6 Hal Penting untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan – Customer service atau pelayanan pelanggan yang baik adalah seperti nyawa bagi bisnis Anda. Anda dapat memperoleh sebanyak mungkin pelanggan baru, tapi bisnis Anda tidak akan bertahan lama jika Anda tidak dapat mempertahankan loyalitas pelanggan.

Kualitas pelayanan pelanggan yang baik akan menciptakan peluang agar pelanggan menjadi loyal. Pelanggan yang puas akan merasa senang untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain, dan kemungkinan besar mau kembali menggunakan produk dan layanan bisnis Anda.

Baca Juga: Peran Penting Customer Service Dalam Bisnis Online

Bagi Anda yang ingin membangun hubungan dengan pelanggan, kuncinya adalah dengan meningkatkan peran customer service. Sehingga Anda lebih mudah melakukan pendekatan saat memasarkan bisnis Anda dan kemudian menghasilkan penjualan. Nah, berikut 6 hal penting yang harus diperhatikan saat melayani pelanggan bisnis Anda.

6 Cara Meningkatkan Pelayanan yang Baik Pada Pelanggan

1Angkat Telepon

Pelanggan yang menghubungi Anda melalui telepon biasanya memiliki urusan yang penting. Jika hanya urusan sepele dan tidak mendesak, pelanggan kemungkinan lebih memilih untuk menghubungi Anda melalui email, media sosial, dan pesan teks.

Untuk itu, pastikan Anda memiliki layanan call center yang dapat diandalkan. Jika perlu, Anda merekrut karyawan untuk mengangkat panggilan telepon pelanggan dan bukan mengandalkan operator mesin yang berlaku seperti robot. Sebab pelanggan lebih suka langsung berbicara dengan manusia, bukan dengan rekaman suara.

Baca Juga: 10 Macam Masalah Bisnis yang Sering Dialami Pengusaha

2Dengarkan Pelanggan

Pelanggan yang menghubungi Anda pasti ingin menyampaikan sesuatu. Entah itu untuk menanyakan tentang produk Anda, menyampaikan keinginan ataupun masalah. Untuk itu, simaklah dengan baik apa yang disampaikannya, sehingga pelanggan merasa dihargai dan Anda dapat memberikan tanggapan yang tepat.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

3Atasi Komplain dengan Benar

gambar: affirmx.com

Anda pasti tidak senang menerima komplain. Namun, keluhan pelanggan adalah salah satu risiko dalam berbisnis. Anda bisa saja membuat kesalahan, bisnis Anda tidak sempurna, dan Anda tidak dapat menyenangkan semua orang. Meski demikian, Anda tetap harus menghadapi setiap komplain dan mengatasinya dengan benar, sehingga masalah tidak semakin membesar dan pelanggan tidak lagi kecewa.

Baca Juga: 6 Langkah Mengatasi Keluhan Konsumen Agar Konsumen Puas Setelah Kecewa

4Tepati Janji

Lebih baik Anda tidak memberikan janji jika Anda tidak dapat menepati. Misalnya, Anda berjanji akan mengirimkan pesanan hari ini, tapi ternyata Anda baru sempat mengirimkannya besok. Untuk itu, pikirkan sebelum Anda berjanji. Jangan memberikan janji palsu, karena kepercayaan pelanggan akan hancur dan sulit diperbaiki.

5Berikan Pelayanan Ekstra

Berikan pelayanan ekstra, bahkan sekalipun itu tidak memberikan Anda keuntungan secara materi. Contoh pelayanan ekstra, yaitu memberikan informasi tambahan tentang bagaimana menggunakan produk, mengajarkan konsumen cara memakai produk Anda, memberikan senyuman dan membukakan pintu saat pelanggan mendatangi kantor Anda, dan sebagainya. Hal yang simpel, tapi akan sangat dihargai oleh pelanggan.

Baca Juga: 10 Jenis Pesan Email yang Dapat Anda Kirim ke Pelanggan

6Latih Karyawan Anda

Pastikan pegawai atau karyawan di bagian customer service sudah dilatih sebelum bertugas. Perusahaan harus melatih karyawannya agar tahu apa saja yang harus dilakukannya dalam melayani pelanggan. Jangan sampai karyawan sering menjawab tidak tahu saat ditanya, salah dalam menjelaskan suatu informasi penting, atau bersikap tidak ramah. Untuk itu, ajarkan karyawan Anda cara untuk menghadapi dan menyenangkan pelanggan dengan benar.

Baca Juga: 4 Tipe Konsumen dan Cara Menarik Perhatiannya

Nah, itulah beberapa hal penting yang bisa meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Jika Anda menerapkannya dengan benar, bisnis Anda akan dikenal dengan sistem pelayanannya yang baik. Apa keuntungannya? Tentu saja, seiring berjalannya waktu pelanggan lama Anda akan menjadi loyal dan pelanggan baru terus berdatangan karena profesionalitas bisnis Anda yang teruji.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.