6 Cara Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah –Ā Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat banyak bisnis skala kecil dan menengah tidak mampu bertahan lama.

Bisnis dengan modal yang besar cenderung lebih unggul karena mempunyai modal yang cukup untuk melakukan promosi. Sedangkan usaha kecil menengah (UKM) tidak banyak yang bisa menguasai pasar.

Baca Juga: Alasan Kenapa Pebisnis Pemula Sering Mengalami Kegagalan

Bersaing dengan bisnis yang lebih besar tentu merupakan hal yang menakutkan bagi para pelaku UKM. Namun, Anda jangan terlalu berkecil hati karena UKM pun bisa berkembang jika mampu menaikkan daya saingnya.

Nah, berikut hal-hal yang perlu dilakukkan untuk meningkatkan daya saing bisnis Anda.


6 Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis

1Ciptakan Produk yang Unik

presentasi produk baru - produk terbaru

Produk Anda harus unik agar tidak berumur pendek. Keunikan tidak hanya membuat produk Anda berbeda dari yang lain, tapi juga menambah nilai jual, sehingga Anda bisa mematok harga yang lebih tinggi.

Jika produk Anda mahal, Anda bisa menghasilkan margin keuntungan yang lebih besar. Uang yang lebih bisa meningkatkan modal untuk mengembangkan bisnis Anda ke depannya.

Baca Juga: 7 Tips Agar Bisnis Cepat Untung Walau Baru Dimulai

2Jalankan Pemasaran Online

keuntungan jika bisnis sudah go online

Banyak usaha kecil menengah yang belum menjalankan pemasaran secara digital. Padahal, zaman yang telah modern mengharuskan Anda untuk ā€œgo onlineā€ supaya bisnis Anda lebih mampu bersaing.

Maka dari itu, lakukan penjualan melalui internet. Mulailah memasarkan produk Anda di media sosial, website marketplace, hingga membuat website toko online Anda sendiri.

Baca Juga: 5 Keuntungan Jika Bisnis Offline Anda Sudah Go Online

3Ikuti Perkembangan Tren

tren bisnis - tren produk - tren penjualan

Saat ada tren yang baru, di situlah ada peluang baru yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Anda perlu segera merespons permintaan pasar dengan menyediakan produk yang sedang hits di kalangan masyarakat.

Dengan mengikuti perkembangan tren, Anda bisa selalu menyediakan kebutuhan masyarakat yang berubah-ubah. Bisnis Anda akan selalu relevan dan terus dicari oleh konsumen.

Baca Juga: Kiat-Kiat untuk Mempertahankan Pertumbuhan Bisnis

4Lakukan Inovasi yang Menarik

Tanpa inovasi, cepat atau lambat bisnis Anda akan ditinggalkan. Anda harus membuat gebrakan baru. Perubahan diperlukan agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk yang itu-itu saja.

Namun pastikan inovasi Anda itu menarik dan dapat menjawab kebutuhan konsumen yang selama ini belum pernah ditawarkan oleh bisnis lain, sehingga bisnis Anda akan menciptakan tren yang baru dan tidak hanya sekadar mengikuti tren saja.

Baca Juga: 5 Tips Agar Anda Tak Kehabisan Ide untuk Kembangkan Bisnis

5Perlakukan Pelanggan dengan Baik

sejarah hari pelanggan nasional harpelnas tanggal 4 september

Dalam meningkatkan daya saing, Anda harus memperlakukan pelanggan dengan baik.Ā Pelanggan adalah sumber penghasilan bisnis Anda. Jika pelanggan meningkat, penghasilan bertambah, begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu, layani setiap pelanggan secara profesional dan penuhi permintaan mereka. Perhatikan kepuasan pelanggan, karena keberadaan mereka akan menjamin keberlangsungan usaha Anda ke depannya.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Anda Bisa Merebut Hati Konsumen

6Belajar Manajemen Bisnis

bidang manajemen bisnis
gambar: aiming.in

Anda harus menguasai manajemen bisnis. Usaha kecil menengah juga perlu memiliki manajemen bisnis yang baik agar semua lini dalam bisnis Anda dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan berhasil mencapai tujuan.

Manajemen bisnis sendiri mencakup beberapa hal, di antaranya manajemen sumber daya manusia, produksi, keuangan, pemasaran, dan informasi. Pelajari semuanya, sehingga Anda dapat mengelola operasional bisnis secara lebih profesional.

Baca Juga: Begini Cara Mengukur Kesuksesan Perusahaan Anda


Nah, itulah cara-cara meningkatkan daya saing usaha kecil menengah. Semoga dapat menjadi tips yang bermanfaat bagi para pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.