5 Langkah Mengelola Keuangan Bulanan Agar Bisa Berbisnis dan Mapan – Menjadi kaya dan sukses adalah impian banyak orang. Demi mendapatkan kekayaan dan kesuksesan, banyak orang yang bekerja keras dari pagi hingga malam. Selama bertahun-tahun, mereka membanting tulang hampir setiap hari, tetapi kondisi finansial tetap saja pas-pasan.

Jika Anda ingin memiliki keuangan yang mapan, sebaiknya Anda melihat daftar orang terkaya di dunia terlebih dahulu. Semua nama yang tercantum adalah pengusaha terkenal. Kekayaan mereka berasal dari bisnis yang dibangun. Tidak ada karyawan yang berada dalam daftar orang paling kaya sedunia.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Pengusaha Dalam Mengelola Uang

Fakta tersebut menunjukkan bahwa jika Anda ingin kaya dan sukses, berbisnis sendiri adalah langkah terbaik yang bisa ditempuh. Namun, masalahnya adalah tidak mudah untuk memulai bisnis, apalagi jika tidak punya modal usaha. Lantas, apa solusinya?

Menurut Li Ka Shing, pemilik perusahaan CK Hutchison Holdings dan orang terkaya di Hong Kong, ada lima langkah untuk menjadi mapan bahkan dalam lima tahun saja. Nah, tips dari Li Ka Shing berikut ini bisa jadi inspirasi bagi Anda untuk mengelola penghasilan yang diterima setiap bulan, sehingga nantinya bisa berbisnis sendiri dan mapan secara finansial.

Baca Juga: Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda

5 Langkah Mengelola Keuangan Agar Bisa Mapan dan Punya Bisnis Sendiri

1Uang untuk Kebutuhan Sehari-hari

gambar: smart-money.co

Sebagai ilustrasi untuk memberikan Anda gambaran, maka anggap saja penghasilan Anda per bulan sebesar Rp 4 juta dan Anda tinggal bersama orang tua. Li Ka Shing menyarankan untuk membagi penghasilan pada porsi pertama untuk kebutuhan sehari-hari, yakni sebesar Rp 1,5 juta per bulan atau Rp 50 ribu per hari. Misalnya, untuk biaya transportasi ke kantor, pulsa, dan makan. Jika Anda merasa berat, Anda bisa menekan pengeluaran dengan sedikit berhemat, seperti dengan membawa bekal dari rumah.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Bisnis Anda

2Uang untuk Kebutuhan Sosial

Jika Anda ingin sukses, Anda harus menjaga hubungan baik dengan orang lain. Anda harus berusaha membangun jaringan pertemanan atau networking, yang nantinya akan bermanfaat saat Anda menjalankan bisnis. Jadi, untuk porsi kedua ialah membagi penghasilan untuk kebutuhan sosial. Anggap saja sebesar Rp 600 ribu. Misalnya, untuk mentraktir teman makan siang. Namun, pilih teman yang bisa memberikan manfaat positif. Selain dianggap sebagai sosok yang baik, suatu hari Anda akan mendapatkan manfaat yang baik dari mereka.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengelola Keuangan Bisnis untuk Usaha Kecil

3Uang untuk Kebutuhan Belajar

Menjadi pebisnis butuh wawasan yang luas. Untuk itu, Anda perlu membagi penghasilan bulanan Anda untuk kebutuhan belajar. Anggap saja sebesar Rp 500.000. Misalnya, uangnya untuk membeli buku dan mengikuti seminar bisnis. Manfaatkan uang tersebut untuk hal-hal yang dapat memberikan Anda pengetahuan dan keterampilan yang berguna.

4Uang untuk Kebutuhan Liburan

gambar: transferwise.com

Anda perlu menyisihkan uang untuk kebutuhan liburan, misalnya sebesar Rp 400 ribu per bulan. Minimal Anda berlibur sekali dalam setahun. Gunanya sebagai hadiah untuk diri sendiri setelah bekerja keras. Sehingga Anda bisa menikmati kehidupan dan menambah pengalaman berharga. Karena pasti akan ada hal-hal baru yang akan Anda temukan saat liburan dan akan menjadi inspirasi bagi Anda.

Baca Juga: Kisah Michael Larson, Orang di Balik Kekayaan Bill Gates

5Uang untuk Kebutuhan Bisnis

Porsi yang terakhir ialah membagi uang bulanan Anda untuk kebutuhan bisnis. Misalnya, Rp 1 juta per bulan disisihkan untuk modal usaha. Anggap saja uang tersebut bagian dari investasi, karena dengan berbisnis Anda punya pemasukan tambahan dan dapat mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Jadi, kelolalah uang untuk modal usaha Anda dengan menjalankan bisnis yang menjanjikan. Usaha kecil-kecilan pun akan menghasilkan keuntungan yang besar jika Anda tekun mengembangkannya.

Baca Juga: Kesalahan Menabung Dana Pensiun yang Harus Dihindari dari Usia 20-an

Nah, semoga langkah-langkah di atas dapat diterapkan untuk mengelola keuangan Anda setiap bulan. Semoga nantinya Anda bisa menjadi mapan dan sukses dalam bisnis yang Anda jalankan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here