Orang-orang Penting yang Harus Didekati Agar Hidup Anda Sukses – Setiap orang yang berada di dalam hidup kita akan mempengaruhi cara hidup kita.

Makanya, disarankan untuk bergaul dengan orang-orang yang memberikan dampak positif. Sedangkan orang-orang yang membawa pengaruh negatif sebaiknya dijauhi saja.

Baca Juga: 7 Hal yang Membedakan Orang yang Sukses dengan Orang Biasa

Bagi Anda yang ingin menjadi orang sukses, perhatikanlah dengan siapa Anda bergaul. Kesuksesan memang tergantung dari usaha masing-masing, tapi orang-orang yang dekat dengan Anda juga berpengaruh terhadap masa depan Anda.

Nah, berikut adalah orang-orang yang sebaiknya Anda dekati agar diri Anda bisa sukses dan semakin sukses.

Baca Juga: 6 Hal Ini Bisa Membuat Anda Menjadi Kaya Raya


Orang-orang Penting dalam Kesuksesan Pebisnis

1Anggota Keluarga

Bagaimana hubungan Anda dengan keluarga? Khususnya anggota keluarga inti, mereka adalah orang-orang yang paling bisa diandalkan dan selalu ada disaat susah dan senang.

Bahkan meskipun mereka tidak mengerti tentang pekerjaan Anda, mereka kerap menanyakan kabar Anda dan berdoa untuk kesuksesan Anda.

Baca Juga: 5 Orang yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Bisnis

2Sahabat yang Setia

Sahabat yang setia tidak mudah ditemukan. Mereka adalah orang-orang yang tidak cuma sekadar untuk bersenang-senang, tapi juga bisa diajak untuk berbagi kesedihan.

Apalagi ada hal-hal tertentu yang lebih nyaman untuk dibicarakan dengan teman atau sahabat terdekat. Mereka pasti siap mendukung hidup Anda, kapanpun Anda butuhkan.

Baca Juga: 6 Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat untuk Membangun Usaha

3Teman-teman Sekolah

Anda pasti memiliki banyak teman sekolah dan kuliah. Mungkin tidak semuanya dekat secara personal, tapi mereka cukup bisa diandalkan karena sudah saling mengenal.

Apalagi jaringan pertemanan alumni sekolah biasanya sangat luas. Mungkin saja sebagian dari mereka bisa jadi rekan bisnis, klien, dan pelanggan Anda. Kalian bisa saling bekerja sama untuk kepentingan bisnis yang menguntungkan.

Baca Juga: Kaya Raya Sebelum 25 Tahun, 5 Pebisnis Ini Bocorkan Rahasia Sukses di Usia Muda

4Komunitas Bisnis

Anda harus bergaul dengan sesama pebisnis, sekalipun mereka menjalankan usaha di bidang yang berbeda. Sebab Anda membutuhkan teman-teman yang juga bergerak di dunia usaha untuk menjadi inspirasi dan motivasi.

Maka dari itu, carilah komunitas bisnis yang tepat untuk menambah relasi. Dari situ, Anda bisa menemukan mentor bisnis, teman berbagi masalah bisnis, hingga investor untuk bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Pemimpin yang Berintegritas Tinggi di Lingkungan Bisnis

5Tim Kerja Anda

Anda tidak harus membangun hubungan pertemanan yang personal, tapi Anda perlu menjaga kedekatan dengan tim Anda. Sebab mereka adalah orang-orang penting yang bekerja membangun usaha Anda.

Tanpa mereka, Anda tidak bisa melakukan banyak hal. Maka dari itu, buatlah orang-orang yang bekerja dengan Anda merasa nyaman, sehingga Anda akan lebih mudah memimpin mereka.

Baca Juga: 5 Tanda Anda Tidak Disukai oleh Karyawan Anda Sendiri

6Pelanggan

Bisnis Anda tidak akan bertahan lama jika Anda tidak memiliki pelanggan. Pelanggan adalah orang-orang yang harus terus didekati agar mereka tetap loyal mengunakan produk dan layanan bisnis Anda.

Maka dari itu, perlakukanlah pelanggan Anda secara profesional. Tingkatkanlah juga kualitas bisnis Anda dan jagalah hubungan yang baik senantiasa.

Baca Juga: Anda Tidak Akan Sukses Jika Masih Melakukan 11 Hal Ini


Nah, itulah orang-orang penting yang perlu Anda dekati agar hidup Anda menjadi sukses. Di manapun Anda berada, jadilah orang yang baik agar orang lain juga mau bergaul dengan Anda.

Dengan begitu, hidup Anda akan dikelilingi oleh orang-orang yang positif. Sehingga kehidupan Anda ikut menjadi positif dan Anda pun bisa menjadi dampak yang baik bagi orang-orang di sekitar Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.