10 Peluang Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Siapa Saja – Rumah dapat menjadi tempat tinggal sekaligus tempat usaha. Anda bisa menjalankan bisnis rumahan dari rumah Anda sendiri. Tidak hanya cocok untuk ibu rumah tangga, tapi siapa pun bisa memiliki bisnis sendiri di rumah.

Keuntungan menjalankan usaha rumahan adalah Anda bisa menghasilkan uang sambil mengurus kepentingan keluarga. Terutama bagi yang sudah menikah, Anda bisa sambil menjaga anak-anak, mengurus pasangan, dan melakukan pekerjaan rumah lainnya. Hidup Anda pun tetap produktif, meski sebagian besar waktu hanya bekerja di dalam rumah.

Baca Juga: 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Patut Dicoba Sekarang

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan bulanan dengan menjalankan bisnis dari rumah, berikut simak sejumlah rekomendasi usaha rumahan yang patut Anda coba.

10 Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

1Bisnis Online

Banyak peluang bisnis online yang bisa Anda jalankan dari rumah. Anda hanya butuh gadget, akses internet, dan barang atau produk yang dijual. Cara promosi dan pemasaran bisa menggunakan media sosial, forum jual-beli online, dan website marketplace. Anda bisa jualan pakaian, casing handphone, aksesoris wanita, suplemen fitness, mainan anak-anak, dan lain-lain. Pilih barang yang Anda sukai dan dibutuhkan oleh orang-orang.

2Bisnis Kerajinan Tangan

gambar: vacationbaliindonesia.com

Bagi Anda yang senang dengan kerajinan tangan, Anda bisa memanfaatkan hobi dan keterampilan Anda itu untuk menghasilkan uang. Barang-barang handmade bisa Anda jual dengan harga lebih tinggi karena merupakan hasil karya kreatif. Anda bisa memasarkannya secara online, di toko kerajinan tangan, dan juga melalui pameran.

Baca Juga: 6 Cara Menjual Barang Online yang Bisa Anda Coba

3Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

gambar: sebandung.com

Anda bisa coba menjual oleh-oleh khas daerah yang Anda buat sendiri atau diambil dari produsen dan supplier. Baik itu makanan camilan, barang kerajinan tangan, kain tradisional, dan lain-lain. Apalagi jika rumah Anda berada di lokasi strategis, pasti akan ada wisatawan dalam dan luar negeri yang tertarik mampir ke rumah Anda untuk belanja oleh-oleh tersebut.

4Bisnis Catering

Bagi Anda yang pandai memasak, gunakan ruangan dapur di rumah untuk berbisnis. Anda tidak perlu membuka restoran, tapi Anda bisa membuka usaha catering rumahan untuk melayani pesanan orang-orang dalam jumlah besar. Seperti catering untuk acara arisan, kegiatan kantor dan pesta pernikahan.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis dengan Modal Minim

5Bisnis Laundry Kiloan

gambar: serempak.id

Jika Anda tinggal di kawasan yang banyak kos-kosan, Anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk berbisnis jasa laundry. Biasanya, penghuni rumah kos tidak sempat atau malas mencuci pakaian kotor sendiri dan mencari jasa tukang cuci. Sehingga bisnis laundry kiloan biasanya tidak akan sepi pelanggan.

6Bisnis Jasa Penitipan Anak

gambar: kingdomkidsdaycare.net

Biaya hidup yang tinggi membuat sejumlah suami maupun istri terpaksa harus bekerja dan menitipkan anaknya dari pagi hingga sore ke asisten atau tempat penitipan anak. Jika Anda senang dan pandai menjaga anak kecil, Anda bisa menyediakan ruangan di rumah sebagai tempat penitipan anak. Buat kegiatan untuk anak-anak agar mereka bisa bermain sambil belajar.

Baca Juga: 8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

7Bisnis Bimbel

gambar: blissfulanddomestic.com

Anda bisa membuka bisnis bimbingan belajar atau bimbel di rumah. Bagi Anda yang memiliki suatu keterampilan dan pandai mengajar, ini adalah peluang bisnis rumahan yang cocok untuk Anda. Anda bisa mengajarkan bahasa Inggris, bermain alat musik, atau mata pelajaran di sekolah.

8Bisnis Makanan Ringan

gambar: indonesiakaya.com

Anda bisa menjual makanan ringan, baik secara online atau di depan rumah Anda. Contohnya menjual keripik singkong, pisang goreng, gorengan bakwan, dodol, dan aneka kue kering. Meski tampak seperti bisnis sepele, perputaran uang di bisnis ini sangat cepat karena dibutuhkan orang-orang setiap hari.

Baca Juga: Manfaatkan 7 Bagian Rumah Ini untuk Menghasilkan Uang

9Bisnis Jus Buah Segar

gambar: septrinopeluangusaha.blogspot.com

Berbisnis minuman segar seperti menjual jus buah bisa dilakukan di depan rumah. Anda cukup menyiapkan sebuah gerobak, blender, gelas plastik, sedotan, es batu, dan aneka buah-buahan. Bisnis modal kecil yang mudah dijalankan, tapi dapat menghasilkan omset yang lumayan besar setiap bulannya.

10Bisnis Warung Makan

gambar: rumahdijual.com

Jika Anda tinggal di kawasan strategis dan padat penduduk, Anda bisa memanfaatkan bagian depan rumah Anda untuk membuka warung makan kecil-kecilan. Anda bisa menyediakan makanan ala warteg, bakso, mie ayam, sate padang, pecel lele, ayam goreng, dan lain-lain. Usaha sederhana, tapi menguntungkan.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Modal Kecil Rp 1 Juta Tapi Bisa Untung Besar


Nah, itulah 10 macam peluang bisnis rumahan yang menjanjikan dan cocok untuk siapa saja yang ingin mencobanya. Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis full-time atau bisnis sampingan, tergantung keputusan Anda bersama anggota keluarga di rumah.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here