Ciri-Ciri Karyawan yang Layak Naik Jabatan – Dari semua karyawan Anda, pasti ada beberapa yang paling menonjol kualitasnya.

Tentu karyawan yang berprestasi memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaannya. Karyawan yang selalu konsisten dalam menunjukkan hasil kerja yang luar biasa, sangat layak mendapatkan apresiasi dari Anda sebagai bos.

Baca Juga: Selain Uang, Ini 9 Bentuk Reward untuk Karyawan

Salah satu bentuk penghargaan Anda kepada karyawan terbaik, bisa dengan memberikannya kenaikan jabatan. Karyawan yang potensial pantas diberikan kepercayaan yang lebih karena dia mampu membuktikan kemampuan kerjanya.

Dengan mempromosikannya, karyawan pasti akan senang karena kariernya berkembang. Contohnya, yang awalnya hanya seorang staf, kemudian menjadi seorang manajer. Hal tersebut akan semakin meningkatkan semangat karyawan.

Baca Juga: Syarat Menjadi Pemimpin yang Wajib Dimiliki oleh Manajer

Namun, sebelum Anda mengangkat jabatan karyawan, berikut tips penting yang mesti diperhatikan agar Anda dapat memilih orang yang tepat.


5 Ciri Karyawan yang Layak Naik Jabatan

1Berwawasan Luas

alasan anda harus mewaspadai karyawan asal bos senang

Karyawan yang berwawasan luas adalah tanda bahwa dia orang yang suka belajar. Kemampuan kerjanya akan terus meningkat karena dia tidak pernah puas dan selalu ingin mengembangkan diri.

Karyawan yang cerdas adalah potensi bagi perusahaan. Pemikirannya berharga dan dapat melihat visi perusahaan jauh ke depan. Dia akan memberikan kontribusi yang positif untuk masa depan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Keterampilan Sederhana yang Dapat Membantu Anda Sukses

2Pandai Bekerja Sama

cara menyampaikan kritik yang baik pada karyawan

Perhatikan bagaimana cara karyawan bekerja dalam tim. Karyawan yang bisa merangkul rekan-rekan kerjanya, memiliki potensi menjadi pemimpin yang baik dan disenangi.

Jika karyawan pandai bekerja sama, itu tandanya dia dapat membawa diri dan memiliki kemampuan interpersonal. Dia bukan tipikal orang yang egois, tetapi orang yang mengutamakan kesuksesan bersama.

Baca Juga: 7 Tips Kepemimpinan yang Baik di Lingkungan Bisnis

3Mau Menerima Kritik

kiat sukses menjalankan bisnis bersama keluarga

Sehebat apapun karyawan, jika sikapnya jelek dalam menerima kritik, maka Anda akan kesulitan untuk membangun hubungan kerja yang efektif. Jika dia menjadi atasan, bawahannya pun tidak akan merasa nyaman.

Namun, karyawan yang rendah hati akan lebih baik dalam mengembangkan potensi dan memperbaiki kinerjanya. Dia bisa menjadi atasan yang bijaksana dan menyenangkan untuk diajak bertukar pikiran.

Baca Juga: Cara Menyampaikan Kritik yang Baik kepada Karyawan

4Seorang “Problem Solver”

tips agar selalu berpikir positif dalam berbisnis

Karyawan yang layak naik jabatan bisa dilihat dari caranya mengatasi masalah dalam pekerjaan. Seorang problem solver akan mampu mengambil keputusan dan menawarkan solusi yang tepat.

Tipe karyawan seperti ini cocok menjadi pemimpin. Dia akan mengarahkan timnya dengan benar dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan segala tantangan yang dihadapi perusahaan.

Baca Juga: Untung-Rugi Membolehkan Karyawan Kerja Remote

5Penilaian Kerja Bagus

kenali perilaku karyawan yang bermasalah

Bersama HRD, amati kinerja karyawan Anda dari setiap bulan. Perhatikan absensinya apakah rajin masuk kerja, apakah selalu mencapai target, dan sebagainya.

Karyawan yang selalu konsisten mendapatkan penilaian yang bagus dalam segala aspek, itu tandanya dia profesional dan menyukai pekerjaannya. Dia pantas untuk mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar di perusahaan Anda.

Baca Juga: Hal-Hal yang Harus Anda Tahu Mengenai Peraturan THR


Nah, itulah ciri-ciri karyawan yang layak naik jabatan. Semoga Anda bisa mempertimbangkan tips di atas saat memilih karyawan untuk dipromosikan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.