8 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan, Ayo Dicoba! – Bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi umat muslim. Selama bulan puasa ini, segala amal ibadah akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Selain di sisi agama, bulan Ramadhan juga membawa rezeki bagi pebisnis. Ada banyak peluang bisnis sampingan yang menjanjikan yang bisa Anda jalankan.

Baca Juga: Dalam Menyambut Bulan Ramadan, Pebisnis Perlu Lakukan 7 Hal Ini

Bagi Anda karyawan kantoran dan ibu rumah tangga, berbisnis saat Ramadhan akan menambah penghasilan bulanan. Keuntungannya lumayan untuk membantu perekonomian keluarga Anda.

Nah, bagi Anda yang tertarik, berikut beberapa contoh usaha yang menguntungkan dan patut dicoba selama bulan suci Ramadhan di Indonesia.

Baca Juga: 7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri Tanpa Partner


8 Rekomendasi Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

1Usaha Katering Makanan

gambar: nikojulius.com

Coba buka usaha katering untuk sahur dan buka puasa. Anda bisa menawarkan paket makanan untuk orang-orang yang tidak sempat membuat makanan sendiri atau anak-anak kos yang tidak bisa memasak.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bisnis Sampingan untuk Karyawan Kantoran

2Usaha Jajanan Buka Puasa

gambar: infobdg.com

Banyak pedagang menggelar stand jajanan kuliner buka puasa di pinggir jalan. Coba ikut berjualan seperti itu. Anda bisa menjual aneka makanan dan minuman takjil untuk berbuka puasa. Seperti kolak, gorengan, kue tradisional, kurma, es buah, sop buah, es cendol, es susu kacang, es kacang ijo, es kelapa muda, dan lain-lain.

Baca Juga: 6 Peluang Usaha Modal Dengkul atau Tanpa Modal

3Jual Perlengkapan Ibadah

Anda bisa menjual perlengkapan ibadah, seperti sajadah, peci atau songkok, sarung sembahyang/sholat, tasbih, dan kitab suci Alquran. Orang-orang beragama Islam membutuhkan berbagai perlengkapan ibadah tersebut dan jumlah permintaannya akan meningkat selama Ramadhan.

Baca Juga: 5 Usaha yang Cocok untuj Anda yang Cari Kerja Sampingan Sabtu-Minggu

4Jual Busana Muslim

Berjualan busana muslim adalah peluang usaha di bulan Ramadhan yang menjanjikan. Jumlah permintaan akan baju muslim atau baju koko, mukena, dan jilbab, akan melonjak drastis. Untuk itu, coba tawarkan pakaian muslim ke lingkungan sekitar Anda atau memasarkannya secara online.

Baca Juga: 3 Langkah Praktis Menentukan Produk Jualan Online yang Tepat

5Jual Petasan dan Kembang Api

Selama Ramadhan hingga Lebaran, jumlah permintaan akan petasan dan kembang akan meningkat karena akan dimainkan di malam hari. Namun sebelum berjualan, perhatikan peraturan daerah setempat. Sebab tidak semua daerah mengizinkan penjualan petasan dan kembang api.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha dan Kerja Sampingan Malam Hari yang Menjanjikan  

6Jual Kue Kering Lebaran

gambar: merahputih.com

Menjelang Idul Fitri, cobalah berbisnis kue kering khas Lebaran, seperti kue putri salju, nastar, lidah kucing, dan sebagainya. Banyak orang yang tidak sempat membuat kue Lebaran sendiri. Jadi, Anda bisa menjual kue-kue kering per stoples untuk mereka yang merayakannya.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Berbisnis Parsel Lebaran Jelang Ramadhan

7Jual Parcel Lebaran

gambar: kanalaceh.com

Usaha parcel Lebaran berpotensi menjelang hari raya Idul Fitri, karena orang-orang mulai membeli parcel untuk diberikan kepada kerabat dan teman. Supaya nilai jualnya tinggi, hias parcel sebagus dan sekreatif mungkin. Lalu tawarkan pada kalangan menengah ke atas yang sedang mencari parcel sebagai hadiah.

Baca Juga: Agar Tak Salah Melangkah, Ini 8 Tips Penting Saat Membuka Usaha Pertama

8Jual Ketupat Lebaran

gambar: homeiswhereyourbagis.com

Ketupat adalah makanan wajib saat Idul Fitri. Namun, tidak semua orang sempat membuatnya sendiri. Jadi, saat menjelang Lebaran tiba, cobalah tawarkan ketupat buatan Anda ke orang-orang yang Anda kenal. Pasti akan ada yang tertarik untuk membelinya.

Baca Juga: 7 Kegiatan di Hari Libur yang Dilakukan Orang Sukses


Nah, itulah beberapa peluang usaha di bulan Ramadhan. Memulai bisnis musiman selama sebulan di bulan puasa ini, merupakan kesempatan untuk mencari rezeki tambahan yang halal. Jadi, ayo coba jalankan salah satu rekomendasi bisnis di atas.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Total Bunga
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here