5 Cara yang Baik untuk Mengatasi Penyesalan dalam Bisnis – Saat Anda menjalankan bisnis, Anda akan mengalami banyak permasalahan.

Masalah-masalah yang terjadi bisa dikarenakan kesalahan yang Anda lakukan atau bahkan sesuatu yang tidak Anda lakukan, padahal seharusnya dilakukan. Anda pun akhirnya menyesalkan diri sendiri.

Baca Juga: 7 Contoh Pemimpin yang Memiliki Sikap Empati di Lingkungan Kerja

Anda mungkin menyesal karena mengecewakan tim Anda, salah memilih tempat usaha, bekerja sama dengan orang yang salah, menghabiskan uang untuk sesuatu yang salah, dan sebagainya.

Perasaan bersalah tersebut membuat hidup Anda tidak bahagia. Apalagi jika bisnis Anda sampai rugi atau gagal karena kesalahan Anda, bisa-bisa Anda depresi karena menyesalinya. Lantas, apa yang harus Anda lakukan?

Baca Juga: Rahasia Kebahagiaan Hidup Pengusaha Terletak pada 5 Hal Ini

Nah, jika sekarang ada suatu penyesalan di hati Anda, coba lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya.


5 Cara Mengatasi Penyesalan dalam Bisnis

1Cari Tahu Penyebab Penyesalan Anda

Perasaan menyesal itu rumit. Namun, Anda perlu mencari tahu mengapa sesuatu yang buruk terjadi pada diri Anda.

Renungkan kesalahan Anda untuk menyadari kelemahan dan kekurangan Anda dalam berbisnis. Sehingga nantinya Anda bisa lebih bijaksana dalam mengambil keputusan dan bertindak.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Introspeksi Diri Sendiri Bagi Pebisnis

2Jangan Menyalahkan Orang Lain

gambar: pravsinfotech.com

Sebaiknya, Anda mengakui kesalahan yang sudah Anda perbuat. Jika hal itu berhubungan dengan orang lain dan merugikannya, maka temui dia untuk meminta maaf.

Ingat, jangan coba menyalahkan orang lain. Kondisi tidak akan membaik jika Anda mencari alasan untuk membela diri. Lebih baik Anda menyadari kesalahan sendiri dan berbenah diri.

Baca Juga: 8 Cara Membangun Pikiran Positif Agar Bisa Jadi Orang Sukses

3Ceritakan Masalah Anda pada Orang Lain

Anda tidak bisa langsung menghilangkan rasa penyesalan. Butuh waktu untuk menerima keadaan buruk yang terjadi dan menenangkan perasaan.

Namun, jangan sendirian saat mengatasi penyesalan. Temui orang-orang yang Anda percaya dan selalu mendukung Anda. Ceritakan pada mereka tentang semua penyesalan Anda.

Mungkin mereka tidak dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Namun, hati Anda dapat merasa lebih baik, karena ada orang-orang yang peduli sama hidup Anda.

Baca Juga: 7 Hal yang Membedakan Orang Sukses dengan Orang Biasa

4Maafkan Diri Anda Sendiri

Jangan terlalu keras terhadap diri Anda sendiri. Masa lalu tidak bisa diperbaiki, tapi Anda masih punya kesempatan untuk membuat hari depan menjadi lebih baik.

Anda harus memaafkan diri sendiri agar bisa melangkah maju. Minta pertolongan pada Sang Pencipta agar Dia memberikan Anda kemampuan untuk memperbaiki diri.

Baca Juga: 9 Tips Menjaga Work-Life Balance Agar Anda Bisa Sukses dan Bahagia

5Jadikan Penyesalan Sebagai Motivasi

Selalu ada hikmah atas setiap perkara. Jangan mengecilkan hati Anda karena kesalahan dan kegagalan yang sudah terlanjur terjadi.

Oleh sebab itu, jadikan penyesalan sebagai motivasi untuk berubah. Anda bisa belajar dari pengalaman agar nantinya bisa menjalankan bisnis dengan cara yang lebih benar.

Baca Juga: 6 Cara Berubah Menjadi Lebih Baik dalam Bisnis dan Kehidupan


Nah, itulah cara mengatasi penyesalan yang bisa Anda coba. Apapun perbuatan yang membuat Anda menyesal, biarlah menjadi pelajaran berharga untuk menjadi pribadi dan pebisnis yang lebih baik ke depannya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.