Begini Cara Mengukur Kesuksesan Perusahaan Anda – Perusahaan biasanya dianggap sukses ketika sudah bisa menghasilkan keuntungan yang besar secara terus-menerus.

Memang anggapan tersebut tidak salah, tapi sebenarnya tidak ada ukuran yang paling akurat untuk mengukur kesuksesan suatu bisnis. Terserah Anda dalam menilai keberhasilan perusahaan Anda.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Atasi Bisnis yang Mandek

Namun, supaya Anda dapat mengevaluasi pencapaian perusahaan dengan lebih baik, Anda jangan hanya berpatokan pada keuntungan dalam bentuk materi saja. Ada hal-hal lain yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan.

Nah, berikut beberapa kriteria pengukuran kesuksesan perusahaan yang perlu Anda ketahui.


5 Cara Mengukur Kesuksesan Perusahaan

1Tujuan Perusahaan Tercapai

tujuan bisnis

Anda bisa mengevaluasi keberhasilan perusahaan dengan memperhatikan apa saja hal yang sudah dicapai selama ini. Apakah pencapaian tersebut telah sesuai dengan harapan yang sudah ditetapkan?

Perusahaan Anda tentu memiliki visi yang ingin dicapai. Setiap hal yang dikerjakan pasti punya tujuan di baliknya.

Maka pastikan Anda selalu bekerja sesuai dengan tujuan, karena tujuan tersebut yang akan membuat perusahaan Anda bisa terus maju ke depan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Jika Bisnis Anda Sudah “Go Online”

2Keuntungan Meningkat

Dalam mengukur kesuksesan perusahaan, Anda bisa menilainya dari perspektif finansial. Coba cek laporan keuangan untuk melihat apakah keuntungan perusahaan Anda mengalami peningkatan atau tidak.

Jika keuntungan meningkat, berarti Anda berhasil mengurangi biaya dan meningkatkan penjualan. Sehingga uang kas perusahaan pun menjadi bertambah banyak.

Dengan begitu, modal untuk mengembangkan perusahaan lebih terjamin. Bisnis Anda bisa dipastikan dapat bertahan lama jika keuntungannya terus meningkat.

Baca Juga: 5 Trik Keuangan yang Bisa Bikin Kehidupan Anda Lebih Bahagia

3Bisnis Berkembang

jenis pekerjaan yang cocok untuk anda sebelum berwirausaha

Berbisnis itu ibarat merawat seorang anak. Anda perlu merawatnya, membantunya melewati masalah, dan membesarkannya agar kian berkembang.

Maka dari itu, coba cek bagaimana kondisi perusahaan Anda sekarang dibandingkan pada saat Anda memulainya. Apakah masih begitu-begitu saja atau ada perkembangan yang signifikan?

Jika perusahaan Anda tidak mengalami perubahan, maka tidak ada proses perbaikan selama bisnis berjalan. Tidak ada kemajuan yang berarti, meskipun sudah ada keuntungan yang didapat.

Baca Juga: 10 Faktor yang Menyebabkan Perusahaan Bangkrut

4Karyawan Berkualitas

kiat membentuk tim impian untuk startup anda

Jika employee turnover atau pergantian karyawan jarang terjadi, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan Anda berhasil mensejahterakan dan memberdayakan karyawan dengan baik.

Namun, jika banyak karyawan yang sering keluar atau mengundurkan diri, bisa jadi perusahaan Anda bukan tempat yang nyaman. Akibatnya, Anda akan sulit memiliki dan mempertahankan karyawan yang berkualitas.

Maka dari itu, ciptakan lingkungan bisnis yang sehat dan bersahabat. Perlakukan karyawan secara profesional dan menyenangkan, sehingga karyawan bisa betah dan bekerja dengan maksimal.

Baca Juga: Tips Agar Hubungan Anda dengan Partner Bisnis Tetap Terjaga

5Kepuasan Pelanggan

Perusahaan Anda bisa dibilang sukses jika sudah memiliki banyak pelanggan tetap. Pelanggan yang loyal itu dibutuhkan agar pemasukan bisa cenderung stabil setiap bulannya.

Namun, akan lebih pasti jika Anda melakukan survei untuk mencari tahu seberapa puas pelanggan terhadap produk atau layanan Anda. Kepuasan pelanggan sangat menentukan bagaimana kinerja perusahaan Anda.

Jika kepuasan pelanggan terus meningkat, berarti bisnis Anda terus menunjukkan kemajuan. Anda sudah punya basis pelanggan yang akan terus kembali, sehingga Anda tinggal berusaha mempertahankan mereka dan juga menambah pelanggan baru untuk menumbuhkan bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Mempelajari Kompetitor Bisnis Anda


Nah, itulah cara-cara mengukur kesuksesan perusahaan. Jadi, kriteria keberhasilan tidak hanya berkaitan dengan uang. Namun, ada berbagai hal lainnya yang juga menjadi penentu seberapa sukses bisnis yang Anda jalankan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.