5 Contoh dan Cara Menghadapi Karyawan Nakal yang Sulit Diatur – Apakah Anda memiliki karyawan yang kerap bermasalah di kantor? Karyawan ini sering membuat kesalahan dan merugikan orang lain. Banyak orang yang tidak menyukainya karena perilakunya yang buruk.

Menangani karyawan yang bandel butuh kesabaran. Sekalipun karyawan ini pintar, sikap buruknya tentu tidak bisa dibiarkan. Anda harus tegas terhadapnya agar lingkungan kerja tetap kondusif.

Baca Juga: Perhatikan Inilah 8 Tipe Karyawan yang Anda Butuhkan di Perusahaan

Ada beberapa ciri-ciri kenakalan karyawan yang harus Anda perhatikan supaya tidak merugikan bisnis Anda. Berikut contoh karyawan yang nakal dan cara menghadapinya.

Baca Juga: 10 Hal yang Menunjukkan Kualitas Karyawan di Tempat Kerja

5 Cara Menghadapi Karyawan Nakal yang Sulit Diatur

1Karyawan yang Sering Datang Terlambat

gambar: redbranchmedia.co

Anda bisa memaklumi jika karyawan terlambat masuk kerja atau mengikuti meeting hanya sekali atau dua kali dalam sebulan. Banyak faktor yang bisa menyebabkan keterlambatan. Seperti terjebak macet, ada urusan yang mendadak, sedang kurang sehat, dan lain-lain.

Namun, tentu tidak wajar jika karyawan seringkali ngaret. Anda harus membuat peraturan yang tegas agar karyawan belajar untuk disiplin. Jika tidak, karyawan akan terbiasa telat datang ke kantor, dan bahkan terlambat menghadiri rapat dengan klien. Produktivitas dan profesionalitas kerja pun jadi menurun.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Agar Anda Selalu Datang Tepat Waktu

2Karyawan yang Sering Menunda Pekerjaan

gambar: hrdailyadvisor.blr.com

Karyawan nakal biasanya sering menunda pekerjaan. tidak menyelesaikannya sesuai perintah. Karyawan malas ini melakukan tugasnya dengan setengah hati. Kemalasan membuatnya lambat dalam bekerja.

Anda bisa menghadapi karyawan ini dengan memberikan deadline untuk setiap tugas. Deadline akan membuatnya terpacu untuk membereskan tugasnya tepat waktu. Namun, jika pekerjaan masih tertunda, maka Anda sebaiknya memberikan sanksi yang setimpal.

Baca Juga: 5 Penyebab Karyawan Hilang Semangat Kerja di Kantor

3Karyawan yang Tidak Mau Menerima Kritik

gambar: universityhealthnews.com

Setiap orang harus belajar menerima perbedaan pendapat. Namun, karyawan yang antikritik begitu sulit untuk diajak berdiskusi dengan baik. Karyawan ini begitu teguh dengan pendapatnya, tapi meremehkan pendapat orang lain. Bahkan dengan Anda pun, dia berani untuk melawan.

Karyawan yang sulit menerima kritik akan sulit bekerja dalam tim. Padahal sebagai bagian dari tim kerja, karyawan harus bersikap terbuka dengan perbedaan. Jika tidak, karyawan ini akan tersingkir dari lingkungan kerjanya. Anda harus menegur dan memberikannya pengertian agar tidak egois dalam mempertahankan pendapat.

Baca Juga: Waspada, Kenali 7 Ciri-Ciri Karyawan Penjilat di Tempat Kerja

4Karyawan yang Suka Bergosip di Kantor

Bergosip adalah kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan oleh sebagian orang. Tidak hanya wanita, laki-laki pun terkadang suka membicarakan orang lain di belakang. Ada saja yang suka bergosip untuk menjatuhkan orang lain.

Gosip dapat mengganggu keharmonisan hubungan kerja dan membuat kantor penuh dengan intrik. Sebagai pemimpin, Anda harus mengingatkan karyawan Anda agar jangan bergunjing di lingkungan kerja. Jika ada masalah, harap diselesaikan secara terbuka.

Baca Juga: Lakukan 10 Hal Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan

5Karyawan yang Sering Melakukan Kesalahan yang Sama

gambar: baldwinsuccesscoaching.com

Karyawan harus bisa berubah dan mengembangkan dirinya. Anda perlu memberikan kesempatan bagi karyawan Anda untuk belajar dari kesalahannya. Namun, jika karyawan melakukan kesalahan yang sama berulang kali, maka berarti karyawan tersebut tidak dapat diandalkan.

Anda bersikap tegas dalam mengatasi karyawan yang selalu bermasalahan. Jangan kompromi lagi! Berikan surat peringatan dan sanksi sesuai kebijakan perusahaan yang berlaku.

Baca Juga: 4 Hal yang Diajarkan Jeff Bezos Sang Pendiri Amazon Kepada Para Pebisnis


Menghadapi karyawan nakal di kantor butuh kesabaran ekstra. Jika sudah keterlaluan, Anda berhak memberhentikannya dan mencari karyawan pengganti yang lebih baik.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.