10 Kegiatan yang Berguna untuk Mengisi Waktu Luang Setelah Bekerja – Apa yang biasanya Anda lakukan setelah bekerja? Entah itu di malam hari setelah pulang dari kantor, di akhir pekan, atau di hari libur.

Setelah sibuk dengan rutinitas di kantor, Anda pasti ingin melakukan hal-hal yang menyenangkan hati. Terkadang, Anda memilih bermalas-malasan di rumah dan tidak melakukan apapun.

Baca Juga: 6 Cara Berubah Menjadi Lebih Baik dalam Bisnis dan Kehidupan

Namun, akan lebih baik jika Anda menghabiskan waktu luang dengan melakukan aktivitas yang berarti. Gunakan waktu Anda sebijaksana mungkin untuk hal-hal yang bermanfaat seperti beberapa kegiatan berikut ini.

Baca Juga: Beban Kerja yang Berat Akan Terasa Ringan Jika Anda Melakukan Ini

10 Kegiatan yang Berguna untuk Mengisi Waktu Luang

1Berolahraga

Bekerja membuat tubuh dan pikiran Anda lelah. Hal ini membuat banyak orang enggan berolahraga karena tidak mau semakin kelelahan. Padahal menurut penelitian, olahraga minimal 30 menit setiap hari dan 5 kali seminggu, dapat memperbaiki mood, mengurangi stres, dan menjaga kesehatan. Untuk itu, sempatkan diri berolahraga secara teratur demi hidup yang lebih baik.

2Ikut Kelas Tambahan

Gunakan waktu luang untuk memperluas wawasan sekaligus menambah networking. Ikuti kelas tambahan untuk menambah keterampilan Anda yang berguna bagi masa depan. Misalnya, kursus belajar bahasa asing, workshop digital marketing, pelatihan menulis, dan lain-lain.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Meningkatkan Produktivitas Kerja di Kantor

3Pergi ke Tempat yang Baru

Daripada hanya menghabiskan waktu di rumah atau pergi ke tempat yang sudah sering dikunjungi, cobalah Anda mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah Anda datangi. Seperti pergi ke museum, taman, dan kafe yang baru buka. Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang membuka pikiran Anda.

4Menikmati Pemandangan Alam

Pada akhir pekan atau hari libur nasional, gunakan waktu luang yang panjang tersebut untuk berlibur. Pergilah jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri. Nikmati pemandangan alam di daerah liburan Anda. Keindahan alam dapat membuat Anda lebih rileks dan mensyukuri kehidupan.

5Berkumpul dengan Orang Terdekat

Anda dapat mengisi waktu luang dengan berkumpul bersama keluarga, pasangan, dan sahabat. Selama Anda sibuk bekerja, perhatian Anda pada orang-orang terdekat pasti berkurang. Sehingga waktu luang merupakan kesempatan yang pas untuk menjalin keakraban dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Baca Juga: 5 Gejala Anda Mengalami Stres Kerja dan Harus Segera Istirahat

6Ikut Kegiatan Sosial

gambar: sathora.or.id

Indahnya jika Anda bisa belajar memberi dan melayani orang-orang yang kurang beruntung. Dengan mengikuti kegiatan sosial, hati Anda akan gembira saat melihat orang-orang yang Anda bantu tersenyum. Kebaikan sekecil apapun dapat mengubah hidup orang lain. Hidup Anda akan terasa bermakna saat Anda berbagi kebaikan dengan sesama.

7Membaca Buku

Anda bisa mempelajari dunia lewat membaca buku-buku berkualitas. Buku adalah jendela dunia yang dapat mengajarkan Anda banyak hal baru yang belum Anda ketahui. Wawasan Anda bertambah luas dan Anda dapat menemukan banyak inspirasi berharga untuk bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Buku untuk Pebisnis Online yang Perlu Anda Baca

8Menonton Film

gambar: risingbd.com

Menonton film bisa jadi kegiatan santai yang menyenangkan setelah bekerja. Cerita dalam film tidak hanya menghibur, tapi dapat memberikan edukasi. Pilihlah tontonan yang berkualitas agar Anda terhibur dan menemukan inspirasi yang bermakna. Anda bisa menonton di bioskop atau secara online. Terserah Anda.

9Salurkan Hobi

Waktu luang adalah saat yang tepat untuk menyalurkan hobi kembali. Kesibukan membuat Anda tidak sempat menjalankan hobi atau kegemaran Anda. Senangkan diri Anda dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Hobi dapat mengurangi stres dan meningkatkan kreativitas Anda.

Baca Juga: Lakukan 10 Hal Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Karyawan Anda

10Merawat Diri

gambar: groupon.com

Pekerjaan menguras tenaga dan mengurangi waktu istirahat Anda. Jadi, waktu luang menjadi kesempatan yang pas untuk Anda memanjakan diri. Istirahatlah yang cukup untuk memulihkan fisik yang lelah. Anda juga bisa merawat diri seperti dipijat atau pergi ke salon. Memanjakan diri Anda sendiri adalah cara mengisi waktu luang yang menyenangkan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

2 KOMENTAR

  1. Terimakasih mas bro atas artikel nya sangat membantu saya untuk menjadi lebih membuat waktu saya dikala waktu luang untuk lebih melakukan hal hal bermamfaat ­čśë

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.