Kurang Tidur, Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengatasi Kantuk di Tempat Kerja – Ada kalanya Anda tidak sempat beristirahat. Anda begadang setiap hari karena banyaknya pekerjaan atau urusan lainnya yang mesti diselesaikan.

Akibatnya, Anda tidak bisa tidur di malam hari seperti biasa. Waktu tidur Anda berantakan dan durasi tidur pun hanya sebentar saja.

Baca Juga: 7 Hal yang Tidak Dilakukan Orang-orang Produktif

Jika Anda mengalaminya, Anda pasti akan kesulitan untuk tetap fokus di tempat kerja. Anda akan sering mengantuk dan fisik Anda melemah, sehingga membuat Anda menjadi malas untuk bekerja.

Namun, mau tak mau Anda harus berusaha untuk terus terjaga dan menjalankan pekerjaan. Maka dari itu, cobalah tips berikut agar Anda mampu tetap produktif disaat kurang tidur.


6 Tips Mengatasi Kantuk Saat Kurang Tidur

1Sarapanlah Sebelum Bekerja

Pastikan Anda sudah sarapan di pagi hari. Anda harus mengisi perut Anda karena jika Anda kelaparan, Anda akan semakin sulit untuk fokus dalam bekerja.

Namun, hindari makan yang berlebihan sampai kekenyangan karena malah akan memicu kantuk. Makanlah yang secukupnya sebelum Anda mulai bekerja.

Baca Juga: Supaya Rezeki Lancar, Ini 7 Manfaat Bangun Pagi Bagi Pebisnis

2Gerakkan Badan Anda

Anda tentu tidak sempat berolahraga. Supaya tubuh terasa lebih segar, dan mengatasi kantuk, Anda bisa melakukan stretching atau peregangan otot yang sederhana di area meja kerja.

Atau, berjalanlah memutari ruangan dan berbincang sejenak dengan rekan kerja. Jangan cuma duduk di kursi dan di depan komputer karena akan membuat Anda tambah mengantuk.

Baca Juga: 7 Kegiatan Sebelum Tidur yang Tidak Baik untuk Pebisnis

3Kerjakan Hal yang Susah Dulu

Jam paling produktif adalah jam pertama di pagi hari. Di mana Anda baru saja sarapan, belum mengantuk, dan juga masih punya lebih banyak semangat untuk bekerja.

Makanya, Anda sebaiknya mengerjakan hal yang paling susah terlebih dahulu. Baru kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan tugas-tugas lainnya yang lebih ringan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

4Minum Kopi

Sambil bekerja, seduhlah kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya. Sebab minum kopi cukup ampuh untuk mengurangi rasa kantuk yang menyerang diri Anda.

Biasanya, efeknya baru akan terasa setelah 30 menit Anda meminum kopi. Rasa kantuk akan berkurang, sehingga Anda bisa lebih fokus saat bekerja.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk di Kantor yang Perlu Anda Ubah

5Berjalan Keluar Kantor

Saat Anda kurang tidur, tidak hanya fisik yang menjadi kurang fit, tapi Anda juga jadi sulit untuk berpikir jernih. Bahkan kondisi emosional menjadi agak kurang stabil secara emosional.

Jika bisa, sempatkan berjalan keluar kantor untuk merasakan sinar matahari langsung sambil mencari udara segar dan inspirasi. Sebab mata Anda akan lebih melek jika terkena cahaya yang lebih terang.

Baca Juga: Sudah Kerja Keras Tapi Belum Ada Hasil? Inilah Penyebabnya!

6Konsumsi Makanan Sehat

Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Tidak hanya saat sarapan, tapi juga saat makan siang dan makan malam.

Termasuk camilan yang Anda konsumsi sambil bekerja, perlu diperhatikan. Jika bisa, hindari makanan yang mengandung banyak gula karena akan berpotensi membuat Anda semakin mengantuk.

Baca Juga: Anda Bisa Melawan Rasa Malas Bekerja dengan 5 Cara Ini


Nah, itulah tips untuk mengatasi kantuk saat Anda kurang tidur. Silakan terapkan tips tersebut agar Anda bisa tetap produktif, meskipun waktu istirahat Anda sedang tidak mencukupi.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.