8 Tips Jitu untuk Menghasilkan Penjualan Pertama di Internet – Bagi pebisnis pemula, mendapatkan konsumen pertama tentu butuh usaha, kesabaran, dan juga biaya untuk melakukan promosi. Bisnis Anda masih baru berjalan, belum ada yang tahu, dan Anda benar-benar harus memulai dari nol untuk memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat.

Penjualan pertama akan memberikan kegembiraan dan optimisme untuk Anda melanjutkan bisnis. Dalam minggu dan bulan pertama, pasti akan menjadi momen yang sangat berarti, karena Anda akan mengetahui apakah ada konsumen yang berminat untuk membeli produk Anda.

Baca Juga: 8 Kesalahan Dalam Pemasaran Produk yang Harus Dihindari

Nah, tentu saja untuk menghasilkan penjualan, Anda harus melakukan promosi terlebih dahulu, karena konsumen tidak akan datang dengan sendirinya. Jadi, Anda yang harus bergerak menjangkau mereka dan membuat mereka tertarik pada produk Anda. Untuk itu, berikut simak delapan tips promosi untuk menghasilkan penjualan pertama di internet.

8 Tips Promosi untuk Menghasilkan Penjualan Pertama di Internet

1Beritahu Orang yang Dikenal

Cara termudah untuk mendapatkan penjualan pertama adalah dengan memberitahukan keluarga dan teman-teman. Orang-orang yang telah mengenal Anda biasanya lebih mudah dibujuk untuk membeli produk Anda. Mereka akan suportif mendukung bisnis Anda. Untuk itu, langsung saja umumkan bisnis Anda di grup WhatsApp dan LINE, serta posting di semua media sosial pribadi Anda.

Baca Juga: Perhatikan 3 Hal Ini Agar Konten Bisnis di Media Sosial Tepat Sasaran

2Mulai Menulis Blog

Manfaatkan website bisnis Anda untuk membuat konten marketing yang menarik. Website tidak hanya menampilkan produk-produk yang dijual. Namun, mulailah menulis blog dengan artikel atau tulisan yang relevan dengan bisnis Anda. Konten yang menarik dapat mendatangkan pengunjung, lalu membuat mereka melihat produk Anda, dan juga meningkatkan peringkat situs Anda di Google.

3Aktif di Media Sosial

Buat akun khusus untuk bisnis di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Lalu aktiflah menggunakan akun Anda untuk memasarkan produk yang ada di website toko online Anda dan lakukan interaksi dengan netizen. Pastikan Anda membuat konten gambar, video, dan tulisan yang menarik dan berkualitas untuk dibagikan di media sosial.

Baca Juga: Hindari Promosi di Media Sosial dengan 7 Cara Ini

4Berikan Produk Gratis ke Influencer

Berikan produk yang Anda jual secara gratis ke beberapa influencer digital. Dengan melakukan endorsement, influencer akan mengulas produk Anda dan membagikannya di media sosial atau blognya. Orang-orang yang punya pengikut di dunia maya seperti mereka, dapat mempengaruhi pengikutnya untuk memakai produk Anda.

5Kirim Siaran Pers

Pers release atau siaran pers ada yang berbayar, tapi bisa juga gratis. Coba buat siaran pers yang menarik dan singkat tentang keistimewaan bisnis Anda, lalu kirim email ke berbagai media online di Indonesia. Jika nanti siaran pers tersebut dipublikasikan, maka bisnis Anda bisa mendapatkan perhatian publik secara luas.

Baca Juga:  Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online

6Gunakan Google AdWords

gambar: thesempost.com

Coba gunakan Google Adwords untuk memasang iklan yang bisa muncul di halaman Google, video YouTube, dan situs yang bermitra dengan Google. Nantinya, saat orang mengetikkan kata kunci yang sudah ditetapkan, maka website Anda akan muncul pada hasil pencarian. Anda pun akan mendapatkan pengunjung yang ditargetkan.

Baca Juga: 5 Cara Termurah untuk Memulai Iklan Melalui Video

7Promosi di Forum Internet

gambar: seoclerk.com

Forum internet bisa menjadi sarana untuk membagikan informasi, berdiskusi, dan juga berjualan. Coba Anda bergabung di beberapa forum internet yang terkenal untuk mempromosikan bisnis Anda. Pastikan Anda mengikuti kebijakan forum sebelum Anda membuat thread dan memposting informasi terkait bisnis Anda.

8Adakan Kontes Online

gambar: exporttweet.com

Coba adakan kontes atau lomba online yang berhadiah menarik. Misalnya, kontes mengulas produk Anda atau me-repost postingan Anda di Instagram. Ini akan menarik perhatian banyak orang dan mengundang calon konsumen baru. Salah satu strategi membangun brand awareness yang boleh dicoba.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bisnis Anda Sukses Merebut Hati Konsumen

Nah, itulah 8 tips untuk mendapatkan konsumen dan menghasilkan penjualan pertama. Semoga bisa Anda terapkan saat mempromosikan produk Anda dan mempengaruhi keberhasilan pada bisnis baru Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.