4 Alasan Pentingnya Menciptakan Nama Usaha untuk Bisnis Baru – Saat berkenalan dengan orang lain, hal pertama yang ingin Anda ketahui tentang orang tersebut adalah namanya. Nama menjadi identitas pertama yang biasanya diberitahukan pertama kali.

Begitu pula dengan nama untuk sebuah bisnis. Anda perlu menciptakan nama yang akan menjadi identitas usaha Anda untuk memperkenalkan bisnis Anda ke target pasar Anda.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Konsumen Terkesan dengan Bisnis Online Anda

Jika Anda berhasil membuat nama yang tepat, masyarakat akan mudah mengingatnya. Contohnya, Indomie. Orang-orang tahu bahwa ada banyak nama brand produk mie instan. Namun, nama Indomie yang paling unggul dan sering disebutkan.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang akan memulai bisnis, pastikan Anda memikirkan baik-baik nama yang tepat untuk usaha baru Anda.

Baca Juga: 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online untuk Tingkatkan Penjualan


4 Alasan Pentingnya Menciptakan Nama Usaha

1Nama adalah Hal Utama yang Diingat Konsumen

gambar: digitalgrowth.ca

Saat ada bisnis yang baru dirilis, hal pertama yang dilihat konsumen adalah namanya. Baru kemudian konsumen akan mempelajari lebih lanjut tentang produknya.

Jika pengenalan nama berhasil, konsumen pasti akan mengingatnya dengan mudah. Contohnya, banyak orang menyebut “Aqua” saat ingin membeli air mineral. Padahal, ada banyak merek air mineral selain Aqua.

Maka dari itu, perhatikan pemilihan nama untuk usaha baru Anda. Pastikan Anda membuat nama yang dapat menarik perhatian konsumen dan membuat konsumen selalu teringat.

Baca Juga: 10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha yang Harus Anda Perhatikan

2Nama akan Merepresentasikan Tentang Bisnis Anda

Disarankan untuk membuat nama yang unik agar mudah diingat dan berbeda dari yang lain. Namun, pastikan namanya juga dapat merepresentasikan tentang bisnis Anda.

Contohnya, Ayam Geprek Bensu. Mendengar namanya saja orang akan langsung tahu bahwa usaha kuliner milik Ruben Onsu itu menjual makanan ayam geprek.

Jika nama yang dipilih bisa merepresentasikan bisnis Anda, namanya akan semakin melekat di pikiran konsumen. Ini akan menjadi nilai plus untuk mempermudah Anda dalam membangun branding yang kuat.

Baca Juga: 8 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

3Nama untuk Membedakan dengan Usaha Lain

gambar: praxispackaging.com

Ada banyak usaha yang menjalankan jenis bisnis yang serupa. Sehingga penting sekali menciptakan nama usaha yang unik untuk membedakannya, terutama dalam keperluan promosi.

Dengan pembuatan nama yang tepat, bisnis Anda dapat mencuri perhatian konsumen yang baru pertama kali mendengar namanya. Mereka pun akan tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk Anda.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Media Exposure untuk Bisnis

4Nama Unik Akan Sering Dibicarakan

gambar: nationaldailyng.com

Saat aplikasi Go-Jek menjadi booming, orang-orang tidak hanya membicarakan kecanggihan inovasi dari startup transportasi online ini. Namun, keunikan namanya juga kerap dibicarakan.

Hal ini menjadi keuntungan karena semakin sering dibicarakan, maka bisnis Anda akan semakin melekat di pikiran konsumen. Maka dari itu, pikirkan baik-baik nama yang tepat untuk usaha Anda.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Nama Brand yang Bagus dan Mudah Diingat Masyarakat


Nah, itulah alasan pentingnya menciptakan nama usaha untuk bisnis baru Anda. Jadi, bagi Anda yang akan memulai bisnis, perhatikan pemilihan nama yang tepat agar bisnis Anda dapat dengan cepat melekat di pikiran calon konsumen Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.