8 Tanda Anda Punya Mental yang Lemah dan Tak Cocok Berbisnis – Siapa saja bisa berbisnis, tapi belum tentu semua orang siap dan bisa menjalankannya dengan baik.

Dalam berbisnis, tidak cukup hanya mempunyai modal usaha, ide bisnis, dan keahlian. Anda juga harus bermental baja agar Anda sanggup mengelola bisnis Anda hingga berhasil.

Baca Juga: Kenapa Orang Bisa Sukses, Sedangkan Anda Tidak? Ini Alasannya

Tanpa mental yang kuat, Anda akan kesulitan untuk bertahan. Anda akan cepat menyerah dan akhirnya gagal di tengah jalan.

Maka dari itu, penting sekali untuk memperkuat mental Anda dan pastikan mental-mental lemah berikut ini tidak ada dalam diri Anda.

Baca Juga: 8 Tips Agar Anda Bisa Sukses Memimpin Perusahaan


8 Mental yang Lemah Ini Harus Anda Hilangkan

1Minder

gambar: careerbuilder.com

Butuh kepercayaan diri yang baik untuk menjalankan bisnis. Jika Anda minder, Anda akan sering berpikiran negatif. Anda lebih fokus melihat kekurangan daripada kelebihan pada bisnis Anda.

Akibatnya, Anda tidak yakin sepenuhnya bahwa produk atau layanan Anda akan diterima konsumen. Langkah-langkah Anda dibayangi keraguan dan membuat Anda tidak maksimal dalam mengerjakan apapun.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Membuat Stres

2Malas

gambar: baldwinsuccesscoaching.com

Ada banyak orang yang berbisnis dan bekerja lebih giat. Persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Anda tidak akan sanggup melawan kompetitor Anda jika Anda bermental malas.

Contohnya, jika Anda kerap menunda pekerjaan dan bekerja dengan lambat, maka orang lain akan lebih dulu meraih tujuannya. Sedangkan Anda akan ketinggalan dan akhirnya sulit mengejar kesuksesan orang lain.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Pemimpin yang Berintegritas Tinggi di Lingkungan Bisnis

3Gengsi

gambar: theconversation.com

Semua pebisnis sukses melewati banyak proses dan tidak malu untuk terlihat tidak bisa. Namun, mereka mau belajar dari nol, sehingga yang dulunya bukan siapa-siapa dan tidak tahu apa-apa, akhirnya bisa mengetahui dan menguasai banyak hal.

Sedangkan jika Anda orangnya suka gengsi, maka Anda akan sulit untuk mempelajari hal baru dan memperbaiki kekurangan. Anda tidak mau belajar dari pengalaman dan masukan orang lain.

Baca Juga: 8 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Pengusaha yang Cerdas

4Egois

Apakah Anda terlalu fokus dengan diri sendiri? Jika Anda egois dan selalu mementingkan diri sendiri, maka Anda akan terlihat buruk di mata orang lain dan akan kesulitan untuk membangun kerja sama dengan siapapun.

Karyawan maupun klien Anda pasti tidak akan menyukai Anda. Tidak ada orang yang akan tahan untuk berbisnis dan bekerja sama dengan Anda untuk jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: Anda Tidak Akan Sukses Jika Masih Melakukan 11 Hal Ini

5Pesimis

gambar: entrepreneur.com

Orang yang memiliki mental yang lemah akan cenderung pesimis dan mudah kehilangan harapan. Jika Anda pesimis, bagaimana mungkin Anda akan sanggup mengatasi masa-masa sulit ketika berbisnis?

Keyakinan Anda menjadi cepat goyah disaat masalah terjadi. Padahal, belum tentu masalah tersebut seburuk yang dibayangkan, tapi Anda malah sudah lebih dahulu putus asa.

Baca Juga: 5 Cara yang Baik untuk Mengatasi Penyesalan dalam Bisnis

6Tidak Mandiri

gambar: framepool.com

Menjadi pebisnis butuh kemandirian. Jika Anda tidak bisa mandiri, maka Anda tidak akan berani untuk mengambil keputusan dan melakukan sesuatu untuk diri Anda.

Anda malah terlalu bergantung pada orang lain, karena Anda tidak bisa mengandalkan diri sendiri. Padahal, orang pertama yang harus Anda andalkan adalah diri Anda sendiri.

Baca Juga: 6 Hal Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Kaya Raya

7Tidak Sabar

gambar: universityhealthnews.com

Meraih kesuksesan itu tidak instan. Ada banyak proses yang akan Anda lewati untuk menguji kesabaran Anda. Mungkin Anda butuh bertahun-tahun untuk melihat hasil yang besar.

Jika Anda tidak sabar, maka Anda akan cepat emosional. Anda tidak akan tahan diproses. Akibatnya, Anda tidak dapat menghadapi masalah dengan cara yang tepat.

Baca Juga: Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

8Cari Aman

Membangun bisnis butuh keberanian untuk melakukan perubahan. Jika mental Anda terjebak pada zona nyaman, maka bisnis Anda akan sulit berkembang atau malah akan stagnan.

Maka dari itu, keluarlah dari zona nyaman. Jangan bermain aman karena bisnis Anda tidak akan ke mana-mana. Namun, siapkanlah strategi dan lakukanlah inovasi terus-menerus.

Baca Juga: Bagi yang Berkepribadian Introvert, Ini 7 Kerja Sampingan yang Cocok untuk Anda


Nah, itulah contoh mental-mental yang lemah yang harus Anda singkirkan sebagai pebisnis. Jika Anda masih memilikinya, maka saatnya Anda melatih mental tersebut, agar Anda bisa lebih siap menghadapi berbagai tantangan dalam bisnis Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.