mengikuti semua akun media sosial mereka. Lalu, simak setiap postingan terbaru mereka.

Anda bisa mem-follow mereka dengan akun pribadi atau akun khusus agar tidak ketahuan. Nyalakan juga notifikasi agar Anda tidak ketinggalan postingan terbaru dari mereka.

Baca Juga: 4 Risiko Membeli Followers Instagram untuk Bisnis Online Anda

2Kunjungi Toko Kompetitor

Jika pesaing Anda memiliki toko offline, Anda bisa melakukan kunjungan secara rutin untuk mempelajari kompetitor. Pura-pura saja ingin berbelanja dan tertarik dengan produk mereka.

Atau, jika kompetitor Anda menjalankan bisnis online, maka Anda bisa sering mengunjungi website toko online-nya. Lalu, pelajari bagaimana cara kompetitor dalam mengelola situsnya .

Baca Juga: Mengenal 7 Model Website E-commerce dan Contohnya

3Pantau Komentar Pelanggan Mereka di Internet

gambar: islandmediamanagement.com

Tak ada salahnya Anda kepo dengan mencari tahu komentar-komentar pelanggan kompetitor Anda. Sebab pelanggan biasanya suka mengulas produk atau jasa yang digunakannya.

Caranya gampang. Misalnya, dengan membaca kolom komentar Instagram kompetitor Anda dan menelusuri Google untuk mencari website atau blog yang menulis review produk kompetitor Anda.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Ulasan Negatif dari Konsumen di Internet

4Tanyakan Tanggapan Pelanggan Mereka

Mungkin ada kenalan Anda yang menjadi pelanggan kompetitor Anda. Karena Anda sudah mengenalnya, kenalan Anda bisa lebih terbuka saat Anda menanyakan tanggapan mengenai brand kompetitor Anda.

Coba minta kenalan Anda menceritakan pengalaman saat berbelanja dengan kompetitor Anda. Cari tahu seperti apa produk dan layanan kompetitor, serta apa yang membuat kenalan Anda itu mau berlangganan.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Negosiasi Harga dengan Pelanggan

5Cobalah Jadi Pelanggan Mereka

Mencoba sendiri adalah cara yang ampuh untuk mempelajari kompetitor. Untuk itu, cobalah menjadi pelanggan kompetitor Anda untuk mendapatkan pengalaman langsung dengan kompetitor.

Jangan lupa daftar membership untuk selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai penjualan dan event kompetitor Anda. Sehingga Anda bisa mengetahui apa saja program dan penawaran yang sedang dijalankan oleh kompetitor.

Baca Juga: 6 Kesalahan Anak Zaman Sekarang dalam Menjalankan Bisnis

6Perhatikan Iklan Kompetitor

gambar: thesempost.com

Kompetitor Anda mungkin secara berkala memasang iklan untuk mempromosikan bisnisnya. Entah itu iklan online, iklan di media cetak, atau pun iklan di media elektronik.

Pastikan Anda memperhatikan semua iklannya. Sehingga Anda bisa membuat kampanye promosi yang jauh menarik dan efektif untuk merebut hati pelanggan.

Baca Juga: Inilah 2 Karakteristik Pembelajar yang Cepat


Nah, itulah sejumlah cara jitu mempelajari kompetitor. Semoga dapat membantu bisnis Anda tetap unggul di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.