7 Tips Memperkecil Resiko Usaha Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis – Saat mulai berbisnis, rasa takut gagal kerap menghantui pebisnis pemula. Memang betul jika kegagalan mungkin saja terjadi. Namun, kekhawatiran jangan membuat Anda takut berbisnis.

Bagi Anda yang baru pertama kali memulai usaha, Anda harus mengetahui resiko apa saja yang mungkin Anda alami. Jangan cuma membayangkan kesuksesan, tapi pikirkan juga dampak buruk jika bisnis Anda gagal.

Baca Juga: 7 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal dalam Memulai Usaha

Nah, sebelum Anda berbisnis, ada baiknya Anda memperhatikan saran-saran berikut ini agar Anda bisa mengurangi resiko usaha yang Anda rintis.

7 Tips Memperkecil Resiko Usaha yang Baru Dimulai

1Jalankan Bisnis Sesuai Hobi atau Keahlian

Guna memperkecil resiko, Anda sebaiknya menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat dan skill atau keterampilan. Berbisnis dari hal yang Anda suka atau kuasai, akan membuat Anda lebih mampu mengelolanya.

Anda sudah punya bekal pengetahuan dan keahlian dalam mengatasi berbagai tantangan yang bakal muncul. Sehingga faktor resiko otomatis berkurang, karena Anda akan lebih siap menghadapinya.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar

2Pilih Usaha yang Sesuai Modal

Ada banyak peluang bisnis bermodal kecil maupun besar. Namun, jika modal Anda terbatas, jangan paksakan diri Anda untuk langsung memulai bisnis besar.

Semakin besar bisnisnya, semakin besar pula resikonya. Lebih baik Anda menyesuaikan bisnis Anda sesuai dengan modal yang tersedia, supaya dapat mengurangi resiko usaha yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis dengan Modal Minim

3Cari Tahu Prospek Bisnis yang Dipilih

gambar: egyptinnovate.com

Ada produk yang sedang tren saat ini, belum tentu akan menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan. Tidak semua produk yang booming akan terus diminati masyarakat.

Anda harus mencari tahu dan memperkirakan prospek pada produk yang ingin Anda bisniskan. Caranya, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengevaluasi ide bisnis Anda.

Baca Juga: Sedang Mencari Ide Bisnis? Ini 5 Jenis Bisnis yang Bisa Anda Pilih

4Punya Pemasukan dari Sumber Lain

Boleh saja jika Anda langsung berbisnis setelah mengundurkan diri dari pekerjaan. Namun, yakinkah Anda akan sanggup membiayai hidup Anda dengan hanya mengandalkan pemasukan dari bisnis baru Anda?

Supaya lebih waspada, Anda sebaiknya memiliki sumber penghasilan lainnya. Misalnya, Anda memulai bisnis toko online, tapi Anda juga punya pekerjaan sampingan di waktu luang sebagai penulis freelance.

Dengan begitu, jika suatu hari bisnis toko online Anda rugi atau gagal, Anda masih punya sumber pemasukan dari menulis. Hidup Anda masih terjamin dan Anda bisa mulai mengumpulkan uang lagi untuk mencoba berbisnis kembali.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Siapa Saja

5Menghemat Uang Lebih Banyak

gambar: indonesiaexpat.biz

Atur keuangan bisnis maupun pribadi dengan bijaksana. Kurangi segala keperluan yang kurang penting. Simpan uang Anda lebih banyak dari kebiasaan Anda sebelumnya.

Jika biasanya Anda menabung 10 persen dari penghasilan bulanan, cobalah menabung 15-20 persen, sehingga simpanan Anda akan bertambah. Uang tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dan juga berjaga-jaga.

Baca Juga: 5 Kesalahpahaman Soal Bisnis yang Harus Dihindari Generasi Millennial

6Buat Rencana Bisnis yang Matang

gambar: legalservicesincorporated.com

Bisnis tanpa perencanaan pasti akan mengalami kendala untuk maju. Bisnis yang sudah direncanakan dengan baik saja bisa gagal, apalagi jika rencana bisnisnya asal-asalan.

Untuk itu, siapkan rencana bisnis yang matang. Pikirkan baik-baik konsep bisnis dengan penuh perhitungan supaya bisnis Anda dapat berjalan secara lebih terarah.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan

7Kerja Keras dan Cerdas

Mencapai target pada tujuan bisnis Anda memang akan memakan waktu. Jangan mengharapkan kesuksesan secara instan. Sabarlah dalam perjalanan bisnis Anda.

Hati-hatilah dalam mengambil keputusan dan bertindak. Teruslah kerja keras, tapi lakukan dengan cara yang cerdas agar hasilnya dapat sesuai dengan usaha dan juga rencana.

Baca Juga: Setelah Lulus Kuliah Langsung Kerja atau Buka Usaha? Ini Jawabannya


Nah, itulah sejumlah tips memperkecil resiko usaha untuk Anda yang baru memulai bisnis. Segala risiko memang tidak dapat dihilangkan sepenuhnya. Namun, jadilah seorang entrepreneur sejati yang berani.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.