Lakukan 6 Hal Ini Saat Negosiasi Harga dengan Pelanggan – Dalam kegiatan jual-beli, terdapat proses negosiasi atau tawar-menawar untuk mencapai kesepakatan harga antara pihak penjual dengan pembeli.

Sebagai pebisnis, Anda pasti tidak ingin mendapatkan keuntungan yang sedikit atau mengurangi keuntungan. Namun dalam berbisnis, sulit untuk menghindari negosiasi.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Atasi Bisnis yang Mandek

Anda pasti akan berhadapan dengan pelanggan yang ingin menegosiasi. Atau, malah Anda sendiri yang menawarkan kesepakatan kepada pelanggan agar mereka mau menggunakan produk atau jasa Anda.

Nah, supaya proses negosiasi bisa berjalan dengan baik dan tidak merugikan Anda, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.

Baca Juga: 8 Hal yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan


6 Tips Negosiasi Harga dengan Pelanggan

1Dengarkan Keinginan Pelanggan

gambar: automile.com

Pelanggan pasti ingin mengetahui banyak hal mengenai produk Anda. Mereka akan menanyakan apa saja untuk memastikan bahwa produk Anda tepat untuknya.

Namun, seringkali sebelum pelanggan melakukan transaksi pembayaran, mereka akan mencoba melakukan penawaran. Mereka ingin mendapatkan harga yang lebih rendah dari Anda.

Hal tersebut wajar dilakukan, apalagi jika harganya mahal. Maka dari itu, coba dengarkan baik-baik keinginan pelanggan agar Anda memahami maksud dan kebutuhan mereka.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Melakukan Pendekatan dengan Konsumen

2Jangan Mematok Harga Kerendahan

Jangan mau rugi. Mungkin bisnis Anda sedang sepi, tapi jika tidak mendesak, sebaiknya Anda jangan mau mematok harga kerendahan demi closing atau menghasilkan penjualan.

Sebab jika Anda memasang harga yang terlalu rendah dari harga normal, pelanggan akan kebiasaan untuk menawar secara berlebihan di kemudian hari. Anda akan kesulitan untuk mendapatkan keuntungan yang wajar.

Solusinya, Anda bisa mengambil jalan tengah yang meringankan pelanggan, tapi masih menguntungkan Anda. Arahkan pelanggan agar mau sepakat dengan penawaran Anda.

Baca Juga: Strategi Promosi yang Perlu Dilakukan Saat Bisnis Mulai Berjalan

3Fokus pada Nilai Produk Anda

Alihkan fokus pembicaraan mengenai harga. Sampaikan nilai yang terdapat dalam produk Anda agar pelanggan tahu bahwa produk Anda itu bernilai dan berbeda dari yang lain.

Caranya, Anda bisa jelaskan apa saja kelebihan produk Anda, sehingga membuat produk Anda memiliki harga yang tinggi dan harga tersebut sudah sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Dengan begitu, Anda bisa membuat pelanggan sadar. Ini merupakan strategi agar pelanggan tidak menilai rendah produk Anda dan menawarnya secara berlebihan.

Baca Juga: 8 Tips Meyakinkan Konsumen untuk Belanja Online

4Kendalikan Emosi Anda

gambar: affirmx.com

Meski Anda sudah mencoba memberikan harga yang terbaik, pelanggan terkadang kurang merasa puas. Mereka tetap ingin menawar dengan harga yang tidak masuk akal.

Jika hal seperti itu terjadi, coba tahan emosi Anda. Tetap kontrol emosi Anda dan bersikap ramah dalam menolak negosiasi harga dari pelanggan Anda.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Maka Konsumen Akan Selalu Melakukan Pembelian dengan Anda

5Berikan Penawaran Lainnya

Jika proses negosiasi yang pertama tidak berjalan dengan baik, coba berikan penawaran yang lain. Sehingga pelanggan mendapatkan pilihan dan tidak pergi begitu saja.

Misalnya, Anda menjual sebuah produk seharga Rp 100.000 per item. Pelanggan menawar produk tersebut dengan harga Rp 50.000 dan Anda menolaknya.

Sebagai jalan tengah, Anda bisa memberikan penawaran seperti beli 2 gratis 1. Berarti dengan membayar Rp 200 ribu, bisa mendapatkan 3 buah produk Anda. Tawaran yang cukup menguntungkan untuk pelanggan dan tidak merugikan Anda.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Ditunjukkan Saat Menghadapi Masalah Bisnis

6Jangan Takut Ditolak

Namun, jika proses negosiasi tidak berjalan dengan lancar dan semua penawaran Anda ditolak, maka jangan berkecil hati. Jangan takut ditolak oleh pelanggan.

Sebab penolakan adalah hal yang biasa dalam aktivitas jual-beli. Anda harus tetap percaya diri dengan nilai produk Anda sendiri.

Ingat, kesepakatan dalam negosiasi harus menguntungkan kedua belah pihak. Jangan mau diatur oleh pelanggan, tapi cobalah mengarahkan pelanggan untuk membuat suatu kesepakatan harga yang adil.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Menjaga Hubungan Baik dengan Klien


Nah, itulah tips saat melakukan negosiasi harga dengan pelanggan. Ingat, proses tawar-menawar adalah hal yang biasa dalam bisnis.

Oleh sebab itu, hadapi setiap negosiasi dengan cara yang baik dan upayakan kesepakatan yang terbaik dengan pelanggan Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.