Menjelang Ramadhan, Pebisnis Muslim Harus Memperhatikan 5 Hal Ini – Sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Umat beragama Islam di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa selama satu bulan.

Sebagai pebisnis yang muslim, apa yang sudah Anda persiapkan untuk merayakan Ramadhan? Anda perlu menyambut kedatangannya dengan mempersiapkan diri agar Anda dapat beribadah, berpuasa, dan juga berbisnis dengan lancar.

Baca Juga: Dalam Menyambut Bulan Ramadhan, Pebisnis Perlu Melakukan 7 Hal Ini

Pada bulan penuh berkah nan suci ini, percayalah rahmat dari Allah SWT akan berlimpah. Rezeki akan dimudahkan dan kebaikan Anda akan dilipatgandakan oleh-Nya.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang muslim, sambutlah bulan yang sangat istimewa ini sebaik mungkin. Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memasuki bulan Ramadhan.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan, Ayo Dicoba!


5 Hal Penting Menjelang Ramadhan Bagi Pebisnis Muslim

1Memiliki Niat

Menjalankan ibadah dan puasa memerlukan niat yang sepenuh hati. Tidak mudah untuk berpuasa setiap hari selama sebulan penuh, apalagi sambil menjalankan aktivitas pekerjaan yang begitu padat.

Untuk itu, Anda perlu mendorong diri sendiri untuk memiliki niat yang sungguh-sungguh. Berjanjilah di hadapan-Nya bahwa Anda akan serius dalam menunaikan kewajiban di bulan suci ini.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memulai Bisnis di Bulan Puasa Ramadhan

2Kesehatan Fisik

Selama bulan puasa, pola makan akan berubah drastis. Anda tidak lagi sarapan pagi, tapi akan sahur saat subuh. Anda tidak lagi makan siang, tapi harus menunggu sekitar jam 6 malam untuk berbuka puasa.

Perubahan ini akan membuat tubuh menjadi kaget. Fisik bisa menjadi lemah selama bekerja. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan kesehatan fisik Anda agar Anda tetap kuat saat berpuasa dan tidak sakit.

Baca Juga: 9 Tips Menjaga Work-Life Balance Agar Anda Bisa Sukses dan Bahagia

3Kesehatan Psikis

gambar: forbes.com

Selain fisik, kesehatan psikis juga penting. Sebab berpuasa tidak hanya soal menahan rasa lapar dan haus, tapi juga menahan godaan.

Apalagi selama bekerja, Anda akan diuji saat bertemu klien atau pelanggan yang cerewet, dan karyawan atau bawahan yang susah diatur. Anda perlu menyiapkan jiwa yang sabar dan tetap menjaga sikap Anda yang baik.

Baca Juga: 7 Tips Kepemimpinan yang Baik dalam Lingkungan Bisnis

4Perlengkapan Ibadah

Menjelang Ramadhan, pastikan Anda sudah menyiapkan semua perlengkapan ibadah di kantor maupun di rumah. Seperti kitab suci Alquran, sajadah, sarung, mukena, baju muslim, dan sebagainya.

Ingat, Anda wajib menjalankan ibadah yang rutin dengan sepenuh hati. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa alat-alat untuk beribadah tersedia dan masih layak pakai, agar Anda mudah menjalankannya.

Baca Juga: 5 Langkah Mengelola Keuangan Bulanan Agar Bisa Berbisnis dan Mapan

5Dana Tambahan

Selama Ramadhan, Anda akan memerlukan cukup banyak dana tambahan. Anda akan berzakat. Anda akan bersedekah dengan memberi barang atau uang untuk orang-orang yang tidak mampu.

Anda juga mungkin ingin berbagi dengan orang-orang di kantor dengan mentraktir buka puasa bersama. Belum lagi dana untuk persiapan menyambut Idul Fitri atau Lebaran.

Meski akan banyak pengeluaran, tapi kebaikan Anda akan diperhitungkan oleh Allah. Rezeki pasti akan selalu ada dan bisnis akan dilancarkan oleh-Nya.

Baca Juga: Jangan Heran, Ini 5 Alasan Kenapa Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa


Nah, itulah hal-hal penting yang perlu diperhatikan oleh pebisnis yang muslim saat menjelang Ramadhan. Kiranya, bulan puasa kali ini dapat berjalan dengan lancar, bisnis tetap berjalan sesuai harapan, dan Anda menjadi pribadi yang lebih baik.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.