Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Menimbulkan Masalah dalam Bisnis Anda – Ada hal-hal yang secara diam-diam dapat menghancurkan bisnis Anda.

Mungkin Anda tidak menyadarinya. Anda merasa telah menjalankan bisnis Anda dengan cara yang baik dan benar setiap hari.

Baca Juga: 6 Hal yang Dapat Menjadi Penghambat Kesuksesan Anda

Namun, jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa saja menghadapi masalah yang tak terduga. Anda tidak merasa melakukan kesalahan, tapi ternyata masalah yang besar timbul dan menggagalkan usaha Anda.

Maka dari itu, hindari hal-hal yang tanpa Anda sadari dapat menyebabkan masalah dalam bisnis Anda berikut ini.

Baca Juga: Cara Menerapkan Analisis Kompetitif untuk Bisnis Anda


5 Hal yang Tanpa Disadari Menimbulkan Masalah dalam Bisnis

1Terlalu Gila Kerja

Seorang pebisnis harus bekerja keras. Tapi jangan terlalu gila kerja hingga lupa waktu, seperti bekerja terus dari pagi sampai malam, bahkan weekend pun tetap bekerja.

Jika Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda saja, Anda akan menjalani kehidupan yang tidak seimbang. Anda akan lupa beristirahat dan bahkan bisa jatuh sakit.

Masalah dalam keluarga dan dengan orang-orang terdekat Anda juga bisa terjadi. Hal ini dapat membuat Anda semakin stres, dan akibatnya berdampak pada bisnis Anda.

Ingat, Anda juga perlu memperhatikan sisi kehidupan Anda di luar bisnis. Karena kehidupan personal yang hancur juga dapat berdampak buruk pada bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Orang yang Gila Kerja, Apakah Anda Termasuk?

2Tidak Mau Menerima Kritik

gambar: communitycare.co.uk

Anda tidak selalu benar. Memang kritik dari orang lain juga tidak selalu benar. Tapi bukan berarti Anda sama sekali mengabaikan kritikan.

Cepat atau lambat, masalah akan muncul jika Anda tidak suka menerima masukan. Orang lain akan menjauhi Anda, klien tidak mau lagi bekerja sama, konsumen pun akan membenci Anda.

Karena sikap anti kritik akan membuat Anda menjadi tinggi hati dan tidak mau memperbaiki kekurangan. Akibatnya, Anda tidak menyadari kesalahan yang perlahan menjadi masalah besar dalam bisnis Anda.

Baca Juga: 3 Hal yang Jangan Diucapkan Jika Anda Ingin Sukses Berbisnis

3Kebanyakan Bicara

Orang-orang akan lebih respek terhadap Anda karena perbuatan Anda, bukan hanya perkataan Anda. Anda boleh banyak bicara, tapi tunjukkan juga hasil yang sesuai dengan ucapan Anda.

Jika tidak, maka Anda akan dianggap sebagai pembual. Setiap hal yang Anda sampaikan dianggap sebagai omong kosong belaka. Orang lain tidak akan lagi percaya pada Anda.

Tentu saja, hal ini akan menjadi masalah. Karena citra Anda yang jelek dapat berdampak buruk terhadap citra bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Tips Agar Anda Bisa Bangkit dari Kegagalan Bisnis

4Jejak Digital

Media sosial dapat menimbulkan masalah. Anda boleh saja aktif menggunakan layanan media sosial apapun. Tapi sebelum Anda memposting sesuatu, pikirkanlah dengan bijaksana.

Jangan sampai Anda membagikan hal-hal yang tidak baik, karena jejak digital itu kejam dan dapat menjadi konsumsi publik. Jika postingan Anda tersebut viral, maka orang-orang akan mengulik segala informasi tentang Anda.

Bahkan bisnis Anda pun akan disoroti. Sehingga banyak orang pasti tidak akan menaruh respek pada Anda dan menghindari bisnis Anda.

Baca Juga: Bisnis Anda Dapat Ulasan Negatif di Internet? Ini Tips Mengatasinya

5Zona Nyaman

Saat bisnis Anda sedang jaya, janganlah terlena dan membuat Anda terjebak dalam zona nyaman. Namun, tetaplah mencari inspirasi untuk menghasilkan hal yang baru dalam bisnis Anda.

Contohnya, perusahaan Google yang terus melakukan inovasi, sehingga masih tetap relevan hingga zaman sekarang, bahkan menjadi kerajaan bisnis raksasa di bidang teknologi dunia.

Berbeda dengan Yahoo yang kurang berinovasi dan takut keluar dari zona nyaman. Akhirnya, bisnisnya mengalami kemunduran dan kejatuhan. Ini menjadi pembelajaran bahwa berbisnis di zona nyaman bukan berarti aman-aman saja.

Baca Juga: 5 Cara yang Baik untuk Mengatasi Penyesalan dalam Bisnis


Nah, itulah hal-hal yang tanpa disadari dapat menimbulkan masalah dalam bisnis Anda. Mulai sekarang, perhatikan cara kerja Anda. Terus lakukan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan.

Akhir kata, semoga bisnis Anda terhindar dari masalah apapun yang dapat menghancurkan usaha Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.