5 Alasan yang Bikin Orang Menunda untuk Memulai Bisnis –Ā Banyak orang ingin menjadi pebisnis, tapi masih tetap memilih untuk bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan.

Namun, mereka juga kerap mengeluh dengan pekerjaannya. Mulai dari masalah gaji yang kecil, beban kerja yang berat, rekan kerja yang tidak cocok, bos yang menyebalkan, dan sebagainya.

Baca Juga: Merintis Usaha dari Bawah Itu Sulit, Tapi Cobalah 5 Tips Ini!

Meski begitu, selalu ada hal yang menghalangi niat mereka untuk berbisnis. Padahal, keinginan untuk memulai bisnis itu harus berani dicoba.

Nah, berikut alasan kenapa orang kerap menunda untuk berbisnis.


5 Alasan Menunda untuk Memulai Bisnis

1Belum Punya Modal Usaha

Memang benar jika berbisnis itu memerlukan modal. Besarnya modal tergantung dengan konsep bisnis yang Anda buat.

Jika modal Anda belum banyak, bukan berarti Anda tidak bisa memulai bisnis. Anda bisa mencoba bisnis skala kecil terlebih dahulu yang tidak membutuhkan modal terlalu besar.

Atau, jika Anda nekat, Anda bisa meminjam uang di bank atau dengan kerabat. Bisa juga dengan mencoba mencari pendanaan melalui situs crowdfunding.

Baca Juga: Mau Berbisnis Tapi Modal Minim? Ini 5 Solusi untuk Anda

2Ide Bisnis Belum Sempurna

Anda harus selektif dalam memulai usaha. Pilih ide bisnis yang berpotensi untuk berkembang dan punya prospek untuk jangka panjang.

Namun, Anda harus sadar bahwa tidak ada kesempurnaan di dunia ini. Bisnis orang lain yang saat ini sudah berhasil saja, masih memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki.

Maka dari itu, kembangkan ide bisnis Anda sebaik mungkin. Namun, jangan berharap bahwa ide tersebut akan langsung sempurna, karena seiring berjalannya waktu ide bisnis Anda juga bisa terus berkembang.

Baca Juga: Daftar Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Online Shop

3Takut Menghadapi Kegagalan

Bayangan kegagalan seringkali mengecilkan harapan. Hal yang wajar dialami, khususnya bagi Anda pebisnis pemula yang belum berpengalaman dalam berbisnis.

Namun, jika Anda terus takut gagal, Anda akan selalu menunda untuk memulai bisnis. Anda membatasi diri Anda sendiri dan menutup kemungkinan sukses yang ternyata bisa Anda raih.

Lagi pula, tidak ada pebisnis yang tidak pernah gagal. Jadi, Anda harus berani mengambil risiko dan mau belajar dari kegagalan jika suatu saat itu terjadi.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Dihindari

4Sibuk dan Tidak Sempat

Jika Anda bahagia dengan kesibukan Anda saat ini, tidak apa-apa jika Anda beralasan bahwa Anda sedang sibuk dan tidak ada waktu untuk memulai bisnis.

Namun, jika Anda sendiri tidak menikmati rutinitas pekerjaan Anda sekarang, berarti Anda keliru. Anda harus menyempatkan diri untuk berbisnis, walaupun harus sambil bekerja.

Ingat, Anda punya waktu 24 jam sehari. Aturlah waktu Anda dengan baik agar Anda bisa punya kesempatan untuk mengurus bisnis pribadi Anda.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Anda Mampu Bekerja Secara Multitasking

5Tidak Merasa Punya Bakat Bisnis

Namanya juga pebisnis pemula, pasti belum punya pengalaman dalam berbisnis. Makanya wajar saja jika Anda merasa tidak memiliki bakat bisnis.

Paling penting, Anda punya kemauan kuat untuk belajar sesuatu yang baru dan melakukan apapun untuk meningkatkan kemampuan Anda. Sehingga suatu hari nanti Anda bisa sukses dan bahkan tidak kalah sukses dari orang lain.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sambilan untuk Karyawan yang Tak Ganggu Pekerjaan


Nah, itulah beberapa alasan kenapa orang kerap menunda untuk memulai bisnis. Semoga bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis, bisa segera untuk merealisasikan mimpi Anda, sehingga tidak hanya sebatas rencana saja.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.