4 Tips Menjalin Cinta Ini Bisa Diterapkan dalam Memulai Bisnis – Bagi Anda yang bingung mengenai cara untuk memulai sebuah bisnis, Anda bisa membayangkan saat Anda sedang membangun hubungan percintaan.

Mungkin terdengar konyol, tapi kondisi dalam berbisnis itu mirip saat Anda sedang mencintai seseorang. Maka dari itu, tips menjalin cinta bisa juga diterapkan dalam memulai bisnis.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis yang Menarik untuk Pasangan Suami-Istri

Bagi Anda yang pernah jatuh cinta pasti akan memahami maksudnya. Namun, jika Anda bingung, simaklah penjelasan berikut ini.


Memulai Bisnis Itu Mirip Saat Anda Menjalin Cinta

1Dimulai dari Rasa Suka

ide bisnis yang menarik untuk pasangan suami istri

Hal pertama yang harus ada saat Anda ingin berpacaran ialah rasa suka. Jatuh cinta dimulai dari ketertarikan dengan pasangan Anda. Dari rasa suka, Anda akan melakukan pendekatan dan berusaha untuk memahami dirinya.

Begitu pula dalam memulai bisnis, Anda harus tertarik dengan bisnis yang ingin dijalankan. Dengan begitu, Anda pasti akan bersemangat untuk mencari tahu tentang dunia bisnis yang akan ditekuni.

Anda pun akan dengan senang hati mengerjakan bisnis Anda karena Anda memang menyukainya. Semuanya terasa membahagiakan, walau Anda tahu itu tidak mudah.

Baca Juga: 7 Tips Membangun Bisnis Bersama Pasangan Secara Profesional

2Harus Menyiapkan Diri

rencana keuangan - strategi investasi - strategi keuangan - rencana investasi - sebelum berinvestasi - mulai berinvestasi - investasi - biaya hidup pasangan muda

Menyukai pasangan itu tidak cukup untuk Anda membangun hubungan yang serius. Anda juga perlu menyiapkan diri agar Anda bisa menemukan kecocokan dan lebih siap dalam menjalin cinta yang penuh dengan tantangan.

Begitu pula dalam berbisnis. Sebelum Anda memulainya, pastikan diri Anda siap. Anda tidak bisa mengandalkan passion saja, karena sukses itu butuh berbagai persiapan.

Mulailah dari jujur pada diri sendiri. Pilih bisnis yang sesuai dengan potensi diri, sehingga Anda lebih mampu untuk memperjuangkannya karena Anda sudah memiliki keterampilan yang dibutuhkan.

Baca Juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha Sukses yang Wajib Dimiliki

3Tetapkan Target yang Ingin Dicapai

bisnis wedding organizer untuk pasangan suami istri

Dalam membangun hubungan, Anda tidak bisa asal-asalan. Menjalin cinta bukanlah permainan, melainkan komitmen jangka panjang. Makanya, Anda perlu memiliki target yang ingin dicapai dengan pasangan.

Misalnya, Anda ingin keliling dunia dengan kekasih Anda, tahun depan Anda akan menikah, memiliki dua orang anak, dan sebagainya. Begitu juga dalam berbisnis, Anda harus punya target ke depannya.

Dengan adanya target, Anda bisa merencanakan bisnis dengan baik. Anda akan melakukan berbagai hal agar target itu bisa tercapai, sehingga bisnis Anda terus mengalami kemajuan.

Baca Juga: 12 Hobi yang Menghasilkan Uang dan Cocok untuk Anak Muda

4Sabar dengan Risikonya

sukses membangun bisnis bersama pasangan secara profesional

Setiap pasangan pasti memiliki masalah dalam hubungannya. Ada risiko yang akan ditanggung, seperti pasangan Anda akan melakukan kesalahan dan membuat Anda kecewa.

Supaya hubungan bisa langgeng, tentunya butuh kesabaran agar Anda dapat move on dari hal-hal buruk yang terjadi. Jika tidak, Anda pasti akan memilih mengakhiri hubungan yang sudah susah payah diperjuangkan.

Begitu pula dalam berbisnis, ada risiko-risiko yang akan Anda hadapi. Bisnis bisa rugi hingga gagal. Namun, Anda sendiri yang menentukan nasib ke depannya.

Jika Anda tidak sabar, Anda akan cepat menyerah. Anda akan terus meratapi pengalaman buruk yang terjadi, sehingga Anda akan takut untuk mencoba berusaha kembali.

Baca Juga: Hati-Hati Memulai Bisnis dengan Pacar, Ini 3 Risikonya!


Nah, seperti itulah penjelasannya. Jadi, cara untuk berbisnis itu mirip saat Anda sedang menjalin cinta. Semoga Anda dapat memahami maksudnya dan juga menerapkannya saat Anda memulai bisnis. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.