Pertimbangkan 9 Hal Ini Sebelum Anda Menjadi Solopreneur – Apakah Anda tahu apa itu solopreneur? Solopreneur adalah istilah untuk orang yang menjalankan usaha seorang diri.

Seorang solopreneur tidak memiliki tim dan membangun bisnisnya sendirian. Jika Anda adalah pebisnis atau pemilik usaha yang menjalankan bisnis tanpa partner atau karyawan, maka berarti Anda termasuk solopreneur.

Baca Juga: Sebelum Resign dan Buka Usaha Sendiri, Pikirkan Dulu 8 Hal Ini Baik-baik

Namun, solopreneur berbeda dengan entrepreneur yang membangun sistem pada bisnisnya. Contohnya, jika seorang entrepreneur sedang berlibur, maka bisnisnya masih bisa berjalan karena ada karyawan kepercayaan yang akan mengurusnya.

Sedangkan saat seorang solopreneur berlibur, maka bisnisnya akan tutup sementara. Sebab dia bekerja sebagai sistemnya. Tanpa keberadaannya, bisnisnya tidak bisa berjalan.

Baca Juga: 5 Alasan Berbisnis yang Kurang Tepat dan Tidak Sesuai Realita

Akan tetapi, berbisnis sendirian tidak selalu buruk. Anda pun bisa sukses membangun usaha sebagai solopreneur. Berikut tips sukses yang bisa Anda terapkan.


9 Tips Menjadi Solopreneur yang Sukses

1Harus Yakin dengan Keputusan

Pastikan Anda yakin dengan keputusan Anda. Tidak semua jenis bisnis cocok untuk dijalankan secara solo. Terutama bisnis berskala besar yang sistem pengelolaannya begitu kompleks.

Kecuali, jika Anda merasa lebih bebas jika mengurus bisnis sendirian. Sebab solopreneur biasanya merasa lebih bahagia jika bekerja sendirian tanpa harus menghabiskan waktu mengatur karyawan.

Baca Juga: 5 Ketakutan dalam Berbisnis yang Harus Dilawan Sebelum Bisnis Dimulai

2Harus Siap Mengorbankan Penghasilan

Ini adalah salah satu kelemahan solopreneur. Solopreneur harus siap untuk mengorbankan penghasilan, karena keuntungan yang didapatkan tidak bisa sebesar bisnis lain yang dibangun bersama tim.

Sebagai satu-satunya orang yang bekerja, Anda cuma bisa mengandalkan diri Anda sendiri. Makanya, bisnis Anda akan sulit berkembang seperti bisnis lain yang dibangun bersama tim.

Baca Juga: Jangan Mudah Percaya! Ini 5 Mitos Anggaran Keuangan yang Tidak Perlu Anda Dengarkan

3Harus Siap untuk Berjuang Sendirian

Menjadi solopreneur rentan mengalami kejenuhan.. Anda jadi stres sendiri, karena tidak ada rekan untuk berbagi. Untuk itu, Anda harus siap berjuang sendirian.

Inilah risiko berbisnis yang terlalu independen. Terutama saat ada masalah, mau tak mau Anda harus mencari dukungan dari orang lain, seperti keluarga, sahabat, atau teman pebisnis Anda.

Baca Juga: 7 Cara Membangkitkan Semangat Kerja yang Menurun

4Miliki Manajemen Waktu yang Baik

Jam kerja Anda fleksibel. Anda bebas mengatur kapan dan berapa lama Anda bekerja, karena hampir semua aktivitas Anda lakukan sendiri.

Untuk itu, penting sekali memiliki manajemen waktu yang baik. Sehingga Anda dapat melakukan setiap pekerjaan dengan maksimal, terutama saat aktivitas bisnis Anda sedang padat.

Baca Juga: 24 Jam Sehari Tak Cukup? Coba Lakukan 7 Tips Manajemen Waktu Ini

5Berani dan Cepat Mengambil Keputusan

Tidak ada rekan bisnis untuk berdiskusi. Anda memikirkan sendiri segala keputusan. Terkadang, Anda bisa ragu-ragu sehingga lambat untuk memutuskan sesuatu.

Namun, seorang soloprenur harus berani dan cepat mengambil keputusan. Jika Anda melihat ada peluang, maka segera mengambil sikap. Sehingga bisnis Anda bisa berkembang, meskipun Anda berjuang sendirian.

Baca Juga: Pebisnis Harus Memiliki 8 Ciri-ciri Pekerja Keras Berikut Ini

6Banyak Hal yang Perlu Anda Pelajari

Biasanya, solopreneur akan memulai usaha sesuai dengan bidang yang dikuasainya. Jika Anda menguasai dunia kuliner, maka Anda akan berbisnis makanan atau minuman.

Namun, kemampuan atau skill Anda yang lain juga perlu dimiliki, karena semuanya Anda yang kerjakan sendiri. Seperti kemampuan pemasaran dan akuntansi yang penting dalam bisnis apapun.

Baca Juga: Jangan Takut Memulai Usaha Meski Anda Tak Punya Pengalaman

7Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Anda bekerja seorang diri, sehingga Anda akan kerepotan jika mengerjakan segala hal secara manual. Untuk itu, Anda butuh teknologi yang memudahkan.

Misalnya, Anda bisa gunakan software akuntansi untuk mengatur arus kas keuangan dan menggunakan suatu aplikasi untuk mencatat jadwal harian Anda.

Baca Juga: Mengenal 7 Model Bisnis Website E-commerce dan Contohnya

8Jalani Kehidupan dengan Seimbang

Hidup Anda tidak hanya soal bisnis. Jangan terisolasi dari dunia luar sepenuhnya. Namun, Anda perlu memperhatikan aktivitas-aktivitas lain yang juga tak kalah pentingnya.

Seperti aktivitas bersama keluarga, pasangan, dan sahabat. Anda perlu memiliki waktu untuk mereka, agar kehidupan personal dengan bisnis dapat berjalan seimbang.

Baca Juga: Kenapa Orang Bisa Sukses, Sedangkan Anda Tidak? Ini Alasannya

9Bergabung dengan Komunitas Pebisnis

Walau Anda adalah seorang solopreneur yang independen, Anda juga butuh komunitas yang memberikan Anda inspirasi dan dapat menguatkan. Jangan benar-benar menghindari interaksi dengan orang lain, tapi Anda juga butuh networking.

Untuk itu, bergabunglan dengan komunitas pebisnis di kota Anda. Aktiflah menghadiri acara komunitas, agar Anda punya banyak kenalan dan pikiran Anda semakin terbuka.

Baca Juga: Jangan Takut Rugi Berbisnis! Jika Anda Khawatir, Coba 5 Tips Jitu Ini


Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan jika mau menjadi solopreneur yang sukses. Jika Anda yakin untuk berbisnis sendirian, maka coba jalani saja dulu. Sebab mungkin saja jalan hidup sebagai solopreneur adalah yang terbaik untuk diri Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.