Tips Sukses Berjualan Online untuk Pelaku UMKM di Indonesia – Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM adalah kelompok usaha yang berjumlah paling besar di Indonesia dan sudah mencapai 59 juta pelaku pada tahun 2018.

Hal ini menandakan bahwa persaingan bisnis sudah sangat ketat sekali. Banyak usaha yang dibuka, tapi tak sedikit pula yang berakhir gagal karena tidak mampu bersaing.

Terutama jika usaha Anda masih belum melek digital, maka akan sangat sulit untuk berkembang di era yang modern sekarang ini. Maka dari itu, sudah seharusnya Anda ikut memanfaatkan teknologi internet dalam bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang!

Nah, berikut sejumlah tips sukses berjualan online yang perlu diperhatikan oleh UMKM.


6 Tips Sukses Bisnis Online untuk Pelaku UMKM

1Jual Produk yang Dapat Dijual Online

kriteria barang yang paling cocok dijual online
gambar: problab.com

Tidak semua barang cocok diperjualbelikan secara online. Ada beberapa produk yang tidak bisa karena masih mengandalkan sistem COD atau cash on delivery, di mana Anda dan pembeli harus bertemu untuk bertransaksi dan pengambilan barang.

COD memang boleh saja. Namun, jika Anda ingin mempunyai bisnis online yang simpel dan tidak berbelit-belit, maka pilihlah produk yang benar-benar bisa dijual online, tanpa harus ada pertemuan langsung dengan pembeli.

Baca Juga: Daftar Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Online Shop

2Pelajari Stratregi Pemasaran Online

Berjualan online tidak hanya soal memposting foto dan deskripsi produk di media sosial atau situs marketplace. Ada berbagai strategi marketing atau pemasaran online lainnya yang penting untuk dipelajari.

Contohnya, pelajari cara membangun website toko online sendiri, cara membuat konten promosi yang menarik, cara tepat untuk beriklan di Google, dan sebagainya. Kuasai berbagai strategi digital tersebut agar Anda memahami seluk-beluk dunia bisnis online.

Baca Juga: 4 Teknik Pemasaran Bisnis Online yang Wajib Diterapkan

3Lakukan Berbagai Strategi Promosi Online

promosi - memasarkan produk

Setelah Anda mempelajari tentang strategi-strategi pemasaran online, Anda perlu menerapkannya. Jangan takut mencobanya karena Anda akan mendapatkan pengalaman berharga yang akan mengajarkan Anda lebih jauh tentang bisnis online.

Misalnya, coba jalankan iklan di Facebook, membuat video promosi di Youtube, meng-endorse selebgram untuk mempromosikan produk, dan membuat website toko online sendiri. Rencanakan aktivitas promosi tersebut untuk mengembangkan UMKM Anda.

Baca Juga: Begini Cara Melakukan Promosi Tanpa Keluar Modal

4Berikan Respons yang Cepat

Berjualan online seharusnya bisa membuat Anda lebih mudah dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Ada media sosial dan aplikasi chat yang bisa jadi sarana untuk melakukan interaksi kapan saja.

Maka dari itu, pastikan Anda selalu merespons pesan dari pelanggan dengan cepat. Jika Anda lambat membalasnya, penjualan bisa saja batal terjadi karena pelanggan sudah bete dan mungkin malah melakukan transaksi dengan penjual yang lain.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Mempelajari Kompetitor Bisnis Anda

5Kumpulkan Ulasan Positif dari Pelanggan

bisnis anda dapat ulasan negatif di internet, ini tips mengatasinya

Ketika pelaku UMKM menjalankan bisnis online, maka sangat penting sekali untuk menjaga nama baik usaha Anda demi membangun kepercayaan. Pastikan produk Anda mendapat review atau ulasan yang positif dari para pelanggan.

Maka dari itu, selalu jaga kualitas produk dan pelayanan. Dekati pelanggan baik-baik dan minta kesediaan mereka untuk membagikan ulasan positif di media sosial, sehingga orang lain yang membacanya bisa tertarik dengan produk Anda.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Konsumen Terkesan dengan Bisnis Online Anda

6Jalin Kerja Sama dengan Bisnis Lain

kiat sukses menjalankan bisnis bersama keluarga

Jangan cuma mengandalkan website toko online sendiri atau media sosial untuk berjualan. Ada berbagai platform dan perusahaan lain yang bisa menjadi partner bisnis Anda.

Contohnya, Anda bisa bekerja sama dengan Go-Jek atau Grab untuk hal pemesanan barang atau Go-Pay dan Ovo untuk hal pembayaran. Jadi, selalu buka kesempatan untuk bermitra dengan pihak lain yang bisa memberikan keuntungan bagi UMKM Anda.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online yang Efektif


Nah, itulah sejumlah tips sukses berjualan online untuk pelaku UMKM di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat bagi usaha Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.