Merintis Usaha dari Bawah Itu Sulit, Tapi Coba Tips Berikut Ini – Walaupun bisnis Anda akan dimulai dari bawah, Anda tak perlu berkecil hati. Asal Anda yakin dengan diri Anda sendiri, itu sudah cukup menjadi modal awal untuk berjuang.

Mungkin akan ada orang akan menganggap remeh. Namun, tak usah peduli pandangan negatif dari orang lain yang tidak membantu hidup Anda sama sekali.

Baca Juga: 5 Hal yang Menyebabkan Kegagalan Pebisnis Pemula

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin memulai bisnis, lakukanlah segera. Tak usah terlalu banyak keraguan, karena kesempatan Anda bisa saja malah diambil duluan oleh orang lain.

Akan tetapi, sebelum Anda merintis bisnis Anda, perhatikan beberapa hal berikut ini agar Anda lebih siap dalam berbisnis.

Baca Juga: 6 Cara Menangkap Peluang Usaha yang Tepat dan Berpotensi


Tips Agar Anda Siap Merintis Usaha dari Bawah

1Mulai dari Usaha Kecil

Anda mungkin akan dihadapkan pada masalah modal yang terbatas. Padahal, keinginan Anda untuk berbisnis itu sangat besar.

Jika dana Anda belum cukup untuk memulai bisnis yang diinginkan, Anda tak perlu memaksakan diri. Ada banyak peluang bisnis kecil-kecilan yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Memulai usaha kecil juga akan memudahkan Anda. Kalaupun memang masih butuh pinjaman, Anda tidak akan berutang terlalu banyak yang nantinya bisa memberatkan Anda.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Memulai Usaha Rumahan Agar Cepat Sukses

2Lakukan Riset Pasar

Hati-hati dalam memilih bisnis yang akan dijalani. Anda boleh optimis, tapi Anda perlu tetap realistis saat merintis usaha dari bawah.

Tidak semua peluang akan tepat untuk dijalankan. Maka dari itu, pertimbangkan baik-baik ide bisnis Anda dan lakukan riset pasar untuk mengetahui potensinya.

Baca Juga: 7 Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis Baru Anda

3Ketahui Target Konsumen Anda

thebalance.com

Anda harus memulai bisnis yang bisa menjawab permasalahan yang dimiliki oleh calon konsumen Anda. Produk Anda harus dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Untuk itu, targetkan konsumen yang jelas. Pastikan produk Anda punya pasar yang jelas, sehingga Anda akan lebih terarah dalam memasarkannya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Anda Tak Kehabisan Ide untuk Kembangkan Bisnis

4Siapkan Konsep Bisnis yang Menarik

Pastikan Anda menyusun rencana untuk perintisan bisnis Anda. Buat konsep yang menarik agar tampil beda dan bisa mencuri perhatian calon konsumen.

Ingat, Anda memiliki sejumlah pesaing yang bisa mengancam nasib bisnis Anda. Untuk itu, pastikan Anda menyiapkan strategi untuk menghadapi kompetitor Anda.

Baca Juga: 7 Tanda Anda Lebih Cocok Jadi Pebisnis daripada Karyawan

5Jadilah yang Terbaik

Jangan setengah-setengah dalam menjalankan bisnis. Anda harus sepenuh hati dan memberikan yang terbaik untuk konsumen Anda.

Tunjukkan kelebihan bisnis Anda. Jangan hanya fokus dengan penjualan. Buktikan bahwa Anda bersungguh-sungguh untuk memuaskan konsumen.

Niscaya, Anda akan memperoleh hasil yang terbaik jika Anda memulai bisnis Anda dengan niat yang benar. Untuk itu, utamakan kualitas produk maupun pelayanan Anda.

Baca Juga: Inilah Waktu yang Tepat untuk Resign dan Memulai Bisnis


Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan merintis usaha dari bawah.

Selain itu, segeralah mulai bisnis Anda. Jangan lama-lama karena Anda masih bisa memperbaiki kekurangan setelah bisnis berjalan.

Yang terpenting, Anda tidak pernah berhenti belajar agar Anda tidak ketinggalan dari pebisnis lain dan akhirnya bisa mengembangkan usaha Anda yang kecil menjadi besar.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.