5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menghadiri Acara Penting – Sebagai pebisnis, Anda akan mendapatkan banyak undangan untuk menghadiri berbagai acara atau pertemuan bisnis.

Tentu saja, sebelum Anda datang ke suatu acara penting, Anda akan mempersiapkan diri agar Anda bisa terlihat mengesankan di depan orang-orang.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Setiap Hari Sebagai Pemimpin

Nah, supaya Anda bisa tampil percaya diri saat menghadiri suatu acara penting, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.


5 Tips Persiapan Menghadiri Acara Penting

1Penampilan Fisik

karakter jadi ciri khas pemimpin bisnis yang sukses

Baik pria maupun wanita, sangat perlu memperhatikan penampilan fisiknya. Sebab tampilan fisik merupakan hal pertama yang diperhatikan oleh orang-orang yang memandang Anda.

Penampilan yang rapi dan bersih, serta wangi akan menciptakan citra diri yang baik. Hal ini akan menimbulkan kesan positif dan membangun rasa hormat terhadap Anda.

Untuk itu, lakukan perawatan tubuh, khususnya pada bagian yang terbuka seperti kulit, wajah, dan rambut. Sehingga Anda terlihat lebih cantik atau tampan dan sedap dipandang.

Baca Juga: Walau Anda Sibuk Kerja, 4 Hal Ini Jangan Dilupakan

2Barang yang Dikenakan

karakter wirausahawan sukses

Anda tidak harus memakai barang-barang branded atau bermerek mahal. Yang terpenting, Anda mengenakan sesuatu yang pantas, rapi, dan sopan.

Perhatikan barang yang dikenakan dari kepala hingga kaki. Pastikan Anda menggunakan pakaian, celana, dan sepatu yang cocok untuk acaranya, serta tidak kelihatan norak.

Lalu, jika Anda memiliki aksesoris tambahan seperti tas dan jam tangan, akan lebih baik dikenakan juga untuk membuat Anda terlihat semakin menarik.

Baca Juga: 5 Alasan Anda Perlu Memiliki Anggaran untuk Bersenang-senang

3Kemampuan Komunikasi

tips menjaga hubungan baik dengan klien

Anda akan bertemu dengan banyak orang saat menghadiri acara penting. Tentu saja Anda tidak mungkin hanya berdiam diri dan mendengarkan orang berbicara, tanpa membuka pembicaraan dengan siapa pun.

Maka dari itu, penting untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Anda. Anda harus bisa melakukan interaksi dengan orang lain untuk memperluas koneksi bisnis.

Pandailah dalam membawa diri. Jadilah orang yang ramah dan dapat mencairkan suasana saat bertemu orang lain.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Mempelajari Kompetitor Bisnis Anda

4Bahasa Tubuh

bersikap ramah - tersenyum

Perhatikan body language atau bahasa tubuh. Ekspresi wajah dan gerakan tubuh Anda, baik pada bagian kepala, tangan, kaki, dan lain-lain, dapat menciptakan kesan tertentu.

Anda bisa mempelajarinya supaya Anda dapat mengontrol bahasa tubuh dengan baik. Misalnya, walaupun mungkin Anda terlihat gugup, tangan Anda tidak terlihat gemetaran.

Maka dari itu, kenali bahasa tubuh. Sehingga Anda dapat menyesuaikan bagaimana cara Anda tersenyum, bersalaman, berjalan, duduk, dan juga berbicara.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membatasi Kreativitas Anda dalam Bekerja

5Kartu Nama

Jangan lupa siapkan kartu nama dengan desain yang menarik. Jangan sampai Anda kehabisan kartu nama atau tidak membawanya ke tempat acara.

Sebab kartu nama adalah tanda pengenal sederhana untuk diberikan kepada koneksi baru. Mungkin saat acara Anda tidak sempat banyak mengobrol, sehingga dengan menukarkan kartu nama dengan orang lain, Anda bisa dengan cepat melakukan perkenalan singkat.

Lalu, setelah acara Anda bisa menghubungi kenalan baru Anda tersebut untuk melanjutkan perkenalan dan obrolan. Siapa tahu, mereka bakal jadi koneksi yang penting bagi bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Kepemimpinan yang Harus Anda Hindari


Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menghadiri acara penting. Semoga dapat membantu Anda untuk mempersiapkan diri saat menghadiri pertemuan bisnis apapun dan bertemu dengan orang lain.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.