5 Ciri-ciri Pemimpin yang Berintegritas Tinggi di Lingkungan Bisnis – Zaman sekarang, sulit menemukan orang yang memiliki integritas seutuhnya.

Integritas adalah sikap hati yang terus mengambil keputusan dan melakukan apapun dari pemahaman pada prinsip kebenaran. Apapun risikonya, orang yang berintegritas akan berkomitmen pada hal yang benar.

Baca Juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin Bisnis yang Sukses

Terkadang, ada godaan untuk kompromi dalam melakukan hal yang tidak sesuai kebenaran. Bagi pebisnis, hal ini biasa ditemui dalam dunia usaha yang penuh taktik dan persaingan.

Makanya, tak jarang ada pebisnis yang menghalalkan segala cara yang salah untuk mencapai kesuksesan, meski harus merugikan orang lain. Tentunya, kesuksesan tersebut tidak dapat dibanggakan dan dicontoh.

Baca Juga: 7 Contoh Pemimpin yang Memiliki Sikap Empati di Lingkungan Kerja

Untuk itu, dalam kepemimpinan Anda di perusahaan, Anda harus dapat menjaga integritas. Sebab semua karyawan akan memperhatikan kewibawaan Anda dalam memimpin dan menjalankan bisnis Anda.

Lantas, bagaimana cara menjadi pemimpin berintegritas? Berikut ciri-ciri pebisnis yang memiliki integritas dan layak untuk Anda contoh.

Baca Juga: Kenapa Orang Bisa Sukses, Sedangkan Anda Tidak? Ini Alasannya!


5 Ciri-ciri Pemimpin yang Berintegritas Tinggi

1Hati-hati dalam Berucap

Ada pepatah yang mengatakan bahwa lidah itu lebih tajam dari pedang. Artinya, ucapan seseorang dapat melukai hati orang lain yang rasa sakitnya melebihi luka secara fisik.

Untuk itu, berhati-hatilah dalam berbicara. Jangan menggunakan kata-kata negatif kepada orang lain. Bahkan jangan pula mengucapkan kata-kata yang buruk kepada diri sendiri.

Karena kata-kata Anda memiliki kekuatan untuk menjatuhkan atau membangunkan semangat. Sehingga Anda harus lebih bijaksana dalam berbicara.

Baca Juga: 5 Cara Menolak Pendapat Karyawan Tanpa Menyakiti Perasaannya

2Dapat Memegang Perkataan

Apapun yang Anda katakan, lakukan semuanya. Jika Anda tak mau atau tak dapat melakukannya, maka jangan pernah mengatakannya.

Ingat, seorang pemimpin harus dapat memegang setiap perkataan dari mulutnya. Namun, terkadang memang sulit untuk dilakukan dan Anda akhirnya terpaksa menjilat ludah sendiri.

Jika hal itu terjadi, maka Anda harus menarik kembali perkataan Anda dan jangan mengucapkannya kembali. Berpikirlah sebelum berbicara, apalagi berjanji kepada orang lain.

Baca Juga: 8 Sikap Negatif Pemimpin yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

3Jujur dalam Bekerja

Pemimpin yang berintegritas akan menjaga kejujuran dalam bekerja. Anda harus jujur terhadap pikiran dan perasaan Anda, karena semuanya akan mempengaruhi tindakan Anda.

Jangan coba gunakan alasan apapun untuk menutupi kebenaran. Ingat, tidak ada kesalahan yang dapat ditutupi selamanya. Sehingga lebih baik Anda bersikap jujur sedari awal.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Kejujuran dalam Berbisnis Jika Anda Ingin Sukses

4Taat pada Peraturan

Menjadi pemimpin berintegritas harus taat pada peraturan yang berlaku. Anda tidak akan melanggar sendiri kebijakan perusahaan yang dibuat. Anda malah menjadi teladan di lingkungan bisnis Anda.

Bahkan Anda juga taat pada peraturan hukum dan agama yang Anda percaya. Anda tidak mau melanggar hukum dan berbuat dosa saat menjalankan bisnis Anda. Namun, Anda berupaya agar pekerjaan Anda berkenan di mata Sang Pencipta.

Baca Juga: 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang

5Siap Bertanggung Jawab

Sebagai pemimpin, Anda yang paling bertanggung jawab atas kemajuan bisnis Anda. Tugas Anda memang berat, tapi Anda siap untuk menanggung semua risiko yang terjadi.

Anda akan berusaha agar setiap pekerjaan dapat selesai dengan hasil yang terbaik. Sekalipun ada masalah yang harus dihadapi, Anda tidak akan menyalahkan orang lain, tapi menerima konsekuensi dan segera mencari solusi yang tepat.

Baca Juga: 8 Tipe Pemimpin yang Ideal dalam Memimpin Sebuah Perusahaan


Nah, itulah sikap pemimpin yang berintegritas dan layak untuk dicontoh. Percayalah, ketika Anda memiliki integritas, Anda akan menarik orang yang tepat ke dalam kehidupan pribadi maupun bisnis Anda.

Jadi, jaga terus integritas Anda dalam segala hal. Sehingga nama baik dan kepercayaan orang terhadap Anda tetap terjaga dan mendatangkan kebaikan bagi diri Anda.


Simulasi Permodalan Usaha

Jumlah Modal Usaha

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Total Bunga
Pokok + Bunga

Syarat & Ketentuan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.