6 Cara Menangkap Peluang Usaha yang Tepat dan Berpotensi –¬†Peluang usaha adalah hal yang sangat penting saat memulai bisnis. Dengan adanya peluang berarti terdapat kesempatan untuk memenangkan pasar.

Maka dari itu, sebelum berbisnis Anda harus memperhatikan potensi dari ide bisnis Anda. Namun, bagaimana cara mencari dan menemukan peluang bisnis yang tepat dan juga menjanjikan?

Baca Juga: Agar Tak Salah Melangkah, Ini 8 Tips Penting Saat Membuka Usaha Pertama

Kalau mau yang simpel, Anda bisa ikut-ikutan berbisnis yang sedang tren. Sedangkan kalau mau membuka bisnis yang berbeda dari yang lain, Anda harus berpikir keras dalam mengembangkan ide yang kreatif dan inovatif.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menangkap peluang bisnis yang tepat dan memiliki potensi.

Baca Juga: 6 Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat untuk Membangun Usaha


6 Cara Menangkap Peluang Usaha yang Menjanjikan

1Gali Informasi di Sekitar

Ada orang yang pergi merantau untuk berbisnis. Namun, tak perlu mengejar peluang usaha ke kota lain, karena di sekitar Anda juga ada kesempatan bisnis yang bisa dimanfaatkan.

Belajarlah peka dengan kebutuhan masyarakat di sekitar Anda dari segi barang atau jasa. Galilah informasi dari keluarga, tetangga, teman-teman dan orang-orang yang Anda temui di lingkungan Anda.

Misalnya, jika belum ada tempat laundry di lingkungan sekitar Anda, maka coba saja membuka usaha laundry di rumah Anda. Jika ada pasarnya, maka tak ada salahnya dicoba.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Memulai Usaha Rumahan Agar Cepat Sukses

2Manfaatkan Momen Tertentu

gambar: qraved.com

Biasanya, selalu ada peluang bisnis pada momen-momen tertentu. Seperti pada saat bulan Ramadhan, Anda bisa membuka usaha kuliner dengan berjualan kue untuk berbuka puasa.

Membuka bisnis musiman memang hanya cocok dilakukan waktu tertentu saja. Tapi peluangnya sangat menjanjikan jika Anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sambilan untuk Karyawan yang Tak Ganggu Pekerjaan

3Manfaatkan Keahlian Pribadi

gambar: international-careers.com

Apa keterampilan atau skill yang Anda punya? Eksplorasi potensi diri Anda, lalu kemudian manfaatkan potensi keahlian Anda menjadi sebuah bisnis.

Misalnya, Anda kreatif dalam membuat video dan percaya diri di depan kamera. Coba saja menjadi youtuber profesional. Mencari uang lewat youtube sangat menjanjikan di zaman digital ini.

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Waktu Luang untuk Menghasilkan Uang

4Bisnis yang Sesuai dengan Hobi

Pilih jenis usaha yang Anda sukai agar Anda lebih bersemangat dalam menjalaninya. Ide usaha tersebut bisa bermula dari hobi atau kegemaran Anda.

Misalnya, Anda hobi berdandan. Daripada hanya menghabiskan uang untuk membeli alat makeup, lebih baik Anda coba berjualan produk makeup. Sehingga Anda bisa lebih serius menekuni hobi Anda, sekaligus mendapatkan uang dari hobi Anda.

Baca Juga: 6 Tips Sukses untuk Anak Zaman Now dalam Memulai Bisnis

5Jalankan Toko Online

Potensi bisnis online sangat besar di era internet dan media sosial sekarang ini. Masyarakat mulai beralih ke belanja online dan meninggalkan cara belanja konvensional di toko-toko ritel.

Maka dari itu, cobalah menangkap peluang usaha online. Ada banyak produk yang bisa dijual online, mulai dari makanan, alat elektronik, barang rumah tangga, dan sebagainya.

Baca Juga: Tertarik Berbisnis Sendiri? Ini 5 Keuntungan Membeli Waralaba

6Coba Bisnis Waralaba

gambar: vethanlaw.com

Bagi Anda yang memiliki modal, Anda bisa memilih bisnis franchise atau waralaba yang sudah terbukti sukses. Anda tak perlu repot memikirkan konsep bisnis, karena semuanya sudah siap.

Sementara sistem manajemen dan kemudahan promosi akan dibantu oleh pemberi waralaba. Anda hanya perlu menjalankan usaha ini sebaik-baiknya agar dapat terus berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 5 Hal yang Menyebabkan Kegagalan Pebisnis Pemula


Nah, itulah beberapa cara untuk menangkap peluang usaha. Apapun jenis bisnis yang dipilih dan sebesar apapun potensinya, kesuksesan tetap bergantung pada Anda yang menjalankannya.

Maka dari itu, persiapkan bisnis Anda dengan matang dan terapkan strategi pemasaran yang tepat. Niscaya, bisnis Anda akan memberikan hasil dan keuntungan sesuai dengan upaya yang Anda lakukan.

Selamat berusaha!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.