8 Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online – Banyak bisnis online yang menghadapi kendala untuk meyakinkan konsumen berbelanja online.

Terutama bagi bisnis online yang baru diluncurkan, reputasi di internet masih belum terbentuk, sehingga belum banyak orang yang percaya sepenuhnya.

Apalagi keberadaan toko online abal-abal masih cukup marak, membuat sebagian masyarakat cemas untuk berbelanja di dunia maya.

Alhasil, mereka lebih memilih berbelanja di toko online terkenal saja dan mengabaikan toko online yang baru.

Baca Juga: Entrepreneur, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Mengelola Toko Online

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, Anda masih bisa mengatasinya. Peluang Anda untuk sukses masih terbuka lebar.

Bagaimana caranya? Silakan Anda coba terapkan 8 tips meyakinkan konsumen untuk belanja online berikut ini.

8 Tips Agar Konsumen Yakin Berbelanja di Toko Online Anda

1Mencantumkan Contact Person

Anda harus mencantumkan semua contact person Anda di website toko online Anda. Mulai dari nomor telepon, WhatsApp, LINE, BBM, SMS, alamat email, dan lain-lain. Semakin banyak pilihan contact person, semakin mudah calon konsumen menghubungi Anda untuk bertanya-tanya.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online

Pastinya Anda harus responsif dalam setiap membalas pesan yang masuk. Jangan buat konsumen menunggu lama untuk mendapatkan balasan, karena mereka pasti tidak sabar dan akan beralih ke toko online yang lain.

2Bekerja Sama dengan e-Commerce Ternama

Saat ini terdapat sejumlah website e-commerce di Indonesia. Anda bisa menjalin kerja sama untuk memasarkan produk Anda di website mereka. Seperti di Lazada, Tokopedia, Blibli, Blanja, Elevania, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Kelebihan Website Toko Online yang Punya Tampilan Menarik

Dengan menjual produk Anda di berbagai website e-commerce ternama, Anda bisa menjangkau konsumen yang lebih luas sekaligus membangun kredibilitas. Reputasi bisnis Anda jadi meningkat karena produk Anda semakin dikenal oleh para pengguna situs e-commerce tersebut.

3Publikasi di Media

Anda bisa melakukan kerja sama untuk publikasi artikel tentang bisnis Anda di sejumlah media online. Pilih website yang kredibel maupun blog terkenal untuk mengulas bisnis Anda secara positif. Nantinya, para pembaca media tersebut akan familiar dengan brand Anda dan tertarik mencari tahu lebih lanjut tentang produk Anda.

4Buat Kegiatan Offline

Anda bisa berinterkasi langsung dengan konsumen dengan mengadakan berbagai kegiatan offline. Misalnya, membuat event bersama komunitas, membuka gerai di acara pameran, menggelar bazar, dan lain-lain. Aktivitas offline tersebut dapat membuat produk Anda semakin dikenal masyarakat luas, dan juga meningkatkan penjualan.

Baca Juga: 7 Ilmu Marketing yang Dapat Anda Pelajari dari Apple

5Endorsement

Cara cepat untuk menjangkau konsumen ialah dengan melakukan kerja sama endorsement dengan public figure selebgram di media sosial Instagram. Pilih selebgram yang punya nama baik di masyarakat, karena mereka pasti punya basis penggemar yang kuat dan hal ini juga akan mengangkat nama brand Anda, serta meningkatkan penjualan.

6Tampilkan Testimoni Pelanggan

Anda perlu membuat laman atau album khusus untuk menampilkan testimoni pelanggan. Tampilkan gambar pesanan dan komentar pelanggan yang telah berbelanja dengan Anda. Testimoni yang positif akan membuat konsumen bertambah yakin dengan produk dan pelayanan toko online Anda.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Merintis Bisnis Bagi Pemula

7Jaga Kualitas Produk

Kualitas produk yang selalu terjaga akan membangun reputasi Anda. Pelanggan Anda tetap setia dan calon konsumen baru akan berdatangan. Sedangkan jika kualitas produk menurun, pelanggan akan kecewa dan mereka tidak mau lagi berbelanja serta merekomendasikan produk Anda.

8Tingkatkan Pelayanan

Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pelayanan pelanggan. Anda harus selalu ramah dan cepat dalam melayani setiap konsumen. Meski Anda berhadapan dengan konsumen yang menyebalkan dan tidak jadi membeli, Anda harus tetap bersikap profesional agar nama baik bisnis Anda tidak tercoreng.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here