Tips Agar Hubungan Anda dengan Partner Bisnis Tetap Terjaga – Menjaga kemitraan dengan business partner atau rekan bisnis Anda itu tidak mudah. Perbedaan dalam cara berpikir dan bersikap terkadang dapat memicu perselisihan.

Jika terjadi konflik terus-menerus, bisnis tampaknya tidak akan bisa bertahan lama. Sebab sangat sulit untuk mempertahankan berbagai ketidakcocokan yang terjalin selama berbisnis.

Baca Juga: 6 Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat untuk Membangun Usaha

Maka dari itu, baik Anda maupun mitra Anda harus sama-sama berusaha menjaga hubungan yang baik. Kedua belah pihak harus saling mengusahakan kebaikan bersama.

Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk mempertahankan hubungan yang baik dengan rekan bisnis Anda? Berikut simak tipsnya.


5 Tips Menjaga Hubungan dengan Partner Bisnis

1Cari Mitra yang Melengkapi Kekurangan Anda

Identifikasi kekuatan dan kelemahan Anda. Lalu, pastikan Anda memilih rekan bisnis yang dapat mengisi kekurangan Anda.

Misalnya, Anda menguasai dunia teknologi dan informatika, tapi Anda kurang memahami seluk-beluk dunia marketing. Maka Anda sebaiknya mencari rekan yang sudah berpengalaman dalam pemasaran.

Menjalin kerja sama dengan orang yang menguasai keahlian berbeda dari Anda, akan membuat bisnis semakin kuat. Sebab Anda berdua dapat saling melengkapi dan menguntungkan satu sama lain.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Dilakukan oleh Semua Tim Sukses

2Sepakati Tujuan Jangka Panjang Bersama

Anda harus mengawali jalinan kemitraan bisnis dengan membuat kesepakatan mengenai visi. Pastikan bisnis memiliki tujuan jangka panjang yang dibuat bersama-sama.

Hal ini penting agar Anda dan rekan bisnis dapat berjalan ke arah yang sama. Tidak ada yang melangkah sendiri-sendiri, tapi bergandengan dalam menuju ke masa depan.

Dengan demikian, pencapaian bisnis akan lebih mudah diraih karena Anda dan rekan Anda dapat kompak saat bekerja. Sehingga setiap rencana akan lebih mudah dieksekusi sesuai dengan harapan.

Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Kepemimpinan yang Harus Dihindari

3Jalankan Peran Masing-masing

Setiap orang punya peran yang berbeda. Masing-masing harus menyadari apa yang menjadi tanggung jawabnya dan berkomitmen dalam menjalankannya.

Maka dari itu, pastikan kalian sudah membagi tugas dengan baik dan adil. Lalu, jalankan tugas sesuai kesepakatan secara profesional.

Sehingga tidak ada pihak yang coba mengambil alih tugas dan melakukan semuanya sendiri atau salah satu memiliki pekerjaan yang lebih sedikit. Karena hal tersebut akan membuat hubungan kerja sama menjadi tidak seimbang.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Setiap Hari Sebagai Pemimpin

4Jaga Komunikasi Setiap Saat

Anda dan partner bisnis harus selalu menjaga komunikasi dalam segala kondisi. Pastikan tidak ada yang menyimpan rahasia, karena akan membuat kepercayaan menjadi luntur.

Sebagai mitra dalam bisnis, setiap pihak harus saling terbuka. Komunikasikan segala hal yang berkaitan dengan urusan bisnis, sehingga dapat membangun pengertian dan menghindari kesalahpahaman.

Bahkan saat terjadi masalah, tidak ada yang boleh menutupinya dan berusaha mengatasinya sendiri. Namun, bicarakan segalanya agar ditemukan solusi yang terbaik.

Baca Juga: 8 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Pengusaha yang Cerdas

5Perbaiki Kesalahan Anda

Jika Anda melakukan kesalahan, Anda harus mengakuinya kepada rekan bisnis Anda. Jangan malah mencari-cari alasan untuk menutupi kesalahan.

Ingat, Anda perlu menghormati rekan Anda. Perlakukan dia dengan baik, dengan cara berusaha untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dibuat.

Dengan begitu, profesionalitas Anda akan tetap terjaga. Rekan Anda pun akan tetap percaya pada Anda, karena melihat sikap dan niat baik Anda untuk berubah.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Menimbulkan Kebosanan dalam Berbisnis


Nah, itulah tips agar hubungan Anda dan partner bisnis Anda bisa tetap terjaga. Semoga dapat membantu Anda dalam menjaga kemitraan bisnis yang tahan lama dan bermakna.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.