8 Tips Jitu Memulai Usaha Rumahan Agar Cepat Sukses – Bagi Anda yang ingin mencoba berwirausaha, Anda bisa memulainya dengan menjalankan bisnis di rumah.

Anda tidak perlu keluar rumah untuk pergi bekerja. Anda juga bisa lebih menghemat modal karena tidak perlu menyewa tempat usaha.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Rumahan Menjanjikan dan Tak Ada Matinya

Bisnis rumahan atau home industry ini cocok untuk siapa saja termasuk laki-laki. Jadi, tidak hanya boleh dijalankan oleh perempuan atau ibu rumah tangga saja.

Bagi yang tertarik, Anda bisa memanfaatkan lahan atau ruang kosong di rumah seperti halaman, garasi dan dapur. Namun, sebelum Anda memulainya, perhatikan tips berikut ini.

Baca Juga: Anda Tidak Berani Berbisnis? Yuk, Coba Tips Ini!


Perhatikan 8 Hal Ini Saat Memulai Usaha Rumahan

1Minta Dukungan Keluarga

Pertama, mintalah dukungan dari keluarga yang ada di rumah. Pastikan mereka setuju dengan rencana Anda.

Sebab jika ada satu orang saja yang tidak mendukung, maka konflik bisa terjadi setiap hari. Akibatnya, Anda tidak bisa fokus dan maksimal dalam mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Kiat Sukses Memulai Bisnis untuk Entrepreneur Pemula

2Pilih Bisnis yang Sesuai

Sebaiknya, pilih bisnis yang Anda suka dan kuasai. Menjalankan bisnis yang sesuai dengan hati dan keahlian Anda, akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalankan usaha.

Namun, perhatikan juga peluang pasar. Misalnya, jika Anda ingin berbisnis roti rumahan, maka pilihlah roti yang sekiranya memiliki banyak peminatnya agar Anda lebih mudah memasarkannya.

Baca Juga: 10 Bakat dan Keterampilan yang Bisa Dimanfaatkan untuk Cari Uang

3Tetapkan Visi dan Misi

Jangan anggap remeh bisnis rumahan. Meski terbilang bisnis skala kecil, usaha Anda bisa berkembang pesat dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Produk Anda pun bisa sukses dipasarkan hingga ke luar kota. Asalkan, Anda menyiapkan visi dan misi sedari awal agar Anda punya tujuan dan target yang jelas ke depannya.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan

4Siapkan Modal Usaha

Hitung secara terperinci apa saja yang Anda butuhkan dan berapa biayanya. Meliputi biaya untuk bahan baku, peralatan kerja, kemasan produk, dan sebagainya.

Tanpa modal yang cukup, Anda akan kesulitan dalam menjalankan usaha. Maka sebelum memulai usaha rumahan ini, Anda perlu menyiapkan modalnya.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

5Manfaatkan Pemasaran Online

Anda bisa memperluas pasar bisnis Anda dengan bantuan internet. Sehingga orang-orang dari mana saja bisa mengetahui keberadaan bisnis Anda dan menjadi pelanggan Anda.

Maka dari itu, manfaatkan pemasaran online sebaik mungkin. Gunakan website dan media sosial untuk mempromosikan usaha rumahan Anda.

Baca Juga: Bisnis Online Anda Dapat Ulasan Negatif? Ini Cara Mengatasinya!

6Mencatat Keuangan

Walau Anda cuma menjalankan usaha sekelas rumahan, Anda pun wajib mencatat keuangan harian agar Anda bisa merencanakan keuangan dengan baik.

Ingat, keberlangsungan bisnis sangat bergantung pada uang. Jika keuangan Anda berantakan, Anda akan kesusahan untuk mengatur biaya usaha di bulan-bulan berikutnya.

Baca Juga: 7 Tips Menjalankan Bisnis Bersama Pasangan Secara Profesional

7Perluas Jaringan Bisnis

gambar: sebandung.com

Guna meningkatkan penghasilan, Anda perlu memperluas jaringan bisnis. Anda bisa bekerja sama dengan bisnis lain untuk menjual produk Anda.

Misalnya, jika Anda memasarkan produk dodol, Anda bisa bekerja sama dengan toko-toko tertentu yang dapat menjual produk buatan Anda tersebut.

Baca Juga: Agar Lancar Mendapatkan Konsumen, Coba Lakukan 3 Hal Ini

8Disiplin Terhadap Waktu

Jangan mentang-mentang Anda berbisnis dari rumah, Anda lalu sesuka hati kapan Anda mau bekerja. Memang waktu kerja bisa lebih fleksibel, tapi jangan dikelola asal-asalan.

Sebaiknya, tentukan jam operasional usaha Anda. Ini akan membantu Anda tetap disiplin terhadap waktu kerja dan lebih produktif setiap hari.

Baca Juga: 6 Tips Penting Menjalankan Usaha Sambilan Bagi Karyawan


Nah, sudah paham kan apa saja yang harus dilakukan jika mau memulai usaha rumahan?

Jadi, bagi Anda yang tertarik, segeralah menyiapkan dan menjalankan bisnis Anda. Percayalah, Anda pasti bisa sukses jika Anda serius dalam berusaha.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id