Begini Cara Pebisnis Pemula Menghilangkan Keraguan dalam Berbisnis – Ragu-ragu untuk berbisnis pasti pernah menghampiri setiap pebisnis. Saat Anda berencana untuk memulai usaha, terkadang Anda bergulat dengan rasa ragu yang meresahkan pikiran.

Bagaimana jika salah memilih jenis usaha? Bagaimana jika penghasilan sedikit? Bagaimana jika usahanya gagal? Itulah keraguan yang kerap membuat pebisnis pemula khawatir untuk berbisnis.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan

Keraguan untuk melangkah dapat membuat Anda menunda bisnis Anda. Padahal, keraguan bisa Anda ubah menjadi kepastian.

Nah, berikut sejumlah cara mengatasi keraguan dalam memulai bisnis sendiri.

Baca Juga: 8 Cara Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil Menjadi Besar

5 Cara Menghilangkan Keraguan dalam Berbisnis

1Kumpulkan Informasi Bisnis dari Berbagai Referensi

Rasa ragu bisa timbul karena Anda merasa tidak berbakat untuk menjadi entrepreneur. Anda merasa tidak memiliki pengalaman sebagai modal dasar dalam berbisnis.

Ingatlah bahwa selalu ada yang pertama untuk segalanya. Sebagai pemula, optimislah dalam memulai bisnis pertama Anda. Jika Anda merasa awam dalam berbisnis, maka pelajarilah dunia bisnis.

Kumpulkan segala informasi tentang bisnis dari berbagai sumber referensi. Anda bisa mendapatkan informasi dari riset, buku, televisi, website, blog, seminar, dan lain-lain.

Terus perbanyak informasi agar pikiran Anda terbuka dan mendapatkan inspirasi. Semakin banyak ilmu bisnis yang Anda dapatkan, semakin percaya diri Anda untuk memulai bisnis sendiri.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Anda Hindari

2Mencari Mentor Bisnis yang Suportif

Memulai bisnis bagi pemula adalah pengalaman yang bikin deg-degan. Mempelajari teori tidaklah cukup. Supaya Anda tidak salah melangkah, cobalah cari mentor bisnis yang mau mendukung visi Anda.

Mentoring bisa Anda dapatkan melalui berbagai cara. Anda bisa mengikuti seminar entrepreneurship, bergabung di komunitas entrepreneur, dan mendaftarkan diri ke program mentoring bisnis.

Dengan memiliki mentor, Anda dapat lebih leluasa bertukar pikiran. Anda akan mendapatkan berbagai masukan yang berarti dari orang yang telah berpengalaman di dunia bisnis.

Baca Juga: 3 Hal yang Paling Disesali Pebisnis Saat Menjalankan Usaha

3Fokuslah pada Hal Positif dalam Berbisnis

gambar: successconsciousness.com

Pikirkan resiko terburuk dalam berbisnis supaya Anda bisa menyiapkan strategi yang ampuh untuk menjalankan bisnis Anda. Namun, jangan terlalu fokus memikirkan hal negatif tentang kegagalan.

Namun, fokuslah memikirkan hal-hal positif jika Anda menjalankan bisnis. Seperti target penghasilan yang ingin Anda raih, peluang sukses yang bisa terjadi, dampak produk bisnis Anda bagi masyarakat, dan sebagainya.

Hal-hal positif tersebut akan membuat Anda termotivasi dan menghilangkan keraguan dalam berbisnis. Anda pun akan bersemangat dalam merencanakan bisnis Anda.

Baca Juga: Tak Perlu Resign dari Kantor, Ini Tips Menjalankan Bisnis Sambil Kerja

4Siapkan Rencana Bisnis Cadangan

gambar: legalservicesincorporated.com

Seyakin-yakinnya Anda dengan ide dan konsep bisnis Anda, buatlah business plan lebih dari satu. Anda perlu membuat backup plan atau rencana candangan jika rencana awal tidak berjalan dengan baik.

Siapkan rencana cadangan sebagai bagian dari kewaspadaan. Sehingga jika nanti rencana awal Anda gagal, Anda akan lebih siap untuk bangkit dan memulai bisnis Anda kembali.

Baca Juga: 5 Masalah Wanita dalam Berbisnis yang Kerap Jadi Penghambat untuk Sukses

5Segera Mulai Bisnis Anda

Anda mungkin tidak akan dapat sepenuhnya menghilangkan keraguan dalam berbisnis. Namun, jangan kebanyakan berpikir tanpa bertindak. Segera siapkan semua keperluan untuk bisnis baru Anda. Kemudian luncurkan dan promosikan bisnis Anda ke masyarakat.

Anda akan lebih banyak belajar saat bisnis Anda sudah berjalan. Teruslah berjuang untuk tujuan Anda!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here