Keuntungan Merekrut Pekerja Lepas Daripada Karyawan Penuh Waktu – Freelancer atau pekerja lepas adalah orang yang bekerja secara mandiri dengan suatu perusahaan atau pihak yang mempekerjakannya.

Seorang freelancer dapat bekerja untuk beberapa perusahaan sesuai keinginannya karena tidak terikat kontrak kerja jangka panjang dengan pihak mana pun. Namun, freelancer akan tetap profesional dalam mengerjakan setiap tanggung jawabnya.

Baca Juga: 9 Keuntungan Menjadi Wirausaha yang Perlu Diketahui

Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga karyawan full-time, bisa menjadi pekerja paruh waktu. Bidang pekerjaan yang dapat ditekuni, yakni menulis, desain grafis, pemograman komputer, fotografi, dan lain-lain.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis, merekrut karyawan freelance bisa jadi pertimbangan selain mempekerjakan karyawan penuh waktu. Terutama untuk suatu pekerjaan tertentu, Anda bisa kok mengandalkan freelancer dan bukan karyawan tetap.

Contohnya, Anda ingin membuat logo brand. Anda cukup membayar desainer grafis freelance. Tinggal cari yang profesional, lakukan pemesanan dan pembayaran, maka logo akan dibuatkan oleh freelancer tersebut.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Nah, adapun beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika merekrut freelancer, di antaranya:


4 Keuntungan Perusahaan Merekrut Pekerja Lepas

1Menghemat Pengeluaran

kebutuhan keuangan bisnis - modal usaha

Banyak freelancer yang tidak mematok upah setinggi karyawan penuh waktu. Anda bisa membayar mereka per proyek sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya rutin untuk gaji setiap bulan.

Misalnya, Anda membutuhkan jasa penulis konten untuk media sosial dan website toko online Anda. Anda bisa mempekerjakan freelance content writer yang mau dibayar per tulisan.

Karena mereka bisa bekerja dari rumah dan secara online, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi. Anda juga tidak perlu menanggung biaya asuransi dan tunjangan lainnya karena mereka bukan termasuk karyawan tetap.

Baca Juga: 6 Peluang Usaha Sampingan untuk Tambah Penghasilan

2Sudah Berpengalaman

freelancing - freelance

Para freelancer berani menawarkan jasa secara mandiri karena mereka yakin akan kemampuan kerja mereka. Pada umumnya, mereka sudah berpengalaman selama beberapa tahun di bidangnya, lalu akhirnya memutuskan untuk bekerja sendiri.

Maka dari itu, Anda tidak perlu ragu untuk merekut freelancer. Ada banyak tenaga lepas profesional dari dalam negeri maupun luar negeri yang bisa Anda cari melalui internet.

Baca Juga: Saat Bekerja dari Rumah, Lakukan Ini Agar Tetap Produktif

3Lebih Fleksibel

Namanya juga pekerja lepas, mereka yang mengatur jam kerjanya sendiri. Mereka tidak terikat jam kerja kantoran yang kaku yang mesti bekerja dari jam 8 pagi sampai 5 sore atau hari Senin-Jumat saja.

Kapan pun Anda butuh bantuan, Anda bisa menghubungi mereka. Namun, tentunya harus dikomunikasikan dengan baik agar hubungan kerja sama dapat terjalin secara profesional dan mereka dapat memenuhi permintaan Anda.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Co-working Space

4Melayani dengan Hati

rekomendasi website freelancer - mencari freelancer

Karena bekerja secara mandiri, freelancer sadar bahwa mereka membutuhkan klien untuk memperoleh pemasukan. Jika mengecewakan klien, mereka akan dengan mudahnya kehilangan kesempatan kerja dan penghasilan pun berkurang.

Itulah sebabnya, biasanya freelancer akan berusaha melayani dengan sepenuh hati demi kepentingan mereka sendiri. Mereka tidak ingin profesionalitas tercoreng agar klien selalu mengandalkan mereka dan memberikan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Website Khusus untuk Mencari Freelancer


Nah, itulah keuntungan yang akan didapatkan jika merekrut pekerja lepas. Jadi, bagi Anda yang membutuhkan karyawan freelance, jangan ragu untuk mempekerjakan mereka. Perhatikanlah CV dan portofolio mereka untuk menemukan freelancer yang tepat.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.