5 Tips Sukses Merintis Usaha Kecil-kecilan untuk Pemula – Memulai usaha berskala kecil dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang baru mau terjun ke dunia bisnis.

Alasannya, memulai bisnis dari nol bukan perkara yang mudah dan terlalu berisiko. Maka dari itu, pebisnis pemula tidak perlu langsung membuka bisnis besar yang membutuhkan banyak modal jika merasa belum siap.

Baca Juga: Gaji Pas-pasan? Coba 6 Usaha Ini untuk Tambah Pemasukan

Lagi pula, tidak ada salahnya untuk mencoba usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Karena jika Anda berhasil mengelolanya dengan baik, bisnis skala kecil pun bisa berkembang dan menjadi bisnis yang besar.

Oleh sebab itu, carilah peluang usaha kecil yang menjanjikan. Kemudian, persiapkan bisnis tersebut supaya Anda lebih siap untuk menjalankannya sehingga dapat meraih kesuksesan.

Baca Juga: 10 Bisnis yang Tak Ada Matinya dan Selalu Menjanjikan

Nah, berikut tips sukses untuk pemula dalam memulai usaha kecil-kecilan.


5 Tips Sukses Merintis Usaha Kecil-kecilan

1Cermat Memilih Bisnis

ide bisnis online - pebisnis

Hal pertama yang dilakukan ialah mencari ide bisnis yang tepat. Apa yang ingin Anda bisniskan? Apakah berjualan pakaian secara online, membuka kedai kopi, berbisnis katering, ataukah bisnis lainnya?

Tentukan ide bisnis yang tepat dan kembangkan ide tersebut. Pastikan bisnis yang ingin Anda jalankan itu memiliki potensi, sesuai dengan kemampuan Anda, dan Anda yakin bahwa Anda menyukainya.

Silakan ambil waktu untuk memikirkannya. Jangan terburu-buru karena segala hal yang baik memang butuh persiapan yang matang.

Baca Juga: 5 Cara Menganalisis Potensi Pasar

2Bentuk Tim yang Profesional

kerja sama tim yang solid di perusahaan

Kemajuan bisnis sangat ditentukan oleh profesionalitas orang-orang yang menjalankannya. Maka dari itu, Anda perlu selektif saat membentuk tim dalam bisnis Anda.

Cari rekan bisnis yang tepat, entah itu sahabat atau saudara Anda. Rekan bisnis akan berguna untuk bertukar pikiran, patungan modal usaha, dan sebagainya.

Kemudian, rekrut para pekerja yang berkualitas. Dengan kemampuan kerja yang baik, mereka akan membantu Anda untuk mengembangkan bisnis sampai berhasil.

Baca Juga: Syarat Menjadi Pemimpin yang Wajib Dimiliki oleh Manajer

3Miliki Legalitas Usaha

legalitas hukum pendirian izin usaha
gambar: dissertationsage.co.uk

Meskipun hanya merintis usaha kecil, bisnis Anda memerlukan legalitas untuk meminimalisir risiko hukum di kemudian hari. Adanya jaminan hukum akan memperkuat posisi bisnis Anda dan membuktikan keseriusan Anda dalam berbisnis.

Dengan memiliki izin usaha, bisnis Anda juga akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan. Karena legalitas itu penting untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis Anda itu legal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu, legalitas usaha akan mempermudah Anda dalam menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Karena usaha Anda sudah resmi dan terdaftar di pemerintah, Anda pun akan lebih mudah untuk mendapatkan akses permodalan dari bank dan investor.

Baca Juga: Begini Cara Melakukan Promosi Tanpa Keluar Modal

4Pikirkan Strategi Pemasaran

strategi marketing tips trik pemasaran

Bisnis yang baru tidak akan langsung bisa menjangkau konsumen. Anda harus memikirkan strategi promosi dan pemasaran yang baik agar bisnis Anda bisa mendapatkan tempat di hati konsumen dan menghasilkan penjualan.

Dengan menjalankan strategi yang tepat, posisi brand Anda akan semakin kuat di tengah ketatnya persaingan. Cepat atau lambat, bisnis Anda akan dapat meraih keuntungan.

Jika pencapaian bisnis terus menunjukkan peningkatan, ini menandakan bahwa Anda telah mengelolanya dengan benar dan bisnis Anda memang berpotensi untuk berkembang.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Feedback Online dari Pelanggan

5Berani Hadapi Tantangan

tujuan bisnis

Butuh proses untuk dapat mencapai tujuan bisnis Anda. Dalam berbisnis, Anda akan menemukan sejumlah kendala, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar.

Namun, jangan pernah berhenti berusaha. Beranikan diri Anda untuk menghadapi setiap tantangan karena hanya pengusaha yang berani yang dapat sukses meraih impiannya.

Jadi, teruslah berjuang untuk bisnis Anda. Karena selalu ada solusi atas setiap masalah, asalkan Anda cerdas dan mau bekerja keras.

Baca Juga: Kiat-Kiat untuk Mempertahankan Pertumbuhan Bisnis


Nah, itulah beberapa tips sukses merintis usaha kecil-kecilan untuk pemula. Semoga tips tersebut dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang akan segera memulai bisnis.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.