Lakukan 6 Hal Ini untuk Memuaskan Pelanggan Bisnis Anda – Kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pebisnis.

Anda dituntut untuk dapat memenuhi permintaan pelanggan setiap saat. Anda harus bisa membuat pelanggan senang dengan produk atau layanan yang Anda berikan.

Jika Anda berhasil mempertahankan kepuasan pelanggan, mereka akan menjadi loyal dan juga royal terhadap bisnis Anda. Mereka kemungkinan besar tidak akan berpaling dari Anda.

Baca Juga: Kiat-Kiat untuk Mempertahankan Pertumbuhan Bisnis

Namun, butuh upaya yang tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Mereka akan menilai bisnis Anda dari berbagai sisi, sebelum memutuskan untuk menjadi pelanggan tetap.

Maka dari itu, coba lakukan beberapa hal berikut ini agar pelanggan Anda bisa merasa puas dengan bisnis Anda.


6 Tips untuk Memuaskan Pelanggan

1Kenali Siapa Pelanggan Anda

sejarah hari pelanggan nasional harpelnas tanggal 4 september

Anda harus mengetahui target pasar yang tepat untuk bisnis Anda. Jangan sampai Anda asal dalam memasarkan produk Anda, tanpa tahu konsumen seperti apa yang ingin dituju.

Untuk itu, identifikasikan pelanggan Anda untuk mengenal siapa saja mereka. Anda bisa melakukan segmentasi berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat penghasilan, lokasi, dan lain-lain.

Baca Juga: Begini Cara Mengukur Kesuksesan Perusahaan Anda

2Pahami Kebutuhan Pelanggan

Sesudah Anda mengidentifikasi pelanggan, Anda perlu mendekati dan mengamati perilaku mereka setiap saat. Anda harus tahu apa yang sedang mereka butuhkan sekarang dan di kemudian hari.

Dengan begitu, Anda bisa memahami kebutuhan dan memenuhi harapan pelanggan. Sehingga Anda bisa selalu menyediakan produk yang relevan dengan apa yang mereka cari.

Baca Juga: Pengusaha Online Harus Belajar 5 Hal Ini Agar Usaha Berkembang

3Kualitas Produk Terjamin

kualitas - kualitas terbaik - fokus membangun kualitas

Hal yang paling sering menjadi tolak ukur kepuasan pelanggan adalah kualitas produk. Pelanggan akan selalu bawel dalam membandingkan keunggulan yang terdapat pada produk Anda dibandingkan dengan produk milik kompetitor.

Maka dari itu, kualitas produk harus selalu diperhatikan. Lakukan kualitas kontrol setiap saat untuk memastikan produk Anda selalu memenuhi syarat dari pelanggan.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Mempelajari Kompetitor Bisnis Anda

4Produk Selalu Tersedia

keranjang belanja - shopping cart - gift - hadiah - give away

Dalam memuaskan pelanggan, Anda harus dapat memenuhi permintaan mereka kapan saja. Memang sulit, karena bisa saja kebetulan produk Anda sedang habis ketika pelanggan datang.

Maka dari itu, Anda harus selalu mengecek ketersediaan barang. Pastikan Anda mengontrolnya secara rutin agar pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk Anda.

Baca Juga: 7 Cara Promosi yang Murah Tapi Ampuh Menjangkau Konsumen

5Pelayanan yang Baik

meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan
gambar: techzulu.com

Pelanggan punya perasaan yang harus dijaga. Anda tidak bisa seenaknya dalam melayani mereka, meskipun Anda berhadapan dengan pelanggan yang cerewet atau tidak menyenangkan.

Namun, selalu upayakan pelayanan yang ramah dan cekatan. Layani siapapun dengan cara yang sama dan dengan sikap yang baik untuk mengambil hati mereka.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Negosiasi Harga dengan Pelanggan

6Berikan Harga yang Sesuai

Memang lebih banyak orang yang suka mencari produk dengan harga murah. Namun, tidak melulu orang mempertimbangkan harga saat membeli sesuatu. Pelanggan juga kerap mempertimbangkan nilai kelebihan yang terdapat pada produk Anda.

Jika memang berkualitas, pelanggan juga tidak bakal mempermasalahkannya. Bahkan mereka akan rela mengeluarkan banyak biaya, asalkan produk Anda mampu memberikan kepuasan yang sesuai dengan ekspektasi mereka.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar


Nah, itulah beberapa tips untuk memuaskan pelanggan. Semoga dapat berguna untuk membantu Anda dalam menjangkau pelanggan dan mempertahankan mereka, sehingga bisnis Anda bisa terus menghasilkan keuntungan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.