Hindari 5 Kesalahan Sepele Saat Mengelola Toko Online – Mungkin Anda telah menjalankan bisnis online lebih dari setahun.

Anda membuat website toko online, namun bisnis Anda tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan. Tanpa Anda sadari, bisa saja ada kesalahan sepele yang selama ini Anda lakukan ketika mengelola toko online Anda.

Baca Juga: 5 Kelebihan Website Toko Online yang Punya Tampilan Menarik

Di tengah gencarnya perkembangan internet, website toko online pun kian menjamur. Anda dituntut harus mampu bersaing dengan menghadirkan website bisnis yang profesional di mata konsumen.

Nah, berikut ada beberapa kesalahan sepele yang harus dihindari saat mengelola toko online.

5 Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

1. Tidak Up-to-date

Website toko online yang hanya menjadi tempat display produk, akan mengurangi minat konsumen. Jangan membiarkan website tidak up-to-date dan tanpa aktivitas. Konten di dalam situs Anda harus terus diperbaharui secara berkala.

Baca Juga: Maksimalkan Penjualan Bisnis Anda Dengan Toko Online

Contohnya, dengan mengganti gambar header atau banner web, mengganti foto produk lama dengan foto terbaru, menambahkan video menarik terkait produk Anda, hingga memposting artikel blog.

2. Deskripsi Produk Tidak Lengkap

Mungkin Anda mengira bahwa dengan menuliskan deskripsi produk yang tidak lengkap, calon pembeli akan penasaran dan kemudian menghubungi Anda.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Media Sosial

Padahal, informasi yang tidak jelas malah membuat calon pembeli ragu. Untuk itu, jangan setengah-setengah mencantumkan deskripsi produk, namun jelaskan dengan lengkap menggunakan kata-kata promosi yang menarik.

3. Foto Produk Tidak Menarik

Jangan menganggap sepele kualitas foto produk, karena ini dapat mempengaruhi minat pembeli. Jangan mengambil gambar dari internet, sebaliknya gunakan gambar Anda sendiri.

Baca Juga: Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online

Lakukan pemotretan untuk produk dan siapkan bermacam-macam foto untuk setiap produk yang ada.

Misalnya, foto produk dari tampak samping, tampak depan, hingga foto yang menggunakan model.

Sehingga ada berbagai pilihan foto produk yang bisa Anda gunakan dalam pemasaran di website dan media lainnya.

4. Petunjuk Pembelian Tidak Jelas

Tidak semua orang mengerti cara membeli barang online, terutama bagi yang belum pernah berbelanja online sebelumnya atau yang baru pertama kali mengunjungi website toko online Anda.

Baca Juga: 5 Kelebihan Website Toko Online yang Punya Tampilan Menarik

Sehingga pastikan Anda mencantumkan informasi mengenai petunjuk pembelian secara jelas, mulai dari informasi cara memesan, cara mengonfirmasi pembelian, cara pembayaran, hingga proses pengiriman atau pengembalian barang.

5. Tidak Responsif

Selain itu, hindari sikap yang tidak responsif. Sekalipun website toko online Anda mempunyai tampilan yang keren dan menjual produk yang banyak diminati, namun jika Anda lambat dalam melayani konsumen, maka orang akan enggan membelinya dan beralih ke kompetitor.

Oleh sebab itu, layani pelanggan sebaik mungkin, dengan cara secepat mungkin menjawab pertanyaan konsumen, segera memproses pemesanan hingga pengiriman barang yang telah dibayar oleh konsumen.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan



 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here