6 Tips Jitu Menjaga Hubungan Baik dengan Klien – Menjaga relasi yang baik dengan klien akan membuat kerja sama dapat terus berlanjut.

Kepuasan klien harus diperhatikan. Kenyamanan klien harus diusahakan. Lakukan yang terbaik untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan klien sesuai yang diharapkannya.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Ini Agar Meeting dengan Klien Tak Berakhir Sia-sia

Namun, pasti akan banyak kendala dan konflik saat membangun kerja sama dengan klien. Tidak mudah untuk melayani semua kemauan klien yang rumit dan kerap berubah-ubah.

Sehingga banyak orang kesulitan untuk mempertahankan hubungan yang baik dengan klien. Akibatnya, relasi bisnis pun tidak dapat bertahan lama dan hanya sebentar.

Baca Juga: 6 Langkah yang Tepat untuk Membereskan Keluhan Konsumen

Nah, bagi Anda yang mengalaminya, coba terapkan tips berikut ini agar Anda dapat membina hubungan yang baik dengan klien-klien Anda.


6 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

1Buat Kontrak Tertulis yang Jelas

Kesepakatan kerja sama jangan hanya dalam pembicaraan saja. Pastikan ada kontrak tertulis yang jelas agar Anda maupun klien dapat memahami isi perjanjian dengan baik.

Kontrak perlu ditandatangani sebelum kerja sama dimulai. Hal ini penting demi terjaganya profesionalitas antara kedua pihak dan juga kelancaran kerja sama dari awal hingga akhir.

Baca Juga: Strategi yang Perlu Dilakukan Saat Bisnis Mulai Berjalan

2Kenali Karakter Klien

Anda tidak bisa melakukan pendekatan dengan cara yang sama pada setiap klien. Sebab setiap orang punya karakter yang unik dan berbeda-beda.

Maka dari itu, pelajari karakter klien dengan baik. Sehingga Anda tahu cara yang tepat untuk melakukan komunikasi dengannya dan membuatnya nyaman saat bertemu Anda.

Baca Juga: 6 Cara Sederhana untuk Belajar Bisnis

3Jaga Komunikasi

Dalam menjaga hubungan baik dengan klien, perlu adanya koordinasi yang baik agar tidak terjadi miss communication. Anda perlu mengomunikasi segala hal yang berhubungan dengan bisnis, baik itu melalui pertemuan langsung atau via online dan telepon.

Seperti rajin memberikan update terbaru agar klien tahu sejauh mana progres yang dikerjakan. Bahas juga kendala yang terjadi agar klien mengerti dan bantu memberikan solusi.

Baca Juga: 7 Cara Berkomunikasi yang Baik di Lingkungan Bisnis

4Dengarkan Pendapat Klien

Klien pasti banyak maunya, karena mereka sudah membayar mahal dan ingin Anda memberikan pelayanan yang terbaik sesuai kesepakatan. Makanya wajar jika mereka akan banyak memberikan masukan kepada Anda.

Bahkan mungkin pendapat klien mengganggu Anda. Tapi Anda harus tetap bersikap ramah dan mencoba mengerti maksud mereka, lalu mendiskusikannya hingga didapatkan win-win solution.

Baca Juga: 4 Metode untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan

5Tepati Janji Anda

Sangat sulit membuat orang percaya, tapi sangat mudah membuat orang kecewa. Klien sudah mempercayai Anda dan menunggu Anda merealisasikan setiap perkataan Anda.

Untuk itu, Anda harus membuktikan janji-janji Anda. Jangan buat mereka mendapatkan pengalaman yang buruk dan berujung pada pemutusan hubungan kerja sama.

Baca Juga: 5 Sikap Pemimpin Perusahaan Ini Mampu Meningkatkan Penjualan

6Berikan yang Lebih dari Ekspektasi Klien

Klien akan sangat menghargai usaha Anda. Apalagi jika Anda memberikan hasil yang lebih dari ekspektasinya, klien pasti akan sangat terkesan dan reputasi bisnis Anda jadi naik di mata klien.

Memberikan pengalaman yang luar biasa tersebut, akan sangat ampuh untuk mempertahankan hubungan kerja sama. Sehingga mereka pasti akan mau terus menggunakan produk atau layanan Anda.

Baca Juga: 4 Alasan Lebih Baik Memulai Usaha Tanpa Rekan


Nah, itulah tips untuk menjaga hubungan baik dengan klien. Semoga dapat bermanfaat untuk membantu Anda dalam membina relasi dalam jangka panjang dengan setiap klien bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.