7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dalam Perusahaan dan Dicintai Karyawan – Pernahkah Anda melihat seorang pemimpin dalam organisasi atau perusahaan yang begitu dicintai oleh pengikutnya? Rasa cinta tersebut merupakan salah satu tanda keberhasilan seorang pemimpin dalam memimpin.

Tidak mudah menjadi pemimpin yang disegani dan juga disukai. Kesuksesan pemimpin tidak hanya diukur dari banyaknya prestasi dan jumlah bawahan, tapi bagaimana karakternya yang baik dalam memimpin.

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Berwibawa di Tempat Kerja

Mungkin nilai kebaikan seseorang itu subjektif. Namun, beberapa hal berikut ini bisa menjadi pedoman agar Anda dapat menjadi pemimpin perusahaan yang baik.

7 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dalam Perusahaan

1Memiliki Wawasan yang Luas

Gambar: CNBC.com

Pemimpin perusahaan sangat bertanggung jawab terhadap perkembangan bisnis dan kesejahteraan karyawan. Anda wajib memahami bidang bisnis yang dijalankan, sehingga Anda harus meningkatkan wawasan dengan belajar dan terus belajar.

Dengan memiliki wawasan yang luas, Anda akan mampu mengarahkan dan mengambil keputusan yang tepat dalam berbagai hal. Anda pun akan mendapatkan respek dari karyawan karena bisa memimpin dengan cara yang baik dan benar.

Baca Juga: 8 Tips Agar Anda Bisa Sukses Memimpin Perusahaan

2Bijaksana dalam Menghadapi Masalah

Gaya kepemimpinan Anda mungkin tidak disenangi oleh beberapa orang. Itu hal yang lumrah, karena Anda tidak dapat menyenangkan semua orang. Sebaik apapun cara Anda memimpin, pasti akan ada yang tidak menyukai Anda dengan beragam alasan.

Apalagi jika Anda memimpin perusahaan besar, Anda akan berhadapan dengan banyak orang yang memiliki kepentingan. Butuh kebijaksanaan agar Anda mampu membuat perusahaan tetap dalam kendali saat berhadapan dengan masalah. Anda akan mendapatkan dukungan dengan sikap bijak Anda.

Baca Juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin Bisnis yang Sukses

3Membangun Interaksi yang Menyenangkan

Sebagai pemimpin, Anda tetap perlu membangun hubungan dengan orang-orang di bawah Anda. Tidak harus menjadi terlalu dekat karena Anda punya segudang kesibukan yang harus dikerjakan.

Namun yang terpenting, upayakan bangun interaksi yang menyenangkan saat Anda berada di kantor. Tunjukkan keramahan dengan bersikap murah senyum dan mau menyapa karyawan Anda. Jadilah sosok yang bersahabat, meski level jabatan Anda berada di atas mereka.

Baca Juga: 6 Cara yang Tepat Menghadapi Orang Introvert di Lingkungan Kerja

4Mau Mendengarkan Masukan

Biasanya, pemimpin adalah orang yang suka memberikan masukan. Namun, pemimpin yang baik juga mau mendengarkan masukan dari orang lain. Anda juga bisa belajar banyak hal baru dari orang lain.

Tidak ada salahnya menerima kritik dan saran dari karyawan. Berikan kesempatan pada siapa saja yang mau memberikan pendapat yang berbeda. Sebab Anda membutuhkan cara pandang orang lain untuk melengkapi cara pandang Anda.

Baca Juga: 6 Sikap Seorang Pemimpin Perusahaan yang Diharapkan Karyawan

5Mau Mengakui Kesalahan dan Kekurangan

gambar: melmagazine.com

Pemimpin yang rendah hati berani mengakui kesalahan dan kekurangan di hadapan karyawannya. Anda tidak perlu gengsi, karena setiap orang bisa melakukannya kesalahan dan memiliki kekurangan.

Anda tidak perlu malu, karena karyawan Anda malah akan semakin respek dengan Anda yang mau memperbaiki diri. Tunjukkan bahwa Anda adalah pemimpin yang mau menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Manfaat Teamwork Bagi Diri Sendiri dan Perusahaan

6Mau Memberikan Apresiasi

Setiap orang butuh dihargai atas pencapaiannya. Pemimpin yang selalu mengapresiasi karyawannya, pasti akan disenangi dan dihormati. Loyalitas karyawan akan meningkat jika Anda tidak pernah lupa memberikan apresiasi atas prestasi mereka.

Ucapkanlah terima kasih atas kerja keras karyawan. Berikan pujian dan reward bagi mereka yang mencapai hasil yang memuaskan. Segala bentuk apresiasi dari Anda akan semakin memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja.

Baca Juga: 4 Tips Memajukan Bisnis ala Film Black Panther

7Memiliki Empati Terhadap Karyawan

Perhatikan kendisi karyawan-karyawan Anda. Pemimpin harus peka terhadap lingkungan sekitarnya. Tunjukkan kecintaan Anda pada karyawan dengan berempati terhadap masalah yang dihadapi mereka.

Jadilah pemimpin yang baik dan murah hati dalam menolong karyawan Anda yang sedang kesulitan. Tawarkan bantuan dan berikan semangat untuk mereka. Kebaikan Anda dapat mengubah hidup orang lain. Anda pun pasti akan semakin dicintai oleh karyawan.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Cicilan Bulanan
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


Ikuti @entrepreneurcamp.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.