7 Peluang Usaha Musiman yang Ada di Indonesia – Usaha musiman adalah usaha yang cuma dijalankan pada periode tertentu.

Jenis bisnis ini tidak berjalan lama karena muncul pada saat momen-momen spesial saja. Terkadang, juga muncul secara tiba-tiba dan langsung booming, tapi hanya bertahan sebentar karena pasar yang cepat merasa jenuh.

Meski demikian, orang yang menjalankan bisnis musiman dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Maka dari itu, Anda jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

Baca Juga: 7 Mitos Tentang Bisnis yang Tidak Sepenuhnya Benar

Nah, bagi Anda yang tertarik, berikut beberapa peluang bisnis musiman yang bisa dicoba.


7 Peluang Usaha Musiman yang Layak Dicoba

1Bisnis Menyambut Tahun Baru

bisnis di akhir tahun terompet
gambar: indonesiamatters.com

Pada bulan Desember, orang-orang begitu antusias untuk menyambut tahun baru 1 Januari. Tidak hanya ada libur panjang di akhir tahun, tapi sebentar lagi tahun yang baru segera tiba dan membuat orang-orang bersemangat karena memiliki resolusi yang baru.

Biasanya, akan ada banyak acara di penghujung tahun tanggal 31 Desember sampai awal Januari untuk merayakan tahun baru. Tentu saja hal tersebut berdampak juga pada bisnis.

Beberapa peluang usaha yang bisa dicoba, di antaranya berjualan kalender, terompet, kembang api, hingga event organizer (EO) yang mengurus keperluan acara-acara tahun baruan.

Baca Juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha yang Wajib Dimiliki Agar Bisa Sukses

2Bisnis Menjelang Imlek

peluang bisnis di tahun baru imlek yang menguntungkan
gambar: lubbockonline.com

Keberadaan warga keturunan Tionghoa cukup banyak di Indonesia. Hari Tahun Baru Cina atau Imlek juga telah diakui oleh negara dan menjadi hari libur nasional.

Ketika menjelang Imlek, mereka yang merayakan akan membutuhkan sejumlah barang dekorasi Imlek untuk menghias rumah, toko, dan bangunannya. Belum lagi membeli baju Imlek, kue keranjang, lilin merah untuk sembahyang, kertas angpao, dan sebagainya.

Ada banyak sekali kebutuhan warga Tionghoa di hari Imlek. Anda boleh coba berjualan barang-barang yang dibutuhkan mereka, karena permintaannya sangat besar dan menguntungkan.

Baca Juga: 5 Bisnis yang Cocok untuk Generasi Millenial

3Bisnis di Hari Raya Keagamaan

tips sukses memulai bisnis di bulan puasa ramadhan
gambar: qraved.com

Ada sejumlah hari besar keagamaan di Indonesia. Dua hari raya yang paling meriah, yaitu Idul Fitri bagi masyarakat beragama Islam dan Natal bagi masyarakat beragama Katolik dan Kristen Protestan.

Saat hari-hari raya tiba, biasanya ada sejumlah tradisi untuk merayakannya, sehingga kebutuhan akan bertambah. Makanya, peluang usaha musiman untuk menyambut hari raya terbilang beragam dan selalu menjanjikan.

Contohnya, pada bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, umat Islam banyak yang membutuhkan busana Muslim, makanan buka puasa, dan kue Lebaran. Lalu, pada saat Natal, umat Kristiani banyak yang membutuhkan pohon Natal, kue Natal, dsb.

Baca Juga: 6 Peluang Bisnis Modal Smartphone yang Cocok untuk Pemula

4Bisnis Menyambut Hari Kemerdekaan RI

bisnis bendera merah putih di hari kemerdekaan indonesia
gambar: riaumerdeka.com

17 Agustus adalah Hari Kemerdekaaan Republik Indonesia. Sebagai hari yang sangat penting bagi bangsa dan negara, pastinya pemerintah dan masyarakat begitu antusias untuk memperingatinya setiap tahun.

Di mana-mana kita akan melihat sejumlah pedagang musiman yang berjualan bendera Merah-Putih, kaos bertema NKRI, umbul-umbul, dan sebagainya. Kita sangat mudah menemukan pedagang tersebut di sepanjang bulan Agustus.

Untuk itu, bagi Anda yang tertarik berbisnis musiman, Anda bisa mencobanya ketika menjelang HUT RI. Pasti jualan bisa laris, asalkan Anda giat memasarkannya.

Baca Juga: 6 Tips Penting Menjalankan Usaha Sambilan Bagi Karyawan

5Bisnis Saat Event Olahraga

bisnis merchandise asian games 2018
gambar: idntimes.com

Event olahraga memiliki banyak penggemar. Terlebih lagi jika ajang olahraganya berskala internasional dan membawa nama baik negara, pasti masyarakat akan sangat perhatian dan memberikan dukungan.

Contohnya, Asian Games 2018 di Indonesia. Pesta olahraga terbesar di Asia ini begitu meriah, sehingga juga berdampak kepada dunia usaha, seperti pada pebisnis yang memproduksi merchandise Asian Games 2018.

Antusiasme masyarakat tidak hanya untuk menonton pertandingan, tapi banyak juga yang membeli merchandise-nya, seperti kaos, boneka, topi, gantungan kunci, dan sebagainya. Peluang bisnis musiman yang hanya sekali terjadi, tapi begitu menguntungkan pebisnis.

Baca Juga: Ayo Berolahraga! Ini 4 Manfaat Olahraga Bagi Pebisnis

6Bisnis di Tahun Politik

hal yang harus diwaspadai pelaku bisnis di tahun politik

Pada tahun politik seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Umum (Pemilu), partai-partai dan para politisi akan mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan kampanye.

Memang kebutuhannya hanya di tahun politik, tapi pebisnis bisa mendapatkan rezeki yang melimpah karena banyaknya pesanan dari mereka yang berkampanye.

Contohnya, bisnis pembuatan video dan foto kampanye, buzzer media sosial, serta percetakan atribut kampenye. Semuanya menghabiskan biaya yang sangat besar, sehingga peluang bisnis di tahun politik sangat menggiurkan untuk dijalankan.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Diwaspadai Pebisnis di Tahun Politik

7Bisnis yang Mengikuti Tren

Batu akik dan es kepal milo adalah contoh bisnis musiman yang mengikuti tren. Ketika sedang populer, banyak yang ikut-ikutan berjualan batu akik dan es kepal milo.

Namun, sayangnya popularitas bisnis tersebut tidak bertahan lama. Akhirnya, banyak yang berhenti berjualan karena batu akik dan es kepal milo tidak lagi diminati.

Meski demikian, pada saat bisnis tersebut menjadi tren, mereka yang berjualan mendapatkan banyak keuntungan. Jadi, Anda tidak boleh meremehkan bisnis yang mengikui tren ini.

Baca Juga: Untung-Rugi Menjalankan Bisnis Waralaba yang Perlu Diketahui


Nah, itulah sejumlah peluang usaha musiman di Indonesia yang layak dijalankan. Silakan mencobanya jika Anda tertarik. Semoga Anda berhasil!


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.